True Friend Will Stay

Dec 21, ’09 9:23 PM
for Rana’s network
Tidak semua orang mengerti keadaan kita. Kadang tanpa kita melakukan apapun, ada saja yang mempergunjingkan dan menilai kita buruk seakan kita ini adalah kutil yang harus segera dimusnahkan. Salah ? Mungkin tidak..Mungkin karena kita tanpa sengaja melakukan sesuatu yang ternyata tidak sesuai dengan kebiasaan, tingkah laku, kondisi, situasi dan waktu beberapa orang tertentu. Kalau ternyata hal ini berkembang semakin tidak baik, for that, maybe we should meluruskan apa yang sebenarnya ada di benak masing-masing, apa yang sebenarnya terjadi, dan menyelesaikan secara dewasa pada orang yang bersangkutan, tanpa harus dicampuri pihak lain.

But, what about, for whatever you’ve been through, I just hate u. For whatever you’ve been said, I just not respect you ? Seperti dulu saya pernah membaca blog Mbak Rose, sekali tidak suka tetap tidak suka (meski belum mengenal baik ) ?

Kadang atau sering kita memandang sesuatu hanya dari satu sisi, satu opini, satu pendapat, satu ulasan, satu masalah yang disampaikan dari satu pihak yang kemudian kita simpulkan sendiri dan akhirnya ketok palu dan menganggap ‘orang itu bukan orang baik. Orang itu ‘bla’, orang itu ‘bla’. Orang itu ‘Bla’.

Beberapa dekade ini saya pun menemui orang-orang seperti ini. Bukan hanya di dunia maya, tapi juga di dunia nyata. Dari tingkat hanya meraba-raba dan ‘mengukur’ keadaan luar saya, sampai ke tingkat ekstim ‘don’t like u’ from they attitude. Funny isn’t it, coz I still think about what happen with them if I share the case in public ? What will happen with them If I attack them by words in this blog or directly to them, as mean as they did to me ?

So what’s next ? Apa itu cara dewasa untuk menyelesaikan masalah hanya karena ‘urusan pribadi’ yang tidak seharusnya jadi berkembang besar ? Apa dengan begitu akan datang seribu delapan ratus kebaikan dari orang lain (yang tidak bersangkutan) yang membaca, melihat, mendengarkan untuk berpihak dan menyatakan bahwa sayalah yang benar dan merekalah yang salah ?

Saya bukan termasuk orang yang lolos test anger management. Kadang sayapun masih turut menyumbangkan emosi karena masalah-masalah tidak penting itu dan akhirnya menjadi penting karena menjadi masalah utama-sepele-menjengkelkan-dan-berkala itu coz, ‘You even don’t know who I am. You even don’t know my real name’. Terus, atas dasar apa dikau menjatuhkan palu ‘keburukan’ itu padaku ?Menjatuhkan hukuman ‘you are not great-smart-good-nice-or-something-else—-enough for me?’

I am a thinker, but I also have bunch of things to do untuk segera diselesaikan daripada harus terus mengeluh dan berada pada satu titik yang secara langsung dan tidak langsung memilih untuk tidak mau diselesaikan secara baik-baik, tidak mau berdiri dan duduk bersama, tidak mau membuka diri untuk mengenal satu sama lain lebih dalam, dan kemudian membuka pikiran bahwa ternyata kita adalah ‘bla’, ‘bla’ dan ‘bla’ hingga muncul pikiran positif.

