[Random Snippets Kitchen] Gecok Tempe ala Rana

Aug 9, ’11 11:25 PM
for everyone
Mbak Vina yang ibarat kata megang buah labu aja, tuh labu bisa disulap jadi makanan enak yang bikin ngiler masih ngaku kalau beliau itu amatiran soal masak-memasak. Lha, apalagi saya?! *ngakak keliling Simpang Lima – rumah pp*Tapi karena sudah janji, dan tentu saja karena percaya bahwa sesuatu di dunia ini bisa dipelajari asalkan ada niat dan kemauan, maka dengan ini saya menantang diri saya untuk mau belajar memasak (yang agak susah, menurut saya XD).

Pilihan pertama untuk tantangan RandomSnippets Challenge dari tiga resep yang wajib dipilih dilapaknya Mbak Vina adalah Gecok Tempe.

Happy Cooking!

-Rana-

====================================Bahan-bahan:
– 300 gr tempe, dipotong-potong lebar

(saya memakai tempe yang dibalut daun pisang,bukan papan, sebanyak 4 buah)
– 75 ml air (kurang lebih)
– 1 sdt garam (saya kurangi sedikit)
– 1 sdt ketumbar bubuk
(tidak ada bubuk, maka saya memakai rumus kira-kira dan lalu ketumbar saya tumbuk di ulekan)
– 3 siung bawang putih, haluskan
– Mentega (untuk memasak)
– Kol (untuk lalapan)

Bahan sambal:
– 6-10 cabe rawit (tergantung pengen sepedes apa)
– 1-2 siung bawang putih
– 1/2 sdt garam
– Terasi sesuai selera (tambahan bumbu)
– 4 siung bawang merah (tambahan bumbu)

Directions:
1 Campur garam, ketumbar bubuk, bawang putih dan air.
Rendam tempe dengan campuran tersebut

Note: Biasanya ibu saya suka merendam tempe tersebut hanya dengan garam dan air dan lalu disimpan dalam kulkas semalaman. Itu rasanya saja sudah enak. Apalagi ada tambahan bumbu lain. Maka kemudian saya ikuti sesuai resepnya Mbak Vina)
2 Panaskan mentega di atas wajan.
3 Goreng tempe sampai matang. Setelah tempe berubah kecoklatan, angkat, tiriskan di atas piring.
4 Bikin sambal
Ulek cabe rawit, bawang putih bawang merah, terasi dan garam sampai halus.
5 Panaskan mentega di atas wajan.
6 Masukkan sambal dan tumis sebentar.
7 Aduk tempe yang sudah matang tadi dan sambal secara bersamaan di atas cobek lalu gecok (penyet) sesuai selera.
8 Sajikan hangat-hangat bersama nasi, lalapan dan kerupuk.
Tags:
44 CommentsChronological   Reverse   Threaded

asasayang
asasayang wrote on Aug 10, ’11
mantep. .

*secara paling doyan sambal*

an99a
an99a wrote on Aug 10, ’11
hahahaha…jadi gecok tempe itu tempe penyet mbak?😀

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11
an99a said

hahahaha…jadi gecok tempe itu tempe penyet mbak?😀

Hu-uh :-p

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

mantep. .*secara paling doyan sambal*

sahur,sahuurrrrrr….. :-p

onit
onit wrote on Aug 10, ’11
ooo numisnya pake mentega toh..

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11
onit said

ooo numisnya pake mentega toh..

iya,Onit.

#tutup muka
#malu sama yang pada pinter masak

onit
onit wrote on Aug 10, ’11

iya,Onit.

