Sebuah Sudut Kampung Kali di Suatu Hari

Jul 18, ’10 2:05 PM
for everyone

Aku menyaksikan mereka datang dan lalu pergi. Seperti sebuah universitas dimana mereka semua datang untuk belajar, lulus, dan lalu melanjutkan kehidupan mereka di luar sana.

 

Beberapa meninggalkan kenangan. Beberapa meninggalkan cerita. Beberapa memang hanya sekedar datang dan lalu pergi. Namun mereka semua sama. Mereka semua pernah ada. Mereka semua pernah tertulis dalam sebuah catatan perjalanan dan lalu meninggalkan kesenduan.

 

Aku menyaksikan mereka datang dan lalu pergi. Seperti sebuah mimpi yang enggan menjadi nyata. Dimana mereka hadir dengan harapan dan lalu pergi meninggalkan kami dengan pertanyaan yang sebenarnya mampu kami jawab namun tak kuasa terucap.

 

Aku pernah menyaksikan mereka datang dan lalu pergi. Dan beberapa membuat separuh hati ini satu persatu ikut pergi bersama mereka. Bersama para sahabat, bersama para terkasih, bersama orang-orang yang pernah menjadi dan tetap berarti dalam sebuah catatan perjalanan.

 

Aku pernah dan hampir selalu melihat mereka datang dan lalu pergi. Terasa sedikit berbeda dalam hati ini. Terasa sedikit ada yang berdesir dalam dada ini saat aku pun membayangkan hal yang sama yang sebentar lagi akan menjadi sebuah catatan perjalanan lain. Karena mereka yang datang dan pergi itu akan menjadi aku yang sebentar lagi akan ikut pergi meninggalkan kenangan, meninggalkan catatan, meninggalkan mereka yang masih tinggal dan menyaksikan sebuah kedatangan dan kepergian.

 

Aku pernah menyaksikan mereka datang dan lalu pergi. Dan akupun telah menjadi saksi bahwa sebagian kepergian telah dan akan meninggalkan kesedihan yang tidak bisa dijelaskan oleh kata-kata. Karena aku adalah satu di antara kesedihan itu yang dulu pernah datang, dan sebentar lagi akan segera pergi. Aku adalah bagian dari sebuah catatan perjalanan hidup dari sebuah universitas bernama kehidupan.

 

 

 

Rana Wijaya Soemadi

Kota tua kedinginan

18 Juli 2010

Leave a Reply

