Kunang-Kunang di Akhir Tahun

Dec 26, ’08 10:17 AM
for everyone

Kunang – kunang dan Cahaya

 

Kegelapan malam nan indah itu masih dihiasi lebih dari 2000 jenis kunang – kunang di pelataran semak. tempat nenekku tinggal. Versi bahasa Inggris menyebut kunang-kunang dengan nama Firefly. Dalam silsilah keluarga, makhluk mungil bercahaya itu masuk dalam kelompok kumbang dengan nama Coleoptera Lampyridae. Ketika kemudian kita melihat tubuhnya memancarkan cahaya hijau, merah pucat, atau kuning itu secara terus menerus tanpa kehabisan energi dan bertanya ‘kenapa bisa’, ternyata para ilmuwan sudah memiliki rasa penasaran mendalam dan telah melakukan penelitian selama bertahun-tahun.

 

Sekitar 197 tahun yang lalu. terhitung dari tahun 2008, bola lampu telah dikembangkan pertama kali oleh Sir Humprey Davy yang kemudian berhasil dikembangkan menjadi bola lampu listrik di tahun 1878 oleh Thomas Alva Edison. Pembuatan bola lampu tersebut menghasilkan cahaya yang mampu menerangi kegelapan dan mengeluarkan panas sebagai pelepasan energi, sampai sekarang. Tapi, apakah ada yang bisa menyaingi ‘lampu’ yang bisa hidup berkedip-kedip tanpa konslet dan tetap dingin seperti kunang – kunang ?

 

Dalam Fungsi Cahayanya yang lain

 

Kecantikan cahaya kunang-kunang di malam hari itu dikarenakan tubuhnya berisi zat kimia khusus bernama lusiferin dan enzim lusiferase. Harun Yahya, dalam artikelnya berjudul ‘Makhluk Makhluk Bercahaya’mengatakan bahwa :

 

Untuk menghasilkan cahaya, dua zat kimia ini ( lusiferin dan lusiferase) bercampur, dan percampuran ini menghasilkan energi dalam bentuk cahaya.

 

Dalam pengamatan kasat mata, kita dapat mengetahui bahwa cahaya yang dihasilkan dari kunang – kunang tidak menyala terus menerus, melainkan berkedip-kedip. Namun kemudian, para peneliti melakukan percobaan dengan menempatkan zat kimia Nitrit Oksida (NO) ke dalam sebuah kotak tertutup yang ditempati oleh kunang – kunang. Hasilnya, cahaya tersebut mampu menyala secara terus menerus tanpa terputus.

 

Keajaiban cahaya yang dianugerahkan Tuhan kepada kunang – kunang memiliki fungsi lain sebagai alat berkomunikasi antar sesama kunang – kunang. Bahkan pakar biologi menyimpulkan, cahaya berkedip-kedip dalam dirinya adalah cara untuk menemukan pasangan ketika musim kawin tiba.

 

Pendeteksi Sel Kanker

 

Tuhan menciptakan semua makhlukNya, pasti memiliki tujuan dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kebaikan umat manusia. Termasuk yang terjadi pada seekor hewan mungil bernama kunang – kunang.

 

Laporan BBC News tanggal 9 Mei 2003, para pakar dari Biotrace International memanfaatkan enzim lufiserase pada kunang-kunang untuk mendeteksi bakteri yang menempel pada makanan ( enzim tersebut akan menghasilkan cahaya jika mengenai bakteri tersebut ).

Selain tanaman Keladi Tikus yang sudah bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penyembuh kanker, University of California di Los Angeles Amerika Serikat melakukan penelitian dengan menjadikan tikus yang terkena kanker sebagai percobaan. Setelah masa tiga minggu berlalu, mereka berhasil mengetahui sel-sel kanker pada sumsum tulang belakang dan paru-paru karena cahaya kunang-kunang yang dipancarkan, sehingga pengobatan bisa dilakukan secara tepat sasaran. Selain itu juga ada terapi fotodinamika, dimana enzim tersebut disisipkan kedalam gen dan akan menyala jika menemukan sel kanker, dan kemudian, sel kanker tersebut dipicu untuk menghasilkan racun yang memaksa sel kanker tersebut menghancurkan dirinya sendiri.

 

Sungguh, hanya Allahlah yang Maha Memberi dan Mengetahui Segala apa yang terjadi di dunia..

 

Semoga bermanfaat..

 

Red : rana wijaya soemadi (25/12/08)

 

 

Sumber :

Ø       Yahya, Harun.Makhluk Makhluk Bercahaya.

Ø       Subahar, Tati. S. Keajaiban Kunang – Kunang.

Ø       Wikipedia. Kunang-Kunang

 

reply edit delete
delete reply
alexast wrote on Dec 27, ’08
wow… great info, Rana.. thanks for sharing
edit delete reply
ninelights wrote on Dec 27, ’08
alexast said

wow… great info, Rana.. thanks for sharing

terima kasih juga sudah mampir ke sini..^^
delete reply
harblue wrote on Dec 27, ’08
kau menyiksa mataku yang udah rada ga bener ini….
edit delete reply
ninelights wrote on Dec 27, ’08
harblue said

kau menyiksa mataku yang udah rada ga bener ini…

ha..?gak keliatan ya..?hm..tulisannya emang kurang jelas..bentar deh bentar..
delete reply
harblue wrote on Dec 27, ’08
boleh juga. besok berburu kunang-kunang ah…
edit delete reply
ninelights wrote on Dec 27, ’08
harblue said

boleh juga. besok berburu kunang-kunang ah…

bawa plastik yang banyak gih..biar jadi wirausaha lampu produksi terbaru..^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s