Sinetron : Sinema Mo-no(n)ton boleh,mo enggak bagus..^^

Sep 25, ’08 2:27 PM
for everyone

Minggu – minggu terakhir ini lagi gundah gulana gelisah tiada tara. Sebenarnya ingin kuungkapkan beberapa hari yang lalu. Tapi apa daya, tenaga dan pikiran sudah terkuras untuk pekerjaan kantor. So, kenapa, Na?

 

Lagi mengamati sinetron yang tayang di teve. Sepertinya ada sesuatu yang aneh tapi belum mampu kutemukan perbendaharaan kata yang tepat dan cermat sampai akhirnya kubaca surat kabar yang terbit hari minggu. Dunia pesinetronan Indonesia diramaikan dengan para pemain yang menyaingi hantu yang datang tiba-tiba dan pergi tiba-tiba.

 

Disinyalir karena jadwal pemain yang padat, para tim produksi mensiasati untuk mengambil adegan dialog per satu orang dan kemudian di satukan dengan yang lain di ruang editing. Ide kepepet yang sangat kreatif. Dan sangat tidak enak dinikmati oleh mata yang menonton. Ada tahapan pemakluman saat kita masih mencoba belajar membuat film atau sinetron mini yang ditonton hanya untuk kalangan sendiri, tapi ketika film atau sinetron sudah disuguhkan ke masyarakat, mungkin ada baiknya semua sisi dapat, sebisa mungkin, dipertanggung jawabkan.

 

Tidak hanya dari segi ketidaklogisan alur sebenarnya. Kebiasaan sinetron kejar tayang yang asal dapat medium close up dan tangisan pemainnya membuat masyarakat luas lama kelamaan belajar untuk tidak perduli dengan keindahan dan keutamaan visi sinetron itu sendiri. Adalah hak setiap tim produksi untuk mengeluarkan tayangan yang menarik untuk masyarakat luas. Tapi sungguhkah harus dengan konsep pemikiran bahwa ‘yang kayak gini nih yang digemari masyarakat luas’ dengan hanya melihat perolehan rating. So funny, menurut saya. Karena sebenarnya mereka (masyarakat luas), tidak punya pilihan lain selain menonton apa yang dilihat tanpa mampu menawar..hanya bisa mengukur cerita itu bagus atau tidak dengan ‘ganteng’ atau ‘cantik’..atau..’kasian’..lho???

 

Hah..begitulah kegundahanku..mungkin lebih baik kita berbondong-bondong ke rental dvd ato vcd aja ya..nonton film yang lebih bermutu dan lebih punya taste!*hwehe*

 

~lagi sensi nih yeee..hehe~

reply edit delete
delete reply
alexast wrote on Sep 28, ’08

Karena sebenarnya mereka (masyarakat luas), tidak punya pilihan lain selain menonton apa yang dilihat tanpa mampu menawar..

pilihan itu selalu ada kok.. ngga suka nonton? matiin aja tv nya.. atau pindah channel. kalo semua channel isinya sinetron semua, trus gimana? hmm.. kayanya dugem seru juga deh.. *loh?*
edit delete reply
ninelights wrote on Sep 28, ’08
alexast said

pilihan itu selalu ada kok.. ngga suka nonton? matiin aja tv nya.. atau pindah channel. kalo semua channel isinya sinetron semua, trus gimana? hmm.. kayanya dugem seru juga deh.. *loh?*

Maksud I adalah pilihan ketika kita itu sudah duduk manis dan menghadap ke teve untuk berniat menonton teve..yah, ibaratnya, karena memang tidak ada hiburan lain selain menonton, dan pas nggak ada hiburan lain selain menonton, eh, dapet sinetron yang begono..hwehehe..
saya suka menonton film, sinetron atau sekedar film pendek yang kata banyak orang jelek dan nggak bagus..
saya hanya mengkritisi pembuat sinetron dan produsernya..karena ilmu mereka bisa sangat bermanfaat kalau mereka bisa menyuguhkan yang lebih baik, bukan hanya sekedar sinetron ‘bagus’ tapi kejar tayang sampe kejar-kejaran beneran sama si artisnya..hehehe*buset..gelok pisan..panjang bener yah..hehehehe*
delete reply
alexast wrote on Sep 28, ’08

