Arti Kematian [ 2 ]

Aug 5, ’09 8:14 PM
for everyone
Tidak ada yang berubah pada persahabatan kita. Pun ketika aku datang dengan air mata, menceritakan kisah cinta dan cita yang hampir selalu membuatnya terpana dan memelukku karena simpati, dia tetap membuka tangannya dan berkata, ” Aku disini, kalau Nana pengen cerita lagi..,”

Tidak ada juga yang berubah pada persahabatan kita. Pun ketika Mamanya datang  padaku dan berbicara mengenai dia dan masa depannya, aku pun dengan senang hati ada kapanpun dia butuh sesuatu..

Mungkin ini semua hanya masalah waktu, ketika pada akhirnya Mamanya tercinta pergi begitu cepat pada suatu pagi di hari Sabtu untuk selamanya, sedangkan aku tidak ada bersama dia sang sahabat, agar lebih dini dan lebih lama untuk menguatkan hatinya..

Mungkin ini semua hanya masalah kesempatan, ketika pada akhirnya, dia menceritakan tentang perasaannya yang tak berdaya melihat ibunya sudah berbalut tabung oksigen dengan nafas tersengal dan akhirnya tidak ada, sementara aku hanya terdiam dan tidak bisa berkata apapun, karena ketidaktahuanku, ketidakmengertianku tentang semua keadaan yang menyesakkan itu.

Mungkin ini juga hanya masalah kemauan untuk berbagi, ketika satu hari setelah ibunya tiada, dia akhirnya menceritakan apa yang sebenarnya terjadi pada kondisi ibunya, setelah melewati tujuh tahun kita bersama, selama ini, dan aku tidak pernah tahu…

Aku, yang adalah sahabatnya….

Tuhan memiliki segala kemisterian hidup yang tidak pernah bisa kutebak jalan itu akan berujung kemana. Baik buruk, susah senang, gembira sedih..Semuanya, yang berubah sedemikian cepat satu tahun ini. Aku bilang tidak apa, tapi ternyata sakit rasanya, menjadi orang yang terakhir tahu dan tidak bisa melakukan sesuatu yang seharusnya kulakukan sebagai seorang sahabat..menguatkan..berbagi suka..berbagi duka…melakukan lebih dari yang kulakukan untuk masa laluku, hingga kemudian aku merasa gagal didalamnya.

Mungkin memang semua ini harus terjadi. Mungkin memang tidak semua hal harus dibagi. Hingga kemudian aku harus belajar untuk mengerti, bukan memaksakan sesuatu yang belum saatnya kutahu, karena bagaimanapun, cepat atau lambat, pada akhirnya aku tetap tidak mampu merubah apapun.

Your life might change, Yu..Tapi sungguh, tidak ada yang berubah pada persahabatan kita..tidak ada..We’ll try our best to always be there for you, kapanpun kamu butuh. Hingga kamu tak menangis lagi, hingga kamu dan keluargamu diberkahi Allah seribu ketegaran untuk bisa menghadapi hari.

Semoga puisi yang kutemukan lagi di blogmu ini, akan mengingatkan kita betapa kami sungguh akan berusaha selalu ada untukmu…

-rana wijaya s-
~`mengenang Bu Suryanti`~
wafat : 1 Agustus 2009pic : wallpapers.org

13 CommentsChronological   Reverse   Threaded

alexast
alexast wrote on Aug 6, ’09
My deepest condolonces, Na. Be strong, for you and your best friend.

ninelights
ninelights wrote on Aug 6, ’09
Thank you,Lex..:-)I’ll forward your message to her..

alexast
alexast wrote on Aug 6, ’09
Puisi di blog temennya bagus banget tuh, Na…

ninelights
ninelights wrote on Aug 6, ’09
Iya..bagus bgt..:-)Ayu yg nemu..Btw,udah kusampaikan td,and she said ‘thank you’:-)

siregarrosey
siregarrosey wrote on Aug 7, ’09
turut berduka….semoga keluarga yang ditinggalka tetap tabah….

ninelights
ninelights wrote on Aug 7, ’09
@mbak rose : terima kasih ya,mbak..:-)

julianawa
julianawa wrote on Aug 7, ’09
Bukan masalah siapa yg tau pertama dan siapa yg tau terakhir. Porsinya tetep sama kok.. Kamu tetep sahabat terbaik.. ^^*lop yu pull*

ninelights
ninelights wrote on Aug 7, ’09, edited on Aug 7, ’09

Bukan masalah siapa yg tau pertama dan siapa yg tau terakhir. Porsinya tetep sama kok.. Kamu tetep sahabat terbaik.. ^^

*lop yu pull*

Bukan pula masalah siapa yang tahu duluan, dan siapa yang tahu belakangan, Yet…At least, if our best friend told us erlier, ada yang bisa kita bantu *apapun hasilnya nanti*, minimal informasi untuk meminimalisasi itu………………………

julianawa
julianawa wrote on Aug 7, ’09
Yaa mungkin saat itu dia belum siap berbagi Na..

ninelights
ninelights wrote on Aug 7, ’09

Yaa mungkin saat itu dia belum siap berbagi Na..

Ya..semua orang punya hak untuk tidak ingin membagikan suatu cerita kepada orang lain, termasuk sahabatnya…That’s why, I learn to not memaksakan sesuatu……But still feels hurt sometimes..itu bukan lagi masalah biasa..dan seandainya tahu, I’ll prefer fight for Ayu, than fight for my ‘ex’..if you know what I mean….:-)

julianawa
julianawa wrote on Aug 7, ’09
Iya aku ngerti maksudnya..
Aku ngga ngerti mo komen apa Na, bingung aku.. *hummh*

ninelights
ninelights wrote on Aug 7, ’09

Iya aku ngerti maksudnya..
Aku ngga ngerti mo komen apa Na, bingung aku.. *hummh*

:-)….It’s oke, Yet..don’t worry…I am dissapointed but I’m ok..we’re ok..we already talk about it kok…Kan udah nganter ‘berkat’ bareng-bareng juga ke rumahmuwwwww…..:-)

Leave a Reply

