Rama Sinta Cerai ? Auk Ah Helap..

Rama Sinta Cerai ? Auk Ah Helap.. Aug 10, ’09 9:21 PM
for everyone

Ketika sang Rama, sosok pria idaman wanita pewayangan, sedang ashoy di pantai menikmati angin sepoi – sepoi sambil men – suit – suit – i wayang – wayang wadon yang super seksi, di bikin keki sama seorang Anoman, bodyguard keluarga besar Alengka, yang katanya membawa pesan penting dari mantan istrinya, Shinta. Lho ? Cerai ? Duren, dong ! Ember !

“ Nyonya pengen ketemu sama Bos, “

Rama diam. Anoman diam.

“ Bos, “ Anoman mengulangi pesannya. “ Katanya, Nyonya pengen ketemu sama Bos,”

Rama lagi – lagi diam. Anoman melirik wajah Rama.

“ Bos ! “

“ Iya, iya ! Bos tidak budeg ! Masa’ pengen ketemu dibilang penting ? “

“ Saya belum tutuk bicara, Bos. Nyonya Shinta pengen rembukan bareng dikarenakan masalah anak yang katanya mogok mandi gara – gara bonyoknya cerai ! Begitu, “

Rama mencibir. “ Idih ! Kalau sudah susah saja minta pemecahan bersama. Auk – ah, helap ! “

“ Bos ? Bos kok begitu ? “

Rama memandang Anoman dengan keki. “ Ya, kalo situ mau sama Shinta ndak pa’ pa’, nggak usah ngambing hitemin ane. Udah, bilang aja ama Nyonya idamanmu untuk mengadakan rencana M – 303 ! Beres tho ! Sekarang I wanna go ! Gatotkaca ! “

Si Rama ini berdiri sambil methenteng memandang langit. Anoman agak – agak tidak enak hati karena dikira naksir Nyonya.

“ Bos ! Bos mau kemana ? Bos ! Rencana M – 303 itu apa, Bos ? Bos ! “ Anoman dicuekin.

“ Gatotkaca ! ! ! “

“ Bos ! “

“ Gatot – kaca !  !  ! “

“ Bos ! ! “ Rama pengen murka karena Anoman cerewet banget tetapi seketika dia kaget karena sebuah mobil BMW M roadster biru sudah ready didepan mata dengan sopirnya, Gatotkaca.

“ Kenapa tidak lewat langit ? “

“ Konstumnya lagi dilaundry, Bos.”

“ Bos ! “, kali ini suara Anoman memalingkan mukanya kearahnya. “ Bos mau kemana ? “

Rama cuma memandang dingin lalu segera masuk ke mobil. Anoman takut – takut.

Sorry, Pren. Nih, mobil tempat duduknya cuma dua ! Tancaappp, Kaca  ! “

“ Oke, Bos ! “

“ Tapi, Bos …!”, Anoman meminta penjelasan. But ..mereka already lenyap dari pandangan. Anoman cuma mampu menelan ludah.

* * *

Breaking pra produksinya Saving Private Gareng yang dimulai lima belas menit lagi membuat  Rama ngomel – ngomel nggak karuan dimobil karena kecepatannya tidak lebih dari 1200 km per jam kayangan. Untuk menghindari ocehan lebih lanjut, Gatotkaca akhirnya memutuskan untuk lewat jalan tol Cikampek saja.

Akhirnya, they sampe di studio. Disana sudah hadir sekitar 150 kru ples pemain pendukung. Mereka berembuk tentang syuting yang akan dimulai seminggu lagi. Rapat berlangsung empat puluh jam waktu kayangan dan membuat semuanya memasang kawat mata karena sudah ngantuk. Permintaan Spiderman, salah satu pemain figuran di akhir saat – saat mereka sudah pengen pingsan karena super ngantuk yang nylemong sama sutradaranya, Burisrawa, yang katanya tidak mau dimasukin satu klepon, eh, pleton sama Hulk, karena  kalo Hulk sudah buang angin membuatnya ngeluarin banyak sarang laba – laba buat ngilangin baunya dan itu menghabiskan stok senjata andalannya, yang maunya sama Rama,  ya, sudah, dikabulin saja. Dan setelah itu segera saja mereka melesat ke tempat tidur masing – masing sambil sebelumnya ngisi daftar presensi.

* * *

Syuting yang memakan waktu hampir tiga tahun itu akhirnya ada breaknya juga. Rama, seorang artis pewayangan yang berperan sebagai komandan pasukan Ginuk – Ginuk, yang lagi nongkrong di atap lokasi syuting tembak – tembakan, disamperin sama Anoman lagi. Rama yang tadinya ketawa ketiwi menikmati istirahatnya, jelas keki.