Maksud I adalah pilihan ketika kita itu sudah duduk manis dan menghadap ke teve untuk berniat menonton teve..yah, ibaratnya, karena memang tidak ada hiburan lain selain menonton, dan pas nggak ada hiburan lain selain menonton, eh, dapet sinetron yang begono..hwehehe..
saya suka menonton film, sinetron atau sekedar film pendek yang kata banyak orang jelek dan nggak bagus..
saya hanya mengkritisi pembuat sinetron dan produsernya..karena ilmu mereka bisa sangat bermanfaat kalau mereka bisa menyuguhkan yang lebih baik, bukan hanya sekedar sinetron ‘bagus’ tapi kejar tayang sampe kejar-kejaran beneran sama si artisnya..hehehe*buset..gelok pisan..panjang bener yah..hehehehe*

kebetulan aku penulis skrip sinetron nih😀 sebenarnya memang para produser juga serba salah karena jadwal talent -or artis-nya yang serba sedikit. bahkan untuk serial A&M yang tayang di Rtci *nyamarin dikit ah.. hihihi* kita para penulis dipaksa membuat scene khusu untuk pemeran utamanya si Marshida karena doi mau libur sampe tanggal 12, sementara serialnya kudu tayang tiap hari.. so, yang ada kita cape diuber uber dead line melulu.. hihihihi
edit delete reply
ninelights wrote on Sep 30, ’08
alexast said

kebetulan aku penulis skrip sinetron nih😀 sebenarnya memang para produser juga serba salah karena jadwal talent -or artis-nya yang serba sedikit. bahkan untuk serial A&M yang tayang di Rtci *nyamarin dikit ah.. hihihi* kita para penulis dipaksa membuat scene khusu untuk pemeran utamanya si Marshida karena doi mau libur sampe tanggal 12, sementara serialnya kudu tayang tiap hari.. so, yang ada kita cape diuber uber dead line melulu.. hihihihi

Hoho.Haha.Hihi.Huhu.Hehe.*langsung menangkupkan kedua tangan dan membungkuk hormat*suhu!mohon bantuannya!hehe.
oh..penulis skeanrio sinetron yah?wah.wah.wah.Alhamdulillah kalo begitu.ini saya juga, tapi masih kelas kandang, masih kelas independent ang buat kalangan sendiri saja..patut belajar sama mas alex nih..

btw, kalo leh tanya, apa tidak ada yang memberikan format ide pembuatan sinetrn yang agak sedikit berbeda, jadi nggak perlu kejarlah daku nggak ketangkep-ketangkep gitu?hehe

delete reply
alexast wrote on Oct 7, ’08

apa tidak ada yang memberikan format ide pembuatan sinetrn yang agak sedikit berbeda, jadi nggak perlu kejarlah daku nggak ketangkep-ketangkep gitu?hehe

berbeda gimana nih? kalo aku pribadi pengen bikin yang model Ally McBeal, Heroes, The Office, Friends dan semacamnya. tapi mengingat kultur penonton kita – well, lagi lagi selera pasar dan rating yang berbicara- maka ya gitu deh, what can we do? we’re not the producers, we’re just the writers told to write what they want.. so how bout that?
edit delete reply
ninelights wrote on Oct 8, ’08
alexast said

berbeda gimana nih? kalo aku pribadi pengen bikin yang model Ally McBeal, Heroes, The Office, Friends dan semacamnya. tapi mengingat kultur penonton kita – well, lagi lagi selera pasar dan rating yang berbicara- maka ya gitu deh, what can we do? we’re not the producers, we’re just the writers told to write what they want.. so how bout that?

senangnya akhirnya mas alex bales lagi^^..lagi pulang mudik ya mas..?btw..hm..well, bukan karena saya ingin sok pintar (karena saya memang gak pintar..)tapi yang saya cermati*jahh!*sinetron tersebut dibuat dengan menengok sinetron yang lain yang sedang tayangi distasiun lain..dan begitu terus..dan begitu terus..hingga kemudian mereka saling kejar-kejaran rating dengan mengganti draft skenario semula menjadi cerita yang mampu membuat penonton melihat kisah yang kita buat ternyata lebih touchy..
saya gak nyalahin dengan serta merta, karena penulis skenario di teve*dari yang saya baca di banyak buku*memang belum memiliki daya apa-apa kecuali melakukan permintaan pesanan..
tapi mungkin someday, kalo mas alex sudah memiliki daya dan kekuatan dan pengaruh, mungkin bikin cerita dengan model Ally McBeal, Heroes, The Office atau Friends bisa jadi pilihan..karena toh Kiamat Sudah Dekat dan Bajaj Bajuri datang bermula dengan cerita berbeda tapi tetap disukai masyarakat (mski sekarang agak meredup suksesnya karena lagi lagi terlalu dipanjang-panjangkan sehingga ada titik jenuh yang hinggap secara gak langsung dibenak penonton)

yah begitulah kiranya pak carik bu carik..nanti kalo ada masalah tinggal datang saja ke kantor kelurahan buat nyerahin fotocopy kartu tanda penduduknya..*digaplok rame-rame*

delete reply
alexast wrote on Oct 8, ’08
ya begitulah, dengan demikian telah dijelaskan Bu Lurah Rana.. hwhwhw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s