Pamit

Jan 10, ’10 8:32 PM
for everyone
Dulu waktu kecil, saat saya pamit meninggalkan rumah Om almarhum di Jakarta, atau, kakek, atau saudara, dan tanpa sengaja menatap punggung mereka yang berbalik dan masuk kembali ke rumah, hati saya jadi tiba-tiba sedih. Begitu juga, kalau saya ditinggal pamit.pergi, rasanya tidak enak sekali di hati sewaktu tanpa sengaja menatap punggung-punggung itu berlalu dan tidak menoleh lagi.
Aneh. Asing. Sepi yang tiba-tiba….seolah, ah…saya tidak bisa menjelaskannya…

Setelah dewasa, rasa sedih saat menatap punggung-punggung itu belum juga hilang. Apalagi dalam perjumpaan itu mengandung suatu kesan, suatu kenangan, suatu kejadian yang tidak mudah terlupa dan tiba-tiba harus mengakhiri dengan kata, ‘pamit’.

Rasanya sesak juga….

Tapi belakangan ini, rasa sesak saya tidak hanya sebatas tanpa sengaja menatap punggung-punggung yang berbalik dan lalu pergi menjauh. Tulisan seorang teman, kiriman pesan seorang sahabat, atau sekedar kata, ‘aku tidak akan kembali kemari’, rasanya sungguh tidak nyaman. Bahkan, dua hari kemarin, seorang teman yang mendirikan sebuah rumah kesenian sekian tahun, update status di facebook lalu mengucapkan selamat tinggal karena rumah kesenian yang penuh kenangan itu harus ditutup untuk……selamanya.

Secara hubungan dengan pemilik rumah kesenian itu, kami hanya sebatas teman dari seorang temannya teman yang memang saling mengenal dan sering kali bercanda tapi tidak dekat. Tapi secara kenangan..rumah itu memberikan banyak cerita…

Banyak hal yang datang dan pergi, dan meski hati kecil ingin mereka tetap tinggal, tapi ada sebuah batasan, ada semacam rem yang membuat saya akhirnya menyadari, tidak semua hal sesuai dengan apa yang kita inginkan…Tidak semua hal berjalan seperti apa yang kita mau..tidak semua hal harus bisa terkabul dan ada bersama kita setiap saat..

Sesak rasanya membayangkan hal-hal yang berarti untuk kehidupan kita dan tak bisa kembali dan mungkin untuk selamanya. Tapi setiap pertemuan pasti akan selalu ada perpisahan dimanapun tempat kita melangkah..Dan tidak ada hak apapun dari saya melarang mereka semua pergi. Tidak ada hak dari saya untuk memprotes keadaan dan memaksa mereka untuk tetap tinggal, karena tentu, Tuhan selalu memiliki rencana-rencana lain yang tidak pernah bisa saya duga….Tuhan, yang mungkin saja akan memberikan kejutan lain, kado indah lain dan bahkan mempertemukan kembali seseorang yang pergi untuk sementara itu, lewat jalan lain,

Dan, tentu saja mengganti dengan seseorang yang lain saat seseorang yang pergi untuk selamanya itu tidak bisa lagi kembali hadir untuk kita….

Atau..akan ada jawaban lebih indah dari pada sekedar anggan-angan kita sebagai seorang manusia biasa..
Tidak semudah membalikkan telapak tangan tentunya, mengatasi suatu kesedihan untuk hal-hal yang sifatnya dalam, membekas, dan berarti..Seperti ketika melihat, menyaksikan dan mendampingi seseorang yang sama-sama berarti dan harus pergi untuk selamanya dan….hmm….well…tapi pasti..Tuhan yang lebih tahu segalanya..

Mungkin suatu hari nanti saya akan pamit juga dan pergi jauh entah kemana. Mungkin suatu ketika kemudian, saya berhenti menulis untuk selamanya..Tapi semoga Tuhan masih memberikan saya kesempatan untuk berkarya dan membahagiakan banyak orang, sampai nanti, sampai Tuhan tidak lagi mengijinkan saya melakukan apapun selain istirahat..

Aaaaaaah ! Semua ini gara-gara punggung,jadi saya melantur kemana-mana!!

But, truly, I hope I can give u all a sweet good-bye..dan bisa memberikan kenangan indah yang sederhana di dunia ini dan tidak sedih seperti saya yang tanpa sengaja melihat punggung-punggung berbalik, pergi dan menjauh…

Jiaaaaah..ngelantur lagi deh..

Udah ah..mau-pamit-maem-ice-cream-dulu-yaaah..
Daa..


