Day 14/30 Days of My Journey(2nd Novel) : The Idea (tips)

Day 14/30 Days of My Journey(2nd Novel) : The Idea (tips) May 12, ’11 11:55 AM
for everyone
Beberapa teman di lingkungan saya sering kesulitan untuk mencari ide. Jika dapat, mereka akan menyerah di tengah jalan karena ceritanya tidak berkembang atau dengan kata lain putus di tengah jalan.

Beberapa tips umum dalam mencari ide untuk penulisan cerpen, novel, essai dan skenario, menjabarkan beberapa langkahnya agar kita dapat mengumpulkan sebanyak mungkin ide-ide liar, diantaranya adalah dengan cara:

1. Rajin Membaca
Buku adalah jendela dunia. Di sana, kita bertemu jutaan kata yang bisa dijadikan inspirasi awal pembuatan cerita. Baik fiksi dan non fiksi, media cetak maupun e-book, semuanya memiliki sumbangan terbesar nutrisi ide untuk otak agar otak bisa membuat cabang-cabang kreatif guna menyampaikan rangkaian kalimat yang nantinya akan kita tuangkan pada secarik kertas maupun lembaran Microsoft word.

2. Rajin Melihat dan Mendengar
Radio, curhatan cerita teman, film, berita, discovery channel, kisah nyata. Tidak dipungkiri, mereka sangat bisa dijadikan dasar cerita untuk cerpen kita. Menggabungkan kisah nyata yang satu dengan kisah fiksi lainnya. In fact, saya pun telah menggabungkan beberapa kisah nyata dan kisah fiksi dalam proses pembuatan novel pertama saya “Fleur”.

3. Rajin browsing dan Blog Walking
It works you know!🙂

Tapi bagaimana jika kita sama sekali mentok? Meski sudah berulang kali nongkrong di depan laptop atau computer,’membuang’ waktu browsing dan blog walking sana sini, membaca sana sini, melihat dan mendengar sana sini, ide sama sekali enggan menghampiri.

Saya dulu juga sampai sering terkena Writer’s block. Sangat menyebalkan rasanya. Apalagi ketika kita sudah berada di tengah jalan untuk finishing touch, tapi ide itu bablas, tidak berjejak.

Lalu saya menemukan tips ini dari buku karya Afifah Afra, “How To Be A Smart Writer”. Kelihatan sederhana tapi besar manfaatnya. Sangat berguna sekali untuk basic pembuatan cerpen, novel, dan skenario. Dari sekedar kerangka ceritanya, sinopsis, karakter, sampai akhir cerita kita akan bernasib bagaimana.

Dan kalau kalian ingin tahu (meski nggak ada yang nanya sih,hehehehehe) kerangka dasar pembuatan novel kedua saya ini berawal dari tips berikut ini (yang saya buat sudah lama, sekitar awal tahun 2010,beberapa bulan setelah selesai ikut Jiffest Script Development Competition 2009 KLIK DI SINI DAN DISINI, dan sengaja saya endapkan lebih dari setahun, memberi kesempatan novel pertama saya selesai dan mencari ide lainnya terlebih dahulu)

Carilah satu kata-apa saja- yang terlintas di kepala sebagai dasar kata pembuatan ide lainnya. Setelah itu, cari sepuluh kata lainnya yang masih berhubungan dengan kata dasar. Setelah itu, masing-masing sepuluh kata itu, buatlah sebuah kalimat. Go wild! Jangan terlalu kaku dan terlalu hati-hati dalam membuat cabang kata! Bantu pencarian sepuluh cabang itu dengan pertanyaan-pertanyaan atau kalimat yang tetap nyambung dengan kata dasarnya. Jangan khawatir kalau di antara cabang kata itu kalian harus membubuhkan lebih dari satu kata. Tips ini kan untuk membantu kita, bukan untuk membuat kita pusing!

CONTOH:
MEJA

1. (Diatas Meja ada) KERTAS

2. BERCECERAN

3. (Temannya meja) KURSI

4. (Ada yang nongkrong di meja) KECOA

5. (Pemilik meja itu )PERFEKSIONIS

6. (Di meja apanya yang berceceran) AIR

7. (Kadang saat malam hari Meja itu) KOSONG

8. (Koleksi si perfeksionis yang tidak pernah disingkirkan dari atas meja) RADIO

9. (Si perfeksionis biasa menaruh minuman apa di atas meja) KOPI

10. (Apa yang tertumpuk di atas meja) DRAFT NOVEL

GOOD!

Akhirnya kalian mendapatkan 10 kata dari MEJA : KERTAS, BERCECERAN, KURSI, KECOA, PERFEKSIONIS, AIR, KOSONG, RADIO, KOPI, dan DRAFT NOVEL.

