[Random Snippets Kitchen] Banana Fancy Free Ala Rana

[Random Snippets Kitchen] Banana Fancy Free Ala Rana Aug 17, ’11 6:32 PM
for everyone
Bagi saya, semudah apa pun tema masakan itu kalau bahan-bahannya, juga cara memasaknya tidak sesuai dengan ‘kode etik’ how to-nya, pasti akan berujung… berantakan. Tidak hanya itu saja, rasanya juga pasti akan tidak karu-karuan. :)) Kemungkinan bagi orang-orang yang bersedia menjadi korban pencicipan dari apa yang saya hidangkanlah yang paling menderita.hahaha.

Mengikuti lomba Mbak Vina dengan pilihan menu kedua dari tiga yang harus dipilih di RandomSnippets Challenge, kali ini saya memilih ‘kesederhanaan lagi’, Banana Fancy Free. Saya memilih minuman ini, karena kebetulan resep ini cocok sekali untuk menu buka puasa di sore hari.

Jadi, demi tantangan Mbak Vina ini, maka pagi-pagi sekali dan belum tidur dari hari sebelumnya😄,saya dan ibu saya ipik-ipik berkunjung ke pasar, membeli bahan-bahan kebutuhan yang belum ada di rumah untuk dua resep masakan saya sekaligus.

Lalu setiba di rumah, saya langsung menyiapkan bahan-bahan tersebut untuk sesi pemotretan, dilanjut dengan memulai prosesnya. Kemungkinan karena saya masih pemula sekali dan belum pandai soal perkiraan bahan, jadi saya memasukkan pisang itu terlalu banyak di blender, juga susunya yang ditambah dengan es batu, maka sewaktu diblender, isi di dalam agak membuncah keluar.😄 Lain soal, sirup baru beli milik saya ternyata keenceran. Ndak bisa deh ala resto gitu jadinya, Huhu. T_T

Salam

Rana-

=============

Bahan:

. 3 buah pisang ambon, kupas, potong-potong. (Saya ganti pisang ambonnya dengan pisang kepok. Mungkin untuk yang pengen nyoba, kasih empat buah aja. Jangan kayak saya, enam. Imajinasi terlalu lebay dan sok tahu tentang bentuk pisang ambon yang gede dan memanjang jadinya ya gitu deh. – -“)

. 350 cc susu segar (saya beli 3 susu bubuk sachet merk dancow, lalu saya tuang di ‘teko’ dan dicampur dengan air hangat, aduk-aduk, lalu dibiarkan sedikit dingin. Sejujurnya saya tergolong orang yang tidak begitu suka susu. Tapi saat tadi sudah bisa mencicipi apa yang saya buat sendiri, rasanya lebih dominan ke pisang daripada susu. Ya mungkin kesoktahuan yang ngasih 6 biji itulah yang menolong saya pada akhirnya,hahahay)

.10 sdm es serut (saya memakai es batu biasa)

. Sirup cokelat atau susu kental manis rasa cokelat (saya ganti dengan sirup rasa framboz yang warnanya merah, dan ternyata…keenceran – -“. Untuk yang ingin mencoba, bisa pakai susu kental manis rasa cokelat atau sirup merah(strawberry) sesuai saran Mbak Vina)

. 4 buah kurma (ini menu tambahan sebagai penghias bila tidak suka dengan yang terlalu manis semacam ceres atau sejenisnya)

Cara:
1. Masukkan pisang, susu cair, dan es batu ke dalam blender. Haluskan.


2. Tuang sirup ke sekeliling gelas sambil putar gelasnya agar seluruh tepi berwarna sesuai dengan sirup yang dipakai. Karena saya gagal melakukannya, maka saya memakai teknik ‘main kasar’ dan lalu memberikan sentuhan kecil diatas Banana fancy free.
3. Taburkan kurma yang sudah dipotong kecil-kecil



4.
Nikmati sewaktu buka puasa, atau pada waktu malam, saat santai dan menonton film kesayangan.

Tags: ,
19 CommentsChronological   Reverse   Threaded

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on Aug 17, ’11
wah wah wah

ninelights
ninelights wrote on Aug 17, ’11

wah wah wah

kenapa kenapa kenapa

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on Aug 17, ’11
pingin…

ninelights
ninelights wrote on Aug 17, ’11

pingin…

di sini masih ada dua gelas,kakaaaak…
kalo mau,tar tak pm’ke… ceritane tok tapi. :-p

onit
onit wrote on Aug 17, ’11

ipik-ipik

iki boso ngendhi tha? aku kok suka pakai ini juga =))

ummuyusuf24
ummuyusuf24 wrote on Aug 17, ’11
wah enak ini

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on Aug 17, ’11
aku sugar talk kok, Kakak. soale maca proses nggawene kok aku dadi ora yakin ..

#hening

huhahaha.. *terdengar sayup”* kacange piye? kek’ke Pera waeee..!! *lhoh, nyambunge adoh men😄

dieend18
dieend18 wrote on Aug 18, ’11
bahannya simple ya…. jadi pengen nyoba juga….

ninelights
ninelights wrote on Aug 18, ’11
onit said

iki boso ngendhi tha?

Aku diajari malambulanbiru,Onit😄

ninelights
ninelights wrote on Aug 18, ’11

wah enak ini

dicoba dicoba dicoba🙂

ninelights
ninelights wrote on Aug 18, ’11

aku sugar talk kok, Kakak. soale maca proses nggawene kok aku dadi ora yakin .. #hening

*keselek Sakhrukh Khan*
kuwi jenengke ngunggahke ngajak mlaku-mlaku ndelok pemandangan ning lantai telu las njuk ditibakke,kakak… – -”

*nangis cantik*

ninelights
ninelights wrote on Aug 18, ’11

huhahaha.. *terdengar sayup”* kacange piye? kek’ke Pera waeee..!! *lhoh, nyambunge adoh men😄

*lagi keselek kacang ketokmen,kak sing dirasani urung teko… :-p*

ninelights
ninelights wrote on Aug 18, ’11

bahannya simple ya…. jadi pengen nyoba juga….

iya!sederhana!🙂

puritama
puritama wrote on Aug 18, ’11
boleh nih..
Coba ah.

*nglirik komen

bahagia sekali kalian ngobrolin aku, kaka kaka…
*mendadak ngartis
*ketwok di jalan

krik.

ummuyusuf24
ummuyusuf24 wrote on Aug 18, ’11
Wah wis imsak,g jd nyoba

tintin1868
tintin1868 wrote on Aug 18, ’11
enak ya buka pake ini, segeeeerrr deh.. apalagi pake taburan kurma..

jahewangi
jahewangi wrote on Aug 19, ’11
mo minum ini pagi ini…. kirim dong jeng.

*ngiler*

revinaoctavianitadr
revinaoctavianitadr wrote on Aug 22, ’11

Sejujurnya saya tergolong orang yang tidak begitu suka susu. Tapi saat tadi sudah bisa mencicipi apa yang saya buat sendiri, rasanya lebih dominan ke pisang daripada susu. Ya mungkin kesoktahuan yang ngasih 6 biji itulah yang menolong saya pada akhirnya,hahahay)

Susunya bisa di-skip, sebenernya.
Ganti aja pake air biasa.
Atau kalo mo lebih kreatif, dituker pake air garam, Ran!
Dijamin ancur …

*panitia sarap*

revinaoctavianitadr
revinaoctavianitadr wrote on Aug 22, ’11

sirup baru beli milik saya ternyata keenceran.

Salah satu sirop fav-ku: Tjampolay yang rasa pisang susu.
Udah pernah nyobain?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s