Journey To My First Novel

Journey To My First Novel Feb 7, ’11 7:30 PM
for Rana’s network
Setelah mengambil keputusan sulit dengan keluar dari pekerjaan “mapan”, enam bulan yang lalu, saya resmi menjadi pengangguran. Ibarat berada di arus deras, saya berjalan melawan arah dengan hanya berpegang pada ‘amunisi’ seadanya. Saya memilih menekuni dunia tulis dengan cap tetap “pengangguran”. Rasanya cukup menyakitkan. Tetapi sekarang-sekarang ini, saya lalu tertawa-tawa saja saat mereka bereaksi tentang kata “nganggur” dari saya.🙂

Lalu setelah berhari-hari dan berminggu-minggu melewati dunia saya yang baru tersebut, tatapan dan perkataan orang-orang menghiasi hari-hari saya. “Emang bisa apa sih nih anak?”; “Mau lari dari masalah? Mbok kalo ada masalah coba belajar untuk dihadapi, jangan cepat-cepat mengambil keputusan begitu *hehehe*“ ;“Mbok coba ngantor, kan bisa ada pemasukan tiap bulannya”; “Kenapa nggak nunggu parcel sama uang lemburnya, kan lumayan?”; “Nekat”; “Alah perempuan juga, toh abis ini kawin, gak masalah”; “udah gih buruan cari pacar, terus nikah!”; “Kenapa nggak ngantor?” *lagi*; “coba gih nglamar-nglamar (kerjaan), daripada nganggur!”

Tahun-tahun sebelum ini juga tidak kalah berat. Mungkin karena itulah saya bersungguh-sungguh untuk mendengarkan kata hati, mengikuti mimpi-mimpi yang pernah gagal, mengumpulkan semangat, niat, berperang terhadap diri sendiri, dan lalu mulai menegakkan kepala untuk bangkit berjuang, tak lagi mendengar keinginan orang untuk sekedar memuaskan dan menyenangkan hati mereka.

Sudah saya katakan berulang kali pada orang-orang terdekat, “Berikanlah saya kesempatan..Tidak ada yang instan untuk pilihan saya ini..” Tetapi karena mereka belum mengerti, mereka memaksa saya menerima pekerjaan yang bukan keinginan saya. Ya. Sekali lagi, ini adalah soal pilihan🙂 Meski sakit juga mendapati banyak yang meragukan keputusan “konyol” ini, ada satu hal yang harus saya lakukan untuk membuat mereka percaya sepenuhnya kepada saya yaitu saya hanya harus bisa menunjukkannya.🙂

Maka, setelah selama kurang lebih tiga bulan percobaan pengiriman cerpen ke berbagai media gagal *untuk kesekian kali* ehehehe **yes, I know, mungkin cerpennya kurang memenuhi standar, dan baru juga segitu, besok mau dicoba lagi kirim lebih banyak dan lebih mantap,hehehe*, saya memutuskan untuk mulai membuat novel.

Yeah! Makin kencang cobaan! Selain karena saya hobby memamah biak *a.k.a makan!* :))) Karena itulah, saya belajar untuk menutup sebanyak mungkin hal-hal yang tidak terlalu penting, bisikan-bisikan rasa putus asa dan hilang harapan dan mencoba untuk terus bangkit melewati hari, pagi, kadang tidak tidur sampai pagi berikutnya, demi menulis.🙂

Beruntungnya saya karena selain sifat saya yang suka cepat menyerah tapi optimis ini *ahahaha*, minder tapi suka nanya-nanya rempong *maaf telah banyak merepotkan*, gak percaya diri tapi yakin bisa *yeah, absurdlah pokoknya :))* saya dikelilingi para manusia bijaksana, para penyemangat, para guru, para penulis, yang membuat hati dan mimpi saya akan bisa dikejar satu per satu suatu hari nanti.