#tutup muka
#malu sama yang pada pinter masak

hihi gak usah malu..
aku gak tau resepnya gimana.

soale aku lebih suka numis2 pake minyak drpd mentega, jd gak pengalaman sama mentega😀

saturindu
saturindu wrote on Aug 10, ’11

300 gr tempe, dipotong-potong lebar

tahu drmn kl itu beratnya 300 gram?
:))

saturindu
saturindu wrote on Aug 10, ’11
kalau gini mah…sambil memejam mata juga bisa ngebuatnya😛

:)))

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11
onit said

soale aku lebih suka numis2 pake minyak drpd mentega, jd gak pengalaman sama mentega😀

kadang aku pake minyak,kadang mentega kok,Onit…

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

tahu drmn kl itu beratnya 300 gram?:))

gak tau… :-p
itu bahan-bahannya copas dari resep Mbak Vina, yang didalam kurun baru jawabanku,kakak…

kakak tau yah berarti?
kakak pinter masak ya berarti?
masakin dong,kak…
nanti tukeran, aku yang ngepos, kakak di dapur..
ya,ya,ya?
*kedip-kedip cantik*

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

kalau gini mah…sambil memejam mata juga bisa ngebuatnya :-P:)))

Iya… iya… yang pinter masak…

*ukrek-ukrek tembok*

saturindu
saturindu wrote on Aug 10, ’11

Iya… iya… yang pinter masak…

*ukrek-ukrek tembok*

maksudnya, yang pinter itu popi…hihi…
dia yang membuat, saya yang memejamkan mata alias ngepos….heueheueh

saturindu
saturindu wrote on Aug 10, ’11

gak tau… :-p
itu bahan-bahannya copas dari resep Mbak Vina, yang didalam kurun baru jawabanku,kakak…

kakak tau yah berarti?
kakak pinter masak ya berarti?
masakin dong,kak…
nanti tukeran, aku yang ngepos, kakak di dapur..
ya,ya,ya?
*kedip-kedip cantik*

oh, gitu…
🙂
kirain pk timbangan, trus dilihat beratnya😀

pinter donk…pinter ngepos pasti
:))

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Aug 10, ’11
Pedes ala Maicih boleh kan?

pennygata
pennygata wrote on Aug 10, ’11
Macem tempe penyet gitu yah Na?
trs tempe digoreng ama mentega itu lak mentegane akeh yo butuh’e?
nek pakek minyak goreng ae boleh kan yah?

yagizaaa
yagizaaa wrote on Aug 10, ’11
ya ampunnn… kayaknya enak banget!!! Aku mau coba ah resep ini! |(^^)/

andiahzahroh
andiahzahroh wrote on Aug 10, ’11
sukaa sama resep ini dari aku kecil dulu, hihi

malambulanbiru
malambulanbiru wrote on Aug 10, ’11
oalaaah.. tempe penyet.

wah, anak wedok ibu sudah bisa masak. besok kawin ya sama nak pak lurah drsa sebelah. dia juragan becak, lho, jadi bisa nganterin dek Nana ngakak simpang 5 – rumah PP gratis. #uopoiki
=”=

yagizaaa
yagizaaa wrote on Aug 10, ’11
patut dicoba!

bearahmat
bearahmat wrote on Aug 10, ’11
kayaknya gampang ya..

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

maksudnya, yang pinter itu popi

kakak,
po’on pisang bisa masak?
*terperangah cantik*

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

pinter donk…pinter ngepos pasti:))

wah..
aku sebagai adeknya kakak,bangga banget! BANGGA!
:))

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

Pedes ala Maicih boleh kan?

Boleh… boleh…
dicampuri sama mercon juga boleh kok,Mas.. kalo Mas Nono mau tapi…:-p

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

Macem tempe penyet gitu yah Na?

yoi,Mbak!

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

trs tempe digoreng ama mentega itu lak mentegane akeh yo butuh’e?nek pakek minyak goreng ae boleh kan yah?

aku pake satu sendok makan mentega tapi mbumbung duwur…😄

boleh boleh aja kok,Mbak…
boleh pake minyak goreng juga…

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

ya ampunnn… kayaknya enak banget!!! Aku mau coba ah resep ini! |(^^)/

Ada Boo datang kemariiii!
*lonjak lonjak*
nanti kalo udah jadi diposting yah,Boo! Pengen liaaaaaaaaaat!hehehe

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

sukaa sama resep ini dari aku kecil dulu, hihi

ah,pasti Mbak udah lebih ahli juga soal masak memasak ini yah…

*malu jadinya* *tutup muka* :-p

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

oalaaah.. tempe penyet

hu-uh!