Setelah itu, masing-masing dari 10 kata itu, buatlah sebuah kalimat atau pertanyaan!Ingatlah untuk GO WILD!

1. KERTAS : Apa kertas yang dikunyah itu ada rasanya?

2. BERCECERAN: Ada air berceceran di atas kertas-kertas berharga itu, membuatnya diliputi kegelisahan.

3. KURSI: Tetangga sebelah sering mendengar kursi Mathew berdecit beberapa kali di tengah malam buta.

4. KECOA: Mathew berusaha untuk mengajak bicara seekor kecoa yang selalu menemaninya kala melembur menyelesaikan tugas di malam hari.

5. PERFEKSIONIS: Meskipun dari luar Mathew terlihat sangat berantakan, dia sebenarnya sangat perfeksionis untuk urusan penyelesaian novel.

6. AIR: Seringkali kecoa itu berenang di atas kubangan air di dalam ember yang digunakan sebagai penadah air hujan yang merembes masuk ke ternit lalu meluncur turun, hampir mengenai draft novelnya.

7. KOSONG: Selama beberapa hari, meja itu menjadi kosong, tidak ada kehidupan.

8. RADIO: Meski tidak berfungsi, radio itu dapat berbunyi dan mengeluarkan suara di pikiran Mathew. Membuat Mathew berdansa dengan angin, atau tertawa-tawa sendiri.

9. KOPI: Segelas kopi pahit menemaninya menulis.

10. DRAFT NOVEL: Pada akhirnya novel itu basah oleh kecerobohan kecoa yang sanggup menumpahkan isi ember penadah hujan, membuat Mathew marah besar.

Setelah selesai, silakan untuk membuat synopsis. Kalian bisa memakai semua modal 10 kalimat tersebut, atau menghilangkan beberapa. Jangan terlalu kaku atau takut. Fleksibel saja.🙂

SINOPSIS:

Mathew adalah seorang penulis novel yang hidup di sebuah rumah tua seorang diri. Istrinya sudah lama meninggalkannya. Anaknya mati. Kondisi keuangannya tidak terlalu bagus. Karena itu, saat malam tiba, Mathew memasang lilin-lilin sebagai penerangannya, membuat para tetangga sering berburuk sangka tentang rumahnya yang angker. Selain itu, tetangga-tetangganya menjadi pemilik hobby bergunjing tentang kebiasaan Mathew yang mengetik dengan kecepatan yang sanggup membuat kegaduhan pada tengah malam.

Mathew juga kadang-kadang bernyanyi-nyanyi sendirian. Dia merasa radio tua peninggalan ayahnya bisa mengeluarkan suara dan sanggup mendendangkan lagu-lagu kesukaannya. Lalu dia akan menari-nari, berdansa, atau menangis sendirian.

Ada kecoa yang menjadi sahabatnya selama tinggal di rumah itu. Meski kecoa itu tidak bisa bicara, tapi dia selalu mendengarkan keluhan-keluhan Mathew. Tentang rasa laparnya tapi malas berkebun demi sesuap ketela, kerinduannya dengan istri yang pergi begitu saja meninggalkannya, kepedihannya saat melihat anaknya mati karena penyakit di pangkuannya, dan lalu cita-citanya bahwa suatu hari nanti novel yang sedang dibuatnya itu bisa memperbaiki hubungannya dengan istrinya.

Beberapa hari, meja itu tiba-tiba sunyi. Mathew terserang malaria sehabis membersihkan tanaman liar di kebun belakangnya. Kecoa sendiri tidak bisa beruat apa-apa selain menjaga hasil kerja keras Mathew dengan baik.

Saat Mathew kemudian sembuh dan mulai bisa menulis lagi dan menyelesaikan bab terakhir, kecoa melakukan kecerobohan dengan berenang di ember yang isi genangannya belum sempat dibuang oleh Mathew. Ember itu terletak di atas rak, dengan draft novel persis di bawahnya. Isinya tumpah dan lalu membasahi seisi meja, termasuk sebagian besar draft novel milik Mathew.

Mathew kalap. Dia lalu melempar tubuh kecoa itu dan menginjaknya sampai mati.

Sinopsis ini bisa untuk pembuatan cerpen dengan jumlah 8 halaman. Atau bisa juga novel, minimum 100 halaman.😀

SEE? SEE?? SEE???

Hehehehe.

Good luck,guys!
🙂

Best Regards,
-Rana-

 

20 CommentsChronological   Reverse   Threaded

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on May 12, ’11
Aih, materi keren, Kakak! You are a really good writer and, im sure, you are good writing-trainer also. Yihiiy!

jampang
jampang wrote on May 12, ’11
keren…. tipsnya
*bisa gak yah

ninelights
ninelights wrote on May 12, ’11

Aih, materi keren, Kakak! You are a really good writer and, im sure, you are good writing-trainer also. Yihiiy!