*wierdo me*

Rana
10 Januari 2010 

31 CommentsChronological   Reverse   Threaded

gapaiimpian
gapaiimpian wrote on Jan 10, ’10
ah jadi sedih nich baca ni tulisan. . hehehe. . . kapan ketemu lg mbak ran?

yagizaaa
yagizaaa wrote on Jan 10, ’10
karena semua indah pada waktunya kitty *begitu kata boo
udah ah,jangan mewek..main ayunan yuk!

dreclarkson
dreclarkson wrote on Jan 10, ’10
Saya jd sedih baca postingan. Soal ny td hari minggu td aku ge reunian ma temen2 sma yg tak pernah ketemu 3,5 taon semenjak lu2san, n cm 10 jam km berpisah lagi n kembali rutinitas sehari2… Oh.. *mellow*

harblue
harblue wrote on Jan 10, ’10
oke, saya juga mau pamit minum yoghurt. heuheu..

malachinovel
malachinovel wrote on Jan 10, ’10
sayonara

ariefkurni
ariefkurni wrote on Jan 10, ’10
Minta eskrimnya na

addicted2thatrush
addicted2thatrush wrote on Jan 10, ’10
mintaaaaaaaaaaa

centna
centna wrote on Jan 10, ’10
tapi masih bisa ketemu di prapatan depan kan?

ninelights
ninelights wrote on Jan 10, ’10

ah jadi sedih nich baca ni tulisan. . hehehe. . . kapan ketemu lg mbak ran?

eh..jangan sedih atuh..*tepuk tepuk pipi Dini biar gak sedih*
Minggu depan mau ?hari sabtu setelah jam satu siang?Insya Allah libur..

ninelights
ninelights wrote on Jan 10, ’10

karena semua indah pada waktunya kitty *begitu kata boo
udah ah,jangan mewek..main ayunan yuk!

*angguk-angguk*
Ehmmmmm..Kitty yang naek ayunan, Boo yang dorong yah..?

ninelights
ninelights wrote on Jan 10, ’10

Saya jd sedih baca postingan. Soal ny td hari minggu td aku ge reunian ma temen2 sma yg tak pernah ketemu 3,5 taon semenjak lu2san, n cm 10 jam km berpisah lagi n kembali rutinitas sehari2… Oh.. *mellow*

don’t be sad, please…*ajak Andre buat senyum*

ninelights
ninelights wrote on Jan 10, ’10
harblue said

oke, saya juga mau pamit minum yoghurt. heuheu..

udah selese belum?
kalo udah..minta tolong yah, bungkus es krimnya dibuangin…
*menguap* aku mo pamit bobo dulu…

ninelights
ninelights wrote on Jan 10, ’10

sayonara

sodaranya saykoji?*grin*
plak!
belum mau pamitan sekarang, Malaaaaa…..

ninelights
ninelights wrote on Jan 10, ’10

Minta eskrimnya na

udah abis

ninelights
ninelights wrote on Jan 10, ’10

mintaaaaaaaaaaa

dibilangin, abis

ninelights
ninelights wrote on Jan 10, ’10
centna said

tapi masih bisa ketemu di prapatan depan kan?

kebetulan di depan adanya pertigaan Mbak..mau dibuat prapatan jua?

alexast
alexast wrote on Jan 11, ’10
perasaan tadi udah komen. Kemana yah komen kuuu

ninelights
ninelights wrote on Jan 11, ’10
akuh ga delete loh,dear..yg 2 bwh itu seluruhnya pnyku yg salah quote my own story…
alex komen apah..?
write again,please..

dreclarkson
dreclarkson wrote on Jan 11, ’10
Akh….. Udh mayan seh, tp nope hp mrka yg update dpt smua. Jd bl kangen ya telp ja atu2.. *smile*

gapaiimpian
gapaiimpian wrote on Jan 11, ’10
minggu depan? mari kita liat jadwal. . .hehehe. . .ntar q sms2 lok jadi, keknya diny dah da nmr mbak rana. . .

kepikiran
kepikiran wrote on Jan 11, ’10
kenapa ya urusan pamit2 begini suka bikin perasaan campur aduk, padahal padanan pertemuan adalah perpisahan kan ya..

siregarrosey
siregarrosey wrote on Jan 11, ’10
pamit untuk kembali lagi

alexast
alexast wrote on Jan 11, ’10

akuh ga delete loh,dear..yg 2 bwh itu seluruhnya pnyku yg salah quote my own story…
alex komen apah..?
write again,please..

itu dia. Gue lupita jones bok.. wkekekeke

ninelights
ninelights wrote on Jan 12, ’10, edited on Jan 12, ’10
arrr…what’s wrong with my MP..selalu ke quote postingan sendiri yang segabreng-gabreng panjangnya..hmmmmm…..

anyho..

@andre : good for you…….:-)…

ninelights
ninelights wrote on Jan 12, ’10

minggu depan? mari kita liat jadwal. . .hehehe. . .ntar q sms2 lok jadi, keknya diny dah da nmr mbak rana. . .

kalo bisa, pm aja ya buwk..Insya Allah free kok hari sabtu…^^yaay!jalan-jalan ke manah ya enaknya?*berbinar-binar*

ninelights
ninelights wrote on Jan 12, ’10

kenapa ya urusan pamit2 begini suka bikin perasaan campur aduk, padahal padanan pertemuan adalah perpisahan kan ya..

iya….
fuuh…dan Rana gak tau jawabannya apa untuk ‘knp-hrs-sedih’ ini….

ninelights
ninelights wrote on Jan 12, ’10

pamit untuk kembali lagi

kembali untuk pamitan lagi

ninelights
ninelights wrote on Jan 12, ’10
alexast said

itu dia. Gue lupita jones bok.. wkekekeke

zzzzzzzzzzzzz……

dreclarkson
dreclarkson wrote on Jan 12, ’10

@andre : good for you…….:-)…

yayayay… thanks…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s