[Random Snippets Kitchen] Fried Egg with Lemon Sauce ala Rana

[Random Snippets Kitchen] Fried Egg with Lemon Sauce ala Rana Aug 19, ’11 7:30 PM
for everyone
I love egg! Kecintaan saya terhadap telur ini kemungkinan besar karena dulu persis setelah lulus kuliah saya pernah total menjadi pengangguran dan tidak ada ‘pekerjaan lain’ selain berdiam di rumah, maka dikala perut sedang lapar dan belum ada makanan lain terhidang, saya sangat sering sekali membuat telur. Telur yang saya pegang ini biasa saya buat jadi ceplok, dadar, omelet (ini ditambahi tepung dan merica dan sayuran sedikit), atau diorak-arik.

Nah, berhubung di RandomSnippets Challenge-nya Mbak Vina, ada menu telor ceplok juga, maka saya tak ragu-ragu untuk memilih menu Fried Egg with Lemon Sauce! Sesuai pengakuan si empu pembuat resep ini, memang judulnya agak nggaya sih. Dan kalo ditranslatein menjadi Telur ceplok dengan Saus Lemon! *cengir cantik* Tapi tetep enak dong! Yuk mari dipraktekkan! So easy and so yummy!

Salam

Rana

====================

 

Bahan untuk Saus:
1/2 cup gula pasir halus
1/4 sdt garam
1 sdm tepung maizena
1 sdm parutan kulit lemon
2 sdm air perasan lemon
1 sdm mentega
1 cup air mendidih

Cara:
1 Tuangkan gula pasir, tepung maizena dan garam ke dalam panci ukuran sedang
2 Masukkan air mendidih
3 Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai kuah berubah kental dan bening.
4 Masukkan parutan kulit lemon, air perasan lemon, dan mentega. Aduk rata.

Karena pagi dini hari ini saya kurang tidur, maka saya pribadi,mula-mula membuat sausnya terlebih dahulu untuk kemudian dimasukkan ke dalam kulkas sehingga dikeluarkan beberapa jam kemudian saus lemon yang semula terlihat bening, berubah menjadi kental,padat dan berwarna seperti biji jeruk lemon.

 
Bahan untuk telor ceplok:
2 butir telur (untuk 2 orang saja)
garam dan merica (saya hanya menggunakan garam saja, tanpa merica. Dan sudah enak!)
1 sdm mentega

Cara:
1 Lelehkan 1 sdm mentega di atas wajan.
2 Buat si api biru menyala sedang.
3 Pecahkan telor dan tuang sedikit dekat dan perlahan-lahan ke dalam wajan agar bentuknya cantik.
4 Taburi garam secukupnya di atas telur.
5 Tunggu hingga bagian putih dan kuningnya sedikit mengeras (tanpa dibalik)
6 Angkat, tiriskan sebentar dan lalu pindahkan ke piring saji yang sudah dihiasi irisan jeruk lemon, potongan seledri serta saus lemon.

Sajikan telor cepok itu hangat-hangat, untuk 2 orang!

Bon Appetit!

 

Tags:
29 CommentsChronological Β  Reverse Β  Threaded

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Aug 19, ’11
Random sunipet

nawhi
nawhi wrote on Aug 19, ’11
wah telurnya unyu2

dieend18
dieend18 wrote on Aug 19, ’11
Sepakat ama ihwan, telurnya unyu2πŸ™‚

addicted2thatrush
addicted2thatrush wrote on Aug 19, ’11
ngelih aku..

orangjava
orangjava wrote on Aug 19, ’11
Tak coba yak???
Salam masak………..

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on Aug 19, ’11

Sepakat ama ihwan, telurnya unyu2πŸ™‚

ho-oh.

nawhi
nawhi wrote on Aug 19, ’11
hore dapat 2 suara halaah

ninelights
ninelights wrote on Aug 20, ’11

Random sunipet

nanti digantung Mbak Vina loh ngrubah-ngrubah… :-p

ninelights
ninelights wrote on Aug 20, ’11
nawhi said

wah telurnya unyu2

makacih…
*sodorin telor mentahnya* :-p

ninelights
ninelights wrote on Aug 20, ’11

Sepakat ama ihwan, telurnya unyu2πŸ™‚

acik…
makacih…
*tersipu-sipu*

ninelights
ninelights wrote on Aug 20, ’11

ngelih aku..

maem toh,kang… :-p

ninelights
ninelights wrote on Aug 20, ’11

Tak coba yak???Salam masak………..

ho-oh.
celamat memasak!πŸ™‚

ninelights
ninelights wrote on Aug 20, ’11

ho-oh.

acik.
:-p

#iki ora mung sugar talk to,Kak?

