Penyemangat Kata di Kontroversi Karya Taufik Ismail

Penyemangat Kata di Kontroversi Karya Taufik Ismail Mar 31, ’11 6:02 PM
for everyone
Terlepas dari kontroversi dan tuduhan bahwa Taufiq Ismail telah menjiplak (emm,atau hanya menerjemahkan saja?) sebuah karya berjudul Be the Best of Whatever You Are karya Douglas Malloch, (Go click this link for future info)
Saya suka setiap larik katanya yang mengandung kekuatan, untuk terus semangat menjadi yang terbaik di lingkungan yang sederhana sekali pun.🙂
Be the Best of Whatever You AreBy Douglas Malloch

If you can’t be a pine on the top of the hill,
Be a scrub in the valley — but be
The best little scrub by the side of the rill;
Be a bush if you can’t be a tree.

If you can’t be a bush be a bit of the grass,
And some highway happier make;
If you can’t be a muskie then just be a bass —
But the liveliest bass in the lake!

We can’t all be captains, we’ve got to be crew,
There’s something for all of us here,
There’s big work to do, and there’s lesser to do,
And the task you must do is the near.

If you can’t be a highway then just be a trail,
If you can’t be the sun be a star;
It isn’t by size that you win or you fail —
Be the best of whatever you are!

———————————————
Kerendahan HatiOleh Taufik Ismail

Kalau engkau tak mampu menjadi beringin yang tegak di puncak bukit
Jadilah belukar, tetapi belukar yang baik, yang tumbuh di tepi danau.

Kalau kamu tak sanggup menjadi belukar,
Jadilah saja rumput, tetapi rumput yangmemperkuat tanggul pinggiran jalan.

Kalau engkau tak mampu menjadi jalan raya
Jadilah saja jalan kecil,
Tetapi jalan setapak yang
Membawa orang ke mata air

Tidaklah semua menjadi kapten
tentu harus ada awak kapalnya….

Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi
rendahnya nilai dirimu
Jadilah saja dirimu….

Sebaik-baiknya dari dirimu sendiri

21 CommentsChronological   Reverse   Threaded

akupoetri
akupoetri wrote on Mar 31, ’11
TFS🙂

ninelights
ninelights wrote on Mar 31, ’11
Sip!🙂

liesemargaretha
liesemargaretha wrote on Mar 31, ’11
lebih enak baca yang indonesia😀

anotherorion
anotherorion wrote on Mar 31, ’11
ora mudeng ran

mayamulyadi
mayamulyadi wrote on Mar 31, ’11, edited on Mar 31, ’11
intinya be the best ya… *peluk Mba Nana

yagizaaa
yagizaaa wrote on Mar 31, ’11
aku baru tau loh kalo dia jiplak. ya ampun..

onit
onit wrote on Mar 31, ’11
hmmm bukan jiplak tapi menceritakan ulang dgn kata2 sendiri🙂 [jadi inget pelajaran esde hehehe]

“Sebaik-baiknya dari dirimu sendiri” –> tapi ini dahsyat banget…

tiarrahman
tiarrahman wrote on Apr 1, ’11
demikian juga dengan Aku ingin mencintai dengan sederhana (sapardi djoko damono) yang fenomenal
hampir mirip dengan karya orang luar. check this http://tiarrahman.multiply.com/journal/item/528/Betulkah_Ini

jampang
jampang wrote on Apr 1, ’11
menjadi diri sendiri…. pernah baca artikel dengan judul…. menjadi apa pun dirimu. rada mirip.

ninelights
ninelights wrote on Apr 1, ’11

lebih enak baca yang indonesia😀

hehe
yang mana yang enak..monggo diresapi maknanya🙂

ninelights
ninelights wrote on Apr 1, ’11

ora mudeng ran

emmm…jadi begini,Pio…
errr…
*gak jadi ngejelasin*
dihayati aja deh lariknya,hehe.🙂

ninelights
ninelights wrote on Apr 1, ’11

intinya be the best ya… *peluk Mba Nana

Betuuullllll,mbak Mayaa!
🙂
*hugs balik*hehe

ninelights
ninelights wrote on Apr 1, ’11

aku baru tau loh kalo dia jiplak. ya ampun..

hehe..no comment..si beliaunya juga katanya belum klarifikasi,Boo..:)

ninelights
ninelights wrote on Apr 1, ’11
onit said

hmmm bukan jiplak tapi menceritakan ulang dgn kata2 sendiri🙂 [jadi inget pelajaran esde hehehe]”Sebaik-baiknya dari dirimu sendiri” –> tapi ini dahsyat banget…

alangkah lebih bijak,kalau semisal,salah satu dari mereka terinspirasi dari salah satunya, ditulis di bawahnya:”terinspirasi oleh..” soalnya meski dibuat kata-kata sendiri,sampai ke larik-lariknya sama..
Kasihan juga..hasil kerja keras orang juga soalnya..:)
#halahdijelasin (katanya tadi no comment)
#plestermulutlagi
(maap khilaf!)

ninelights
ninelights wrote on Apr 1, ’11

demikian juga dengan Aku ingin mencintai dengan sederhana (sapardi djoko damono) yang fenomenalhampir mirip dengan karya orang luar. check this http://tiarrahman.multiply.com/journal/item/528/Betulkah_Ini

sampun meluncur,Pak Tiar..
“terinspirasi oleh” yah sepertinya..