“ Ngapain situ kesini ? Idiih ! “

“ Anu, Tuan, “ Anoman garuk – garuk kepala. “ To the point saja, soalnya saya banyak janji sama klien. Nyonya Shinta minta sangu buat biaya ke dokter ahli gizi, “

Rama memandang penuh tanya ke arah Anoman. “ Dokter ahli gizi ? Shinta kaliren ?”

Anoman berusaha buat senyum tapi nggak bisa. Giginya udah muncul duluan.

“ Bukan, Tuan. Bukan Nyonya tapi Aden kecil, “

Tiba – tiba Rama ngekek. “ O, yang dulu nggak mau mandi itu, “

Anoman mengangguk santun. Rama masih berjegang di kursi malas.

“ Nah, emangnya Shinta udah nggak laku lagi jadi artis ? Perasaan kemarin baru menang Oscar ? “

“ Iya, Tuan. Tapi Nyonya minta berbagi. Katanya anak Tuan dan Nyonya adalah anak sampeyan – sampeyan berdua juga. Jadi harus fare, harus adil, gitu.“

“ Kalo cerai, cerai aja. Katanya yang mau ngurus anak kan dia, bukan eke. Eke dulu kan udah mau, tapi ditolak mentah – mentah pake tambahan lemparan piring selusin. Ya, udah. “

“ Tapi, Tuan, “

“ Sudah, kamu saja yang ngurus. Kamu kan bodyguardnya dia. Dengan kata lain kamu juga suaminya dia dalam tanda kutip, jadi sana, urusin. “

Anoman nunduk.“ Saya tidak berani, Tuan. “

“ Terus, nunggu anak eke sampai mati dulu gitu ? “

“ Lha, Tuan sendiri gimana ? Masa anak sendiri nggak mau ngurusin ? “

Rama bersungut juga akhirnya. “ Eke ogah ketemu Shinta ! Bawaannya ngomel terus kayak nenek – nenek nagih utang ! Yang minta cerai kan juga dia duluan ! “

“ Kalo begitu omelannya nggak usah didenger. Kan niat Tuan buat ketemu anak, buat nolong anak. Jadi jangan dihiraukan, Tuan. Ndak usah diajak ngomong saja sekalian kalo perlu, “

“ Ogah, ah ! Males ! “

“ Tapi, Tuan ! “

“ Ghatotkaca ! “

“ Tuan ! “

“ Sudah, balik saja dikau ke kampung halaman ! Titip salam saja dari Papa ! “

“ Tapi, Tuan ! “

“ Gatotkaca ! ! “

“ Tuan !

“ Udah, ah, cerewet ! Pergi sono ! Gatot – kaca ! Huoy ! Kemana sih situ ? “

Anoman menelan ludah. Asem ik, diusir, begitu batinnya. Setelah agak lama menatap punggung Rama yang tidak balik – balik menatapnya lagi, diapun akhirnya pergi juga. Gatotkaca yang dipanggil dari tadi menegadahkan kepalanya keatas, dimana Tuannya, Rama, teriak – teriak.

“ Kulo teng nggandap, Tuan ! “

“ Naik, Gila !“

“ Werkudara saya dipinjam sama sutradara ! “

“ Heh ! Blaik ! Lha terus saya turunnya gimana ? “

“ Lha, Tuan tadi naiknya gimana ? “

“ Wee ! “

Rama garuk – garuk. “Iya, ya.Tadi saya naiknya gimana ya ?Blaik ! Anoman ! ! !“

Belum sempat teriak untuk kedua kalinya, Rama terpeleset bulunya Anoman yang rontok, dan jatuh ke lantai beton dengan mulus. Seluruh tulang badannya patah. Dan saat itu lokasi syuting jadi geger total. Rama dikira mau bunuh diri !

Singkat cerita, Rama diterbangkan oleh Gatotkaca sama Spiderman ke Rumah Sakit Kayangan Sejahtera. Dia dalam keadaan koma selama mungkin. Burisrawa selaku sutradara bingung, tapi akhirnya sesuai kesepakatan bersama, ( ini mengingat syuting yang tiga tahun itu )maka perannya terpaksa harus digantikan sama wajah yang mirip – mirip dia yang diambil dari acara lomba mirip bintang di televisi, untuk diambil adegan lari dan kejar – kejaran sama anjingnya Gareng, tokoh pewayangan yang ceritanya diselamatkan dari cita – cita dia tinggal di rumah super mewah dengan lima limosin, tujuh anjing galak, sepuluh pembantu, satu kolam renang, satu spa, dan sebuah ruangan buat tukang jamu dan pecel lele kumpul, yang cuma diambil 4 shot.