Salah satunya.. :

Untuk Mas Suga Adiswara; atas segala masukan, saran, petuah, kritik, dan perbaikan untuk draft pertama saya *pada akhirnya banyak yang saya delete dan saya perbaharui*. Terima kasih juga untuk sharingnya, semoga Mas Suga diberikan jalan terbaik dan kemudahan untuk menjalani pilihan hidup Mas sekarang🙂

Untuk Alei Stair Muharam; atas kata-kata ajaibnya, nasehat optimisnya, semangatnya yang luar biasa sehingga saya merasa saya tidak sendirian. Saya ingat kau pernah bilang di FB, “Selama kita percaya dengan apa yang kita jalani, maka semua pasti akan indah pada waktunya. *Percaya deh jek, beneran!*Aih..rasanya..Selalu pantas jika banyak yang mencintaimu karena semangatmu ini, kawan!🙂

Untuk Ihwan Hariyanto; atas supportnya yang tiada henti, saran dan kebaikan hatinya selama ini. Saya tidak akan pernah lupa…Terima kasih banyak🙂

Untuk keluarga inti saya; untuk memberikan saya banyak sekali kesempatan.

Mohon maaf kalau di buku nanti namanya banyak yang belum tersebut. Semoga lain kesempatan, saya bisa memasukkan nama teman-teman MP yang lainnya, yang baik hati dan bersedia mendengarkan cerita saya, untuk sekedar berucap “Terima kasih banyak”.🙂

Saya tahu, ini masih belumlah apa-apa, masih banyak yang harus dikerjakan dan diperbaiki sebelum orang-orang menyematkan kata “hebat” pada karya-karya saya. Masih panjang perjalanan..Tapi saya senang, dengan mengucap Bismilahirohmanirohim, saya bisa mengawali mimpi saya dengan novel perdana ini.

So, tunggu kabar selanjutnya yah,kawan. Novel ini akan segera rilis di toko buku online!🙂

Love u all..

Best Regards

-Rana-

62 CommentsChronological   Reverse   Threaded

anotherorion
anotherorion wrote on Feb 7, ’11
semoga sukses na😀

mayamulyadi
mayamulyadi wrote on Feb 7, ’11
Wooooo… Akhirnyaaaaa… Congrats ya, saaaayyyyyy…🙂

romeogibran
romeogibran wrote on Feb 7, ’11
Alhamdulillah… akhirnya… terjawab sudah ramalanku dulu…😀
Selamat na… jadi kut bangga nih… tetap belajar demi kesempurnaan..

siregarrosey
siregarrosey wrote on Feb 7, ’11
Selamat ya…bangga deh jebolan MP banyak yang sukses jadi penulis🙂

pennygata
pennygata wrote on Feb 7, ’11
semangaaaattt, entar kalo udah publish, kasih tau yah, aku pasti beli🙂

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11

semoga sukses na😀

terima kasih, Pio…
ah cengiranmu ambigu ah.. ;-p

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11

Wooooo… Akhirnyaaaaa… Congrats ya, saaaayyyyyy…🙂

terima kasih,Mbak Maya…🙂

anotherorion
anotherorion wrote on Feb 7, ’11
asem ik dudu ambigu

absurd

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11

Alhamdulillah… akhirnya… terjawab sudah ramalanku dulu… :DSelamat na… jadi kut bangga nih… tetap belajar demi kesempurnaan..

Eh,Mas Fian punya MP juga toh..;-p

Makasih,Mas..iya..will never stop learning..:)

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11

Selamat ya…bangga deh jebolan MP banyak yang sukses jadi penulis🙂

Terima kasih, Mbak Rose..
hehe..masih permulaan ini,Mbak..dan semoga akan terus ada novel-novel berikutnya..:)

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11

semangaaaattt, entar kalo udah publish, kasih tau yah, aku pasti beli🙂

terima kasih,Mbak..^_^
Iya..I’ll tag u di FB,Insya Allah..
fiuh..deg-degan euy..;-p

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11

asem ik dudu ambiguabsurd

yo wis..absurd..
*ngomonge mbek noleh ning mburi ;-p*

pennygata
pennygata wrote on Feb 7, ’11
Okey, tag ajah🙂

anotherorion
anotherorion wrote on Feb 7, ’11
aish jyan

malachinovel
malachinovel wrote on Feb 7, ’11
semangat Ran

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11

Okey, tag ajah🙂

b^_^d

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11

aish jyan

;-p

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11

semangat Ran

Mala juga yah..:)

yagizaaa
yagizaaa wrote on Feb 7, ’11
celamat ya kityyyyyy…uuuuuu *cubit2 pipinya*

Wah ada nama Ihwan. ehem :))

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11

celamat ya kityyyyyy…uuuuuu *cubit2 pipinya*

makacihhh…;-p *merem-merem karena dicubiti* ;-p

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11

Wah ada nama Ihwan. ehem :))

ehehehe hueheheh huehehehehe

nawhi
nawhi wrote on Feb 7, ’11
Ada namaku…blushing ma senyum2 tak menyangka.