Berarti cocok jika pepatah ini nangkring “There is nothing new under the sun but there are lots of old things we don’t know.”
Ambrose Bierce, The Devil’s Dictionary
US author & satirist (1842 – 1914)

(mau meresapi kata-katanya be the best ini lagi ah..)

onit
onit wrote on Apr 1, ’11

alangkah lebih bijak,kalau semisal,salah satu dari mereka terinspirasi dari salah satunya, ditulis di bawahnya:”terinspirasi oleh..” soalnya meski dibuat kata-kata sendiri,sampai ke larik-lariknya sama..
Kasihan juga..hasil kerja keras orang juga soalnya..:)
#halahdijelasin (katanya tadi no comment)
#plestermulutlagi
(maap khilaf!)

hehehe komenku itu kan cuma buat lucu2an.. makanya nyebut2 pelajaran esde😀

kalo soal terinspirasi.. gak perlu nyebut salah satu lagi..
kan dah jelas yg satunya udah lama bgt.. ^^;

lebih suka nyebut isi puisinya🙂

onit
onit wrote on Apr 1, ’11
tulisan Fadli Zon (sumber dari temennya temen):

Saya perlu sedikit komentar. Saya kebetulan Ketua Panitia 55 Tahun Taufiq Ismail berkarya tahun 2008. Kami terbitkan 4 buku besar karya-karya Taufiq Ismail (TI) “Mengakar ke Bumi Menggapai ke Langit”. Buku pertama adalah buk…u puisi setebal 1076 halaman. Itu semua adalah kumpulan puisi TI dari tahun 1953-2008. Setelah saya periksa tak ada puisi “Kerendahan Hati.” Setahu saya TI memang menerjemahkan juga puisi 160 penyair Amerika yang dikumpulkan dalam “Rerumputan Dedaunan” yang belum diterbitkan. Paling banyak puisi Walt Whitman. Tapi puisi Malloch tak pernah diklaim puisi TI. Jika ada referensi mohon bisa ditunjukkan di buku mana TI mengaku puisi itu adalah miliknya. Puisi Malloch itu paling sering dikutip oleh Martin Luther King (MLK) dalam pidato2nya. Malah orang menyebutnya puisi itu karya MLK.

Barusan saya telpon TI, menyampaikan masalah ini. Jawabannya, ia tak pernah mengklaim puisi “Kerendahan Hati.” Ia juga sedang cari di file, sementara belum ada. Di kumpulan karya terjemahan “Rerumputan Dedaunan” juga tak ada puisi tersebut. Jadi TI belum tahu puisinya yang mana. Ia mengatakan rasanya pernah membahas puisi itu atau menerjemahkan puisi itu dalam kegiatan SBSB atau MMAS di sekolah2. Kalau itu puisi terbaiknya, tentu ada di buku yang saya terbitkan. Di internet, tak ada data yang jelas. Bahkan penulisan namanya pun salah Taufik bukan Taufiq. Mungkin ada info atau sumber yang lebih tajam, yang menyatakan bahwa TI memang menulis puisi itu? Kalau tidak ada, polemik ini menjadi pepesan kosong.

ninelights
ninelights wrote on Apr 1, ’11
hehehe..jadi panjang kan?
*cengir*
Dari awal fokus ke isi puisinya daripada kontroversinya,Mbak Onit..:)

Oh..salah ketik ternyata yak!harusnya Taufiq bukan Taufik..Maafkan..kuubah segera..

Soal komentar Rana sebelumnya,siapa pun, atau apa pun, mau karya lama atau baru, ada sebagian besar yang gak tau kalau karya yang diagung-agungkan(misalnya)adalah ternyata karya seseorang yang hampir seratus persen sama dengan aslinya..:)

Tapi intinya, Pak Taufiq sendiri pun jua belum ada klarifikasi langsung..hanya pihak pro dan pihak kontra yang berbicara..

Rana, mengambil manfaat dengan meresapi makna puisi tersebut untuk terus semangat menjadi yang terbaik di lingkungan yang sederhana sekali pun.🙂

Kalau postingan ini menjadi panjang karena difokuskan ke kontroversi,Rana hapus aja linknya di postingan dan ubah isi postingannya..Mungkin kesalahan ada pada Rana yang mengarahkan postingan ini.
Suwun sedoyo.:)

onit
onit wrote on Apr 1, ’11
kebayang dong org yg karyanya udah banyak bgt.. udah umur 75 pula.. kalo cuma disebut judulnya jadi gak ngerti itu yg mana🙂

tapi berhubung aku dapet akses informasi (hari gini lewat social network *kadang2* lebih jelas beritanya daripada mengandalkan media massa).. jadi aku bagi saja infonya di sini🙂

gak usah merasa bersalah😉 soalnya wajar aja pembaca lebih suka membesar2kan yg kontroversial ^^;;;

postingku barusan ada yg mirip dgn isi puisinya nih😀 http://onit.multiply.com/journal/item/687/

ninelights
ninelights wrote on Apr 2, ’11
🙂

rhehanluvly
rhehanluvly wrote on Apr 2, ’11
hmm hehe isinya memang bagus ya mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s