Sementara itu, Anoman yang baru sak jangkah keluar dari atap, kaget lalu nututi kemana si Tuannya itu dibawa pergi. Setelah itu dia SMS Nyonya untuk datang ke rumah sakit dan suruh anaknya untuk pindah ke dokter yang disitu juga. Alasannya biar gampang nanti niliki – nya.

Singkat cerita juga, waktu koma yang selama mungkin itu membuat hati Shinta akhirnya luluh. Dia meminta untuk balik lagi sama Rama dengan cara ngomong dalam mimpi. Setelah semusim berlalu, akhirnya merekapun menikah dalam mimpi juga. Di pernikahan itu, yang acaranya diadain di kapal Titanic, banyak sekali orang – orang terkenal yang datang menyaksikan, seperti Tamtara Blesekin, Degan Sastro, David Coverfull, Leonardo Dicaploki, Britney Diseppears, Jim Cari Neng Ndhi, Kerak David, Sentul Darahnista, dsb., dst., dss..( Si penulisnya capek ngarangnya ! ).

Rama  dan Shinta pun bahagia dan menelorkan anak lagi, dan Anoman yang kesepian karena tidak diajak ke resepsi pernikahannya, yang membawa tubuh Rama ke kerajaan Alengka dengan tujuan agar keluarga besarnya nggak usah capek wira wiri, yang ternyata juga sepi, akhirnya mati ketakutan karena istananya jadi banyak setannya.

 

E N D

 

 

 

CATATAN :

Rama Shinta Cerai ? Auk Ah Helap..( Wayang Bebas ), Suara Merdeka edisi Minggu, 23 November 2003

reply edit delete
12 CommentsChronological   Reverse   Threaded
delete reply
mywolly wrote on Aug 10, ’09
xixixixxii….. rama berteman dengan spiderman ternyata😛
delete reply
duniapeng wrote on Aug 10, ’09

CATATAN :

Rama Shinta Cerai ? Auk Ah Helap..( Wayang Bebas ), Suara Merdeka edisi Minggu, 23 November 2003

masuk koran lagi ya Na.

hebat euy rana…

edit delete reply
ninelights wrote on Aug 10, ’09
mywolly said

rama berteman dengan spiderman ternyata😛

Hehehe…Begitulah Wulan…aku juga nggak nyangka..gagaga;-p
edit delete reply
ninelights wrote on Aug 10, ’09

masuk koran lagi ya Na.

hebat euy rana…

Makasih udah mampir baca, Mas Peng;-p….
delete reply
mywolly wrote on Aug 10, ’09
tapi bagusnya mba, akhirnya mereka rujuk kembali… baguuuusss…! anak2 gak jadi terlantar dan gak akan ada yang mogok mandi😛
delete reply
siregarrosey wrote on Aug 10, ’09
hihihihi…bisa aja mlesetinnya…hihihi
edit delete reply
ninelights wrote on Aug 10, ’09
mywolly said

tapi bagusnya mba, akhirnya mereka rujuk kembali… baguuuusss…! anak2 gak jadi terlantar dan gak akan ada yang mogok mandi😛

hihihihi…

itu cuma kegokilan diriku dulu, Wulan…….hehe

Makasih udah mampir…;-p

edit delete reply
ninelights wrote on Aug 10, ’09

hihihihi…bisa aja mlesetinnya…hihihi

hehehe..

welcome Mbak Rose….^^

Makasih udah mampir…

delete reply
malachinovel wrote on Aug 11, ’09
hahahahahhaa lucu nih idenya brilian
delete reply
mywolly wrote on Aug 11, ’09

itu cuma kegokilan diriku dulu, Wulan…….hehe

😀 tapi keren..!!! selain ngobatin kangen sama karakter pewayangan, bikin yang ‘muda’ juga kenal sama karakter pewayangan….

makasih juga ya, mba Rana… ^_^

delete reply
lalarosa wrote on Aug 11, ’09
dikau emang jago jeng nana
edit delete reply
ninelights wrote on Aug 11, ’09
@Mala : hehe..jd malu..mksh,Mala..

@Wulan :hwahwahwa..wuaduh..kalo ada ank muda yg blank pwayangan,bc ini,jd tmbah bingung..hehe

Ato,malah pcy ya?hehe..auk ah helap..;-)

@jeung Lala : suwun,Bu..ini udah lama kok critanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s