Day 15/30 Days of My Journey (2nd Novel) : Counting

Day 15/30 Days of My Journey (2nd Novel) : Counting May 13, ’11 10:59 AM
for everyone
Saya sedang menghitung-hitung. Kalau saya memutuskan membuat 120 halaman, berarti setiap hari minimal 4 halaman. Dan sekarang sudah day 15. Dan sudah 46 halaman. Tapi kalau berniat memutuskan akan 200 halaman, berarti minimal setiap hari akan 9 halaman! Sementara,mood nulis saya turun naik.

Membaca nasehat-nasehat para penulis yang sudah pengalaman, dalam menyelesaikan perjuangannya menulis novel ‘menyuruh’ kita untuk let it flow aja. Tidak perlu khawatirkan akan berapa halaman cerita yang kita tulis. Tapi beberapa menargetkan, lengkap dengan jumlah halaman, bab dan isi-isi tiap babnya akan seperti apa. Pasti akan ada kelebihan dan kekurangannya. Apalagi jika kita memilih pilihan terakhir yang akan digunakan untuk penerapan kita menulis.

Mengingat, pekerjaan yang terburu-buru itu akan digauli sama syeiton😀, memang ada baiknya nanti, setelah 30 hari lewat, saya biarkan mengendap dulu seminggu, lalu proses editing seminggu. Sebelum kemudian dibaca-baca untuk mencari kelebihan dan kekurangan sebelum kemudian menambah atau mengurangi yang perlu dan setelah mantap, baru mengirimkannya ke penerbit.

Dan sekarang saya sedang terserang sakit kepala dan tenggorokan kering. Sepertinya akan flu. Mungkin karena tadi pagi baru bobo jam empatan kurang. Bangun sebentar untuk sholat subuh, lalu tidur lagi dan bangun jam sembilan.

Ah..semoga lancar..

Mungkin ada baiknya saya break dulu yah. Reading book akan menjadi pilihan yang bagus..

Anyho, di samping berusaha konsisten menulis novel, dan menyelesaikan job illustrasi, saya juga berusaha rajin lagi membaca novel dan kumpulan cerpen yang menumpuk di rak. Lumayan juga untuk nutrisi otak. Dan Alhamdulillah sudah melunasi A Wringkle in Timenya Madeleine L’Engle untuk fiksi dan satu buku motivasi non fiksi. Bukan sesuatu yang besar, memang. Tapi, kemajuanlah. He.

Best Regards,

-Rana- 

 

16 CommentsChronological   Reverse   Threaded

darnia
darnia wrote on May 13, ’11
yoo..semangat, Ran!!!

counting kayak gini bikin keinget pas dulu masih aktif ngomik
perut mules kebanyakan kopi, mata pedes kurang tidur, tapi begitu liat hasil yang udah dicapai, rasanya “penderitaan” itu sepadan😄

jampang
jampang wrote on May 13, ’11
semoga sukses mbak…. tapi jangan lupa dengan kesehatan

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on May 13, ’11
Memang mbokdhe, eh, kakak, saat menulis ya menulis aja. Tapi kalau saat istirahat bikin target juga ga bisa ditinggalin. Penting buat perencanaan. Menulis kan pekerjaan serius, Kakak? Semangat!!

–ketjoep mbokdhe i Dan–

lho?

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on May 13, ’11
Mata pedes? Lha sambel kok didulitne ning mripat to, i Daaan!! *culek*

X(

malachinovel
malachinovel wrote on May 13, ’11
gud luck

ninelights
ninelights wrote on May 13, ’11
darnia said

yoo..semangat, Ran!!!counting kayak gini bikin keinget pas dulu masih aktif ngomikperut mules kebanyakan kopi, mata pedes kurang tidur, tapi begitu liat hasil yang udah dicapai, rasanya “penderitaan” itu sepadan😄

hehehehe..
Insya Allah nanti juga begitu hasilnya yah,Dani..
terima kasih semangatnyaaaaaaa…:)

ninelights
ninelights wrote on May 13, ’11
jampang said

semoga sukses mbak…. tapi jangan lupa dengan kesehatan

Amin.
Iya..terima kasih,Mas Rifki..
kadang Rana juga berpikir apa Rana terlalu memaksakan diri(hingga kadang mengabaikan kesehatan)? tapi kalau tidak begini, pasti pekerjaan ini akan sukses tertunda entah kapan…

ninelights
ninelights wrote on May 13, ’11

Memang mbokdhe, eh, kakak, saat menulis ya menulis aja. Tapi kalau saat istirahat bikin target juga ga bisa ditinggalin. Penting buat perencanaan. Menulis kan pekerjaan serius, Kakak? Semangat!!–ketjoep mbokdhe i Dan–lho?

😀
Yes,itu right!hehehe

ninelights
ninelights wrote on May 13, ’11

gud luck

thank you,Mala..:)

onit
onit wrote on May 13, ’11
eh kadang2 terburu2 bikin adrenalin rush trus malah jadi fokus =))
pernah ngalamin gak?

ninelights
ninelights wrote on May 13, ’11
onit said

eh kadang2 terburu2 bikin adrenalin rush trus malah jadi fokus =))pernah ngalamin gak?

novel pertama,Mbak Onit.
First readernya aja sampe negur, ‘kok buru-buru banget, memang mau diterbitkan dimana sih?’
😀😀😀😀😀
#geyalgeyol hehehe

onit
onit wrote on May 13, ’11
hehe yg penting lancar🙂

tapi kalo utk edit emang bagusan mengendap dulu semingguan..

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on May 13, ’11
Gut Lak Je

ninelights
ninelights wrote on May 13, ’11
onit said

hehe yg penting lancar :)tapi kalo utk edit emang bagusan mengendap dulu semingguan..

iya,Mbak,yah..
kasian otak saiyah nanti..
bisa hang…
tar susah saiyah..
:))

ninelights
ninelights wrote on May 13, ’11

Gut Lak Je

heh?Je?Je sopo Mas Bambang?

myelectricaldiary
myelectricaldiary wrote on May 13, ’11
mau ray doain dari kendari? ;-p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s