Menjadi bagian dari keluarga Multiply ini adalah sebuah kesejukan tersendiri dimana saya bisa bertemu dan mendapatkan sahabat baru yang menyenangkan. Namun saya merasa tidak perlu membagi cerita detail derita dan apa yang telah saya alami selama ini ke semua orang hanya untuk dibahas lebih dalam hingga keluar dari topic yang sebenarnya tidak terlalu besar, atau bisa juga bukan masalah sepele tapi menyangkut nama baik seseorang dan orang banyak. Saya akan tetap memilih diam dan melakukan yang terbaik yang saya bisa. Karena saya percaya, akan ada saksi bahwa hidup saya tidak semenyenangkan-seindah-senyaman-serupawan-seriang-sesimple-semewah yang orang lain kira. Akan ada saksi bahwa hidup saya juga bukan hanya sekedar wajah-sekedar beredar komen disana sini dan tertawa-tawa. Karena kadang penderitaan dan juga keindahan bukan hanya di ukur dari keadaan baik-baik saja seseorang yang menulis di blog. Karena kadang kebaikan dan keburukan seseorang yang sebenarnya bukan hanya dilihat dari satu kali pandang, dan satu kali baca.

Jatuh bangun, tawa senang, sakit, derita, bertahan-pada-sesuatu-yang-mungkin-orang-lain-akan-sangat-muak-melakukannya but it’s-a-must-for-certain-important-thing, menangis, bahagia, cinta, sakit, kemuakan dan keberuntungan saya, akan tetap saya bagi pada seseorang yang saya merasa nyaman untuk membagikan cerita itu.

Karena saya percaya..friend is come and go..but true one, will stay…

Will never stop to write

-Rana-

*setelah membaca komen-komennya, menyadari, bahasa inggrisku sangat kacau yah ternyata..- -” edited 28 Feb 2011*

 

22 CommentsChronological   Reverse   Threaded

abieseto
abieseto wrote on Dec 21, ’09
Nana, bagus….
*jgn lupa ad fb-ku yao*

ninelights
ninelights wrote on Dec 21, ’09

Nana, bagus…. *jgn lupa ad fb-ku yao*

:-)….

Abiiiiiiii…>:-D<

Akuh tidak lupa, Abi..tapi sebentar yaaaah…internetnya (dari tadi) lambaaaaaaaaaaat.

duniapeng
duniapeng wrote on Dec 21, ’09
inspiratif nana.

duniapeng
duniapeng wrote on Dec 21, ’09
oh iya, gw ud add link blogmu di blogspot gw. entar gw baca di rss feed. entar gw kasi link blog gw ya. akhir bulan mp gw mati suri.

ninelights
ninelights wrote on Dec 21, ’09

inspiratif nana.

thanks dear…

yagizaaa
yagizaaa wrote on Dec 21, ’09
Will never stop to write ..

yeah keep on writing :))

ninelights
ninelights wrote on Dec 21, ’09, edited on Dec 21, ’09
Dear Peng..I don’t know for sure tentang masalah Peng…but I hope, Peng sudah memikirkan semua itu masak-masak,dan bukan sekedar emosi belaka…

I will miss your ‘funny-gokil-lebay-scrumble-egg-gak-jelas-dengan cerita-ban-bocornya-yang-bikin-sedih-nana-ilang’

I’m sad..but I really trully hope you all the best

thanks for being a nice-warm-funny friend
kangen sama sapaan Peng…

*hug Peng sepenuh hati*

malachinovel
malachinovel wrote on Dec 21, ’09
obsticles itu pasti ada dan itu yg menguji whether you are a true friend or not, kalo gak berselisih paham dan saling mengerti ya sudah pasti persahabatan itu akan retak

ninelights
ninelights wrote on Dec 21, ’09

Will never stop to write ..

yeah keep on writing :))

thanks dear..Yagizaaa juga ya..*nama panggilanmu sapaaaah?*

starlite2404
starlite2404 wrote on Dec 21, ’09
Blogspot mu apa,Na??

ninelights
ninelights wrote on Dec 21, ’09

obsticles itu pasti ada dan itu yg menguji whether you are a true friend or not, kalo gak berselisih paham dan saling mengerti ya sudah pasti persahabatan itu akan retak

of course,Mala…..hubungan suami istri dan bahkan sahabat sendiri pun pasti ada percikan,masalah…..meski udah bertaun-taun kenal..Apalagi dengan teman,yang mungkin baru kemarin kita lihat..