Ah,kakak! Kan lum baca nopelku ah..semoga cepet selesai yah,jadi bisa tau pendapat kakak yang sesungguhnya..*ngiklan big brother :D*

ninelights
ninelights wrote on May 12, ’11
jampang said

keren…. tipsnya*bisa gak yah

semoga bermanfaat,Mas..

bisa bisa sajaa..
ada kemauan pasti ada jalan!:)

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on May 12, ’11
Nopel yang mana, Kakak? Yang judulnya sepanjang halaman kover depan-belakang itu yah?

Huhahaha .. hush

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on May 12, ’11
Enggak, maksudku writer secara keseluruhan. Ketika dia bisa merunutkan ilmu atau luasnya ketika dia bisa ‘mengatakan’ apa yang ingin dia katakan atau paparkan, kan sudah bisa disebut penulis yang baik?

ninelights
ninelights wrote on May 12, ’11

Nopel yang mana, Kakak? Yang judulnya sepanjang halaman kover depan-belakang itu yah?Huhahaha .. hush

heeee-eeeehhhh!
:)))

tapi dipikir-piir aku kok gak tega yah..
eh tapi gak papa juga kan yah
tren terbaru gitu kan..
tar jadi best seller gitu kan..

:)))))

mayamulyadi
mayamulyadi wrote on May 12, ’11
Cateeetttttt…

Udah lama ga baca… Keseringan main ama bayi :)))))))

ninelights
ninelights wrote on May 12, ’11

Enggak, maksudku writer secara keseluruhan. Ketika dia bisa merunutkan ilmu atau luasnya ketika dia bisa ‘mengatakan’ apa yang ingin dia katakan atau paparkan, kan sudah bisa disebut penulis yang baik?

Ah,kakak..kata-katamu membuatku malu..:)

masih jauh rasanya perjalanan menuju penulis yang baik, terlebih profesional,kakak..
Rana masih belum pantas..perlu 10 atau 30 buku terbit, baru pantas rasanya.

Cuma membagi apa yang Rana mudeng aja,kakak Desi…
Semoga berkenan..

ninelights
ninelights wrote on May 12, ’11

Cateeetttttt…Udah lama ga baca… Keseringan main ama bayi :)))))))

Ora opo-opo,Mbak Maya..
n_n
ayo,disebarkan disebarkan..:)

ekspresilepas
ekspresilepas wrote on May 12, ’11
O, novel pertamanya dah muncul ya?
Ketinggalan info nih..

Selamat yaa😀

ninelights
ninelights wrote on May 12, ’11

O, novel pertamanya dah muncul ya?Ketinggalan info nih..Selamat yaa😀

hehehe..
tuh ada di sebelah kanan..terpajang selalu, menggoda iman..hehehehe

terima kasih,Mbak Dian…:)

darnia
darnia wrote on May 12, ’11
hoooooooooooooooooooo
keren😄

dan saia akan setia membaca karyanya🙂

onit
onit wrote on May 12, ’11
lutju banget ceritanyaaa😀

go wild = kreatif🙂

ninelights
ninelights wrote on May 12, ’11
darnia said

hooooooooooooooooooookeren XDdan saia akan setia membaca karyanya🙂

makasih,Dani..
#tersipumalu

Amin. Terima kasih lagi..

ninelights
ninelights wrote on May 12, ’11
onit said

lutju banget ceritanyaaa :Dgo wild = kreatif🙂

hehe.

myelectricaldiary
myelectricaldiary wrote on May 13, ’11
point nomer 1 ^^
tau gak, ray ituh bisa nulis cerpen, ketika abis baca buku..
makanya kalau lagi kejatuhan ilham bikin cerita, artinya ray abis baca buku tuh..
walaupun buku dasar2 kesehatan masyarakat,hahahahaha

malachinovel
malachinovel wrote on May 13, ’11
trims sdh berbagi

ninelights
ninelights wrote on May 13, ’11

point nomer 1 ^^tau gak, ray ituh bisa nulis cerpen, ketika abis baca buku..makanya kalau lagi kejatuhan ilham bikin cerita, artinya ray abis baca buku tuh..walaupun buku dasar2 kesehatan masyarakat,hahahahaha

gakpapa,Raya..
Penulis yang baik juga memang sebaiknya juga menjadi pembaca yang baik.
Gak peduli dapet dari mana idenya..
gih terusin bacanya, biar nongol tuh cerpennya lagi..:)

ninelights
ninelights wrote on May 13, ’11

trims sdh berbagi

sama-sama,Mala..
dulu tips ini pernah Rana share di twitter..tapi gak selengkap ini..dan Rana udah lupa bentuk sharingannya gimana..
jadi ngarang indah lagi,buat ide lain lagi, dibagi disini..semoga bermanfaat buat semua yang kesusahan nyari ide yak!:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s