Salut sama keberanianmu Nyai melepaskan pekerjaan demi mewujudkan impianmu, satu hal yg ga pernah berani aq lakukan.
Semoga sukses n best seller ya Nyai, aamiin.

anotherorion
anotherorion wrote on Feb 7, ’11
tumben dah main nyai2an, dah mulai sinetron season II nih wan?

nawhi
nawhi wrote on Feb 7, ’11
pengin melu pisan? Yo wes kmu aq pggil Mbah Pio😀

anotherorion
anotherorion wrote on Feb 7, ’11
wooo dus ki, dasar aki2

nawhi
nawhi wrote on Feb 7, ’11
ow aseem ik, dasar mbah2 mambu lemah😀

anotherorion
anotherorion wrote on Feb 7, ’11
lebih mambu lemah kowe mbange aku ah wkwkwkwk

nawhi
nawhi wrote on Feb 7, ’11
lebih mambu meneh mas no wkwkwkwk

anotherorion
anotherorion wrote on Feb 7, ’11
wakakak sesuk nek rene rak mencak2 wkwkwk
eh wis ketebak kok bocah sik kok maksud nang postingan

nawhi
nawhi wrote on Feb 7, ’11
wes wes jo OOT, ne kan lg bhas nvel pdana Nyai.
Nyai kasih bocoran dikit dunk dimarih ttg crita nvelnya.

anotherorion
anotherorion wrote on Feb 7, ’11
wis ngantuk wan

sok atuh tak tunggu sesuk ae

ninelights
ninelights wrote on Feb 7, ’11
nawhi said

Ada namaku…blushing ma senyum2 tak menyangka.

Salut sama keberanianmu Nyai melepaskan pekerjaan demi mewujudkan impianmu, satu hal yg ga pernah berani aq lakukan.
Semoga sukses n best seller ya Nyai, aamiin.

Makasih,Aki..
Aminn..Aminnn..🙂

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on Feb 7, ’11
keren!
selamat ya, mbaaa🙂

rudyprasetyo
rudyprasetyo wrote on Feb 8, ’11
Yihaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…..ingatkan saya untuk membelinya

in99rid
in99rid wrote on Feb 8, ’11
Dan kita ktemuan di hari terakhir kamu kerja ya Na di DP Mall.. Gak terlupakan🙂

mywolly
mywolly wrote on Feb 8, ’11
wuidiiiih mantabs… alhamdulillah… jadi gak sabar nih nunggu nya🙂

an99a
an99a wrote on Feb 8, ’11
Waa,, congrats mba! Gak kebayang deh gmn menahan komen2 miring tentang pilihan mengejar mimpi.. >_<.. *hug
Jadinya e-book y mba?

ninelights
ninelights wrote on Feb 8, ’11

keren! selamat ya, mbaaa🙂

terima kasih…🙂
tunggu kabar selanjutnya yah..;-p

ninelights
ninelights wrote on Feb 8, ’11

Yihaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…..ingatkan saya untuk membelinya

Insya Allah,Mas Rudy..:)
terima kasih sudah mampir dan membaca..;-p

ninelights
ninelights wrote on Feb 8, ’11
in99rid said

Dan kita ktemuan di hari terakhir kamu kerja ya Na di DP Mall.. Gak terlupakan🙂

Dan sahabat saya yang duduk di sebelah langsung membelalakkan matanya, kode “HEH!KOK GAK CERITA-CERITA SAMA AKUU!?” Ehehehehehe

ninelights
ninelights wrote on Feb 8, ’11
mywolly said

wuidiiiih mantabs… alhamdulillah… jadi gak sabar nih nunggu nya🙂

hehe..
terima kasih yaaaah,Wulaaan..
Iya..ditunggu kabar selanjutnya..:)
thanks for dropping by..:)

ninelights
ninelights wrote on Feb 8, ’11
an99a said

Waa,, congrats mba! Gak kebayang deh gmn menahan komen2 miring tentang pilihan mengejar mimpi.. >_<.. *hugJadinya e-book y mba?