I do believe that point also…

but,it’s not about that….ini lebih ke tentang try to learn and listen not only from one side but both….try to not judge the people from only the cover…

true friend adalah proses ‘seleksi alam’ yang bisa kita dapat satu hari, atau baru bertahun-tahun kemudian…dan pun juga bisa retak, kalau sudah tidak sepaham,saling mengerti….

ninelights
ninelights wrote on Dec 21, ’09

Blogspot mu apa,Na??

hehehehe…

jempolcuilproduction@blogspot.com

dulu…

dan sudah kudelete….:-D

ninelights
ninelights wrote on Dec 22, ’09
Anyho,Mala….*dapet wangsit tiba-tiba tengah malam buta*
if you thought this blog is focus about ‘that’,Nana merasa semua itu sudah lama selesainya dan sudah dibicarakan baik-baik antara kami berdua..dan kami dalam keadaan baik-baik saja…..dan kami berteman baik….sampai sekarang……^^
*hug Malaaa*
Oii…kapan ketemu oii..mampirlah ke semarang kalian semua yang ada di jakarta..ahahaha…

siregarrosey
siregarrosey wrote on Dec 23, ’09
Hmmm….

siregarrosey
siregarrosey wrote on Dec 23, ’09
Aku pernah dijahatin orang di blog (di fitnah, dimaki, diucapkan segala yang buruk, dll)…dan aku juga pernah menulis hal yang jahat tentang orang tertentu, hal yang buruk tentang orang itu, dll…aku sampai pada satu kesimpulan: sebaik-baiknya kita, tetap saja ada orang yang gak suka…dan bahkan sejahat-jahatnya kita, tetap saja ada yang membela.

Dikatakan hal yang buruk oleh orang lain….mengatakan hal yang buruk tentang orang lain, pada akhirnya tiap orang punya penilaian masing-masing. Capek Ran kita teriak “Heeeeyyyyy…..gue gak begituuuu!!!!!!”…biarin saja….

Tiap kali aku dijahatin orang, aku berusaha berpikir “Nabi saja dibunuh kok, Yesus aja diludahi….apalagi gue? siapa gue? Apa gue lebih suci dari Nabi dan Yesus?”…intinya, sebaik-baiknya orang, yang memfitnah, meludahi, menghina…itu pasti ada saja…apalagi kayak gue yang jauh dari baik….wajar saja…

siregarrosey
siregarrosey wrote on Dec 23, ’09

Karena saya percaya..friend is come and go..but true one, will stay…

Agree

ninelights
ninelights wrote on Dec 23, ’09

Yagizaaa juga ya..*nama panggilanmu sapaaaah?*

Astagfirullahhaladziiim..astaganagaindonesiarayatercinta…Marieeeeeeeeeeeeee..Maafkan akuuuuuuh..astagaaaaa..huahahahahahaha…
*jadi merasa konyol sendiri..*
Boooooooooook…biasanya kalo ngecek dihape, nama aslimu keliatan tapi foto dan ID MPnya engga, tapi kalo disini namanya pake ID MP dan fotonya gak ngenaliiiiiin….Astagaaa…huahahaha..Boook..aku merasa konyol sekali…Maafkan akuh..Met natal dan tahun Baru yah dear….Aduuuuh..*tokok tokok kepala sendiri*

ninelights
ninelights wrote on Dec 23, ’09

Hmmm….

*tenggok tenggorokan Mbak Rose pake pengungkit*hihi

ninelights
ninelights wrote on Dec 23, ’09

sebaik-baiknya kita, tetap saja ada orang yang gak suka…dan bahkan sejahat-jahatnya kita, tetap saja ada yang membela.

*mengangguk-angguk setujuh*

ninelights
ninelights wrote on Dec 23, ’09

biarin saja….

🙂..Iya Mbak…Try my best…karena,you are right, aku juga bukan manusia sempurna……

ninelights
ninelights wrote on Dec 23, ’09

Agree

*langsung sun pipi sampe basah,ahaha*

yagizaaa
yagizaaa wrote on Dec 23, ’09
hahahahaha..ga apa2 dear😀 *ngakak baca komennya

Leave a Reply