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

wah, anak wedok ibu sudah bisa masak. besok kawin ya sama nak pak lurah drsa sebelah. dia juragan becak, lho, jadi bisa nganterin dek Nana ngakak simpang 5 – rumah PP gratis. #uopoiki =”=

emm…
ummmm…
errrrrr……….

*pilin pilin baju*
wajahnya kayak sakhrukh khan gak, kakak?

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

patut dicoba!

HU-UH!

ninelights
ninelights wrote on Aug 10, ’11

kayaknya gampang ya..

hu-uh…

*balik badan*
*nangis darah*

rembulanku
rembulanku wrote on Aug 10, ’11
ah, marake pengen

rudyprasetyo
rudyprasetyo wrote on Aug 10, ’11
yummmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

tintin1868
tintin1868 wrote on Aug 11, ’11
nambah berpiringpiring ya makannya gini doang.. bikin laper..

revinaoctavianitadr
revinaoctavianitadr wrote on Aug 12, ’11

Panaskan mentega di atas wajan.

Nggoreng pake mentega enggak ribet, Na?
Karena pengalamanku selama ini, kalo nggoreng pake mentega/butter hasilnya item.
Kecuali kalo mentega/butter tersebut hanya sebagai tambahan (dicampur di dalam minyak).

revinaoctavianitadr
revinaoctavianitadr wrote on Aug 12, ’11

Mbak Vina yang ibarat kata megang buah labu aja, tuh labu bisa disulap jadi makanan enak yang bikin ngiler masih ngaku kalau beliau itu amatiran soal masak-memasak. Lha, apalagi saya?! *ngakak keliling Simpang Lima – rumah pp*

Thanks for the compliment. :))

ninelights
ninelights wrote on Aug 12, ’11
revinaoctavianitadr wrote today at 3:50 PM
ninelights said
Panaskan mentega di atas wajan.
Nggoreng pake mentega enggak ribet, Na?
Karena pengalamanku selama ini, kalo nggoreng pake mentega/butter hasilnya item.
Kecuali kalo mentega/butter tersebut hanya sebagai tambahan (dicampur di dalam minyak).
>>> *nahlo ketauan :))*
Ya,kakak. Aku mulanya pake mentega, lalu kutambahkan minyak agak banyakan, karena yang gorengan yang pertama itu..#UHUK gosong.XD
Aku awalnya mikir itu karena wajannya yang bikin lengket. Karena butternya jauh,maka kugapailah minyak goreng di samping dan kutunag. Dan sekarang jadi tau kenapa itu gosong :I

Yang kedua Alhamdulillah selamet.

ninelights
ninelights wrote on Aug 12, ’11
rembulanku wrote on Aug 10
ah, marake pengen
>>>Ah,Mbak Lala pasti lebih jago masaknya daripada saya…:)

ninelights
ninelights wrote on Aug 12, ’11
rudyprasetyo wrote on Aug 10
yummmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
>>> Ah,Mas Rud, kau lebih pintar di dapur pastinya daripada aku…

ninelights
ninelights wrote on Aug 12, ’11
tintin1868 wrote on Aug 11
nambah berpiringpiring ya makannya gini doang.. bikin laper..
>>>hu-uh…sambelnya enak juga soalnya! *memuji diri sendiri*

ninelights
ninelights wrote on Aug 12, ’11
revinaoctavianitadr wrote today at 3:51 PM
ninelights said
Mbak Vina yang ibarat kata megang buah labu aja, tuh labu bisa disulap jadi makanan enak yang bikin ngiler masih ngaku kalau beliau itu amatiran soal masak-memasak. Lha, apalagi saya?! *ngakak keliling Simpang Lima – rumah pp*
Thanks for the compliment. :))
>>> pan Mbak Vina memang pande memasak daripada eike. Eike pegang labu ya tuh labu tetep aje bosok. T_T

naurazain
naurazain wrote on Oct 5, ’11
fotonya keren teh, apalagi rasanya yah,..
ngak bisa dibandingin, jd malu masakanku ngak enak🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s