berjuta rasanya,Mira..
mirip jatuh cinta..tapi kalo yang ini lebih ke masa-masa patah hatinya..ehehehehe *piye jal? hehehe*

Meski via online, jadinya tetep dalam bentuk paper book,Mira..:)

saturindu
saturindu wrote on Feb 8, ’11
wah, selamat atas kerja keras dan kerja cerdasnya🙂
tak sabar rasanya menunggu terbitnya Fleur dan si Ame
🙂

mailindra
mailindra wrote on Feb 8, ’11
Selamat ya.
Saya salut sama keberaniannya karena saya belum mampu begitu🙂
Salam kenal.

ninelights
ninelights wrote on Feb 8, ’11

wah, selamat atas kerja keras dan kerja cerdasnya🙂
tak sabar rasanya menunggu terbitnya Fleur dan si Ame
🙂

wah,Mas Suga dateng..:)
terima kasih banyak sekali lagi yah,Mas…🙂

ninelights
ninelights wrote on Feb 8, ’11

Selamat ya. Saya salut sama keberaniannya karena saya belum mampu begitu :)Salam kenal.

terima kasih..
Salam kenal kembali..🙂

saturindu
saturindu wrote on Feb 8, ’11

wah,Mas Suga dateng..:)
terima kasih banyak sekali lagi yah,Mas…🙂

maaf, belakangan ini tak sempat buka MP🙂

ninelights
ninelights wrote on Feb 8, ’11

maaf, belakangan ini tak sempat buka MP🙂

tak apa, Mas Suga..:)
sesempatnya Mas Suga🙂

an99a
an99a wrote on Feb 9, ’11

berjuta rasanya,Mira..
mirip jatuh cinta..tapi kalo yang ini lebih ke masa-masa patah hatinya..ehehehehe *piye jal? hehehe*

Meski via online, jadinya tetep dalam bentuk paper book,Mira..:)

hoo jadi mesennya via online trus dikirip via paket gt mba??

ninelights
ninelights wrote on Feb 9, ’11
an99a said

hoo jadi mesennya via online trus dikirip via paket gt mba??

iya…:)

an99a
an99a wrote on Feb 9, ’11
ok ok..ntar gw liat-liat deh.. ^ ^

in99rid
in99rid wrote on Feb 9, ’11
iya Na, msh keinget muka kagetnya & kamu cengar cengir tok :p

mahasiswidudul
mahasiswidudul wrote on Feb 9, ’11
*mengharap gretongan.penyakit novel addict.khekhekheee*

treeed
treeed wrote on Feb 10, ’11
asiiiikkkk….
*masih mengharap mba rana bs dtg ke Jakarta untuk lauching 4 elemen*

ninelights
ninelights wrote on Feb 10, ’11
an99a said

ok ok..ntar gw liat-liat deh.. ^ ^

ninelights
ninelights wrote on Feb 10, ’11
in99rid said

iya Na, msh keinget muka kagetnya & kamu cengar cengir tok :p

hehehehehehe

ninelights
ninelights wrote on Feb 10, ’11

mengharap gretongan.penyakit novel addict.khekhekheee*

*kejengkang*

ninelights
ninelights wrote on Feb 10, ’11
treeed said

asiiiikkkk….
*masih mengharap mba rana bs dtg ke Jakarta untuk lauching 4 elemen*

hehehehe…
aduh..beneran merasa terhormat saya,Mbak Astrid..
*menerawang liat peta*

treeed
treeed wrote on Feb 10, ’11

hehehehe…
aduh..beneran merasa terhormat saya,Mbak Astrid..
*menerawang liat peta*

peta buta? *eh*
mahal ya klo naik kereta ke jkt? nginepnya dirumahku saja😉

ninelights
ninelights wrote on Feb 10, ’11
treeed said

peta buta? *eh*
mahal ya klo naik kereta ke jkt? nginepnya dirumahku saja😉

;-p
nana lebih ke gak enak waktu di sananya nanti..banyak merepotkan..:)

aboutfleur
aboutfleur wrote on Feb 12, ’11
Order novel Fleur yuk!😉

aboutfleur
aboutfleur wrote on Feb 12, ’11
Order novel Fleur yuk!😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s