orangjava
orangjava wrote on Aug 20, ’11

ho-oh.
celamat memasak!πŸ™‚

Besok aja, sekarang telentang kenyang..diranjang…beuuuuuuuuuuu

ninelights
ninelights wrote on Aug 20, ’11

Besok aja, sekarang telentang kenyang..diranjang…beuuuuuuuuuuu

kewaregen es buah yaaaah,Mbaaah? :-p

orangjava
orangjava wrote on Aug 20, ’11

kewaregen es buah yaaaah,Mbaaah? :-p

Yoooooooo…weh penuh perut ku…beuuuuuuuuuu

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on Aug 20, ’11
hahaha. ora ST, Na.
tapi telurnya msih keliatan rada ‘klomoh’ minyak (dr mentega), jal ‘ditus’ rada suwi sakedik.

myshant
myshant wrote on Aug 20, ’11
halo Rana, saus lemonnya keren sekaliπŸ™‚

tintin1868
tintin1868 wrote on Aug 22, ’11
lebih cepat parut lemon utuh dibanding udah dipotong2 loh..
seger ya.. enak deh bikin telor ceplok dikasih saos lemon.. tapi ku sebener ga gitu suka telor ceplok setengah matang.. buat difoto jadi bagus sih ya..

rembulanku
rembulanku wrote on Aug 22, ’11
aku aslinnya pengen nyoba
tapi kalo liat telurnya yang masih setengah matang
jadi ogah2an makannya

fendikristin
fendikristin wrote on Aug 22, ’11
wah seru banget nih Ran…kayak di tempat-nya Mbak Tintin…menggugah selera deh foto2nyaπŸ˜€

revinaoctavianitadr
revinaoctavianitadr wrote on Aug 22, ’11
Ran, sausnya kok keliatan kental, ya?
Soalnya yang punyaku itu encer.
hihi, maaf kalo cerewet.
Just curious …

Eh, tapi beneran suka, toh?

ninelights
ninelights wrote on Aug 22, ’11

hahaha. ora ST, Na.
tapi telurnya msih keliatan rada ‘klomoh’ minyak (dr mentega), jal ‘ditus’ rada suwi sakedik.

πŸ˜„.
Hu-uh.Memang kurang sabar dikit ngetusnya sih.Selak buko.πŸ˜„

ninelights
ninelights wrote on Aug 22, ’11
myshant said

halo Rana, saus lemonnya keren sekaliπŸ™‚

Eh,masa?
wah,terima kasih kalo gitu…:)

ninelights
ninelights wrote on Aug 22, ’11

lebih cepat parut lemon utuh dibanding udah dipotong2 loh.

Iya,Mbak.Setuju!
Soalnya kalo dipotong-potong dia kan ‘letoy’πŸ˜„
Tapi gakpapa. Sisanya lumayan banyak,bisa buat maskeran.XD

ninelights
ninelights wrote on Aug 22, ’11

seger ya.. enak deh bikin telor ceplok dikasih saos lemon.. tapi ku sebener ga gitu suka telor ceplok setengah matang.. buat difoto jadi bagus sih ya..

Iya. Saos lemonnya seger!
Sayangnya saos lemonku udah padat waktu kusuguhkan, jadi gak bisa ikut bersatu di telor kuningnya.Tapi tetep enak!b^_^d

ninelights
ninelights wrote on Aug 22, ’11

aku aslinnya pengen nyoba
tapi kalo liat telurnya yang masih setengah matang
jadi ogah2an makannya

jadi muleg ya,Mbak Lala, rasanya, ning weteng?
πŸ˜„
Dulu waktu pertama-tama ada rasa ini juga, tapi sekarang, malah merasa kegirangan kalo ada telur setengah mateng yang lumer-lumerin cairan kuningnya gitu.XD

ninelights
ninelights wrote on Aug 22, ’11

wah seru banget nih Ran…kayak di tempat-nya Mbak Tintin…menggugah selera deh foto2nyaπŸ˜€

Hehehe.Makasih, Mbak Kristin.πŸ™‚
Yang jelas, Mbak Tintin mah lebih expert dalam hal masak-memasak daripada saya.

ninelights
ninelights wrote on Aug 22, ’11

Ran, sausnya kok keliatan kental, ya?Soalnya yang punyaku itu encer.hihi, maaf kalo cerewet.Just curious …Eh, tapi beneran suka, toh?

Jadi begindang,Mbak Vina.
*ajakin Mbak Vina duduk cantik*
Karena hari sebelumnya belum bobo,maka Rana buat saus lemonnya terlebih dahulu,pagi-pagi.
Memang waktu dibikin dan jadi bentuknya padat tapi encer dan rada bening.

Setelah dingin, Rana masukkan ke kulkas dan Rana lalu bobo cantik dweh.
Sorenya, sebelum waktu buka puasa, Rana mulai deh memasak telur ceploknya.
Begitu Rana mau ambil sausnya, wauw, pantastis! #halah tuh saus berubah bentuk! :))

ya sudah, Rana tetap pakai saja, karena setelah buka dan dicicipi rasanya tetap enak. Begitu…

Demikian kiranya…
*senyum manis* *halah*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s