Sotoji

Sotoji Mar 20, ’12 12:56 PM
for everyone

 

 

 

 

Sotoji. Paket itu tiba di tempat saya pada tanggal 12 Maret, sore hari. Saat mengintip isinya, ada tiga bungkus berwarna hijau tipis di dalamnya. Dan saat melihat warna bungkusnya, saya mengerutkan kening, “kenapa hijau?” Akan ada gerakan ‘go green’ dalam memasarkan produknya nanti, atau karena warna hijau mengandung makna ‘sehat untuk pencernaan’ ( cocok untuk para vegetarian)? Kalau saya tidak sedang gelap mata karena kelaparan dan cukup waktu untuk mencari informasi lebih lanjut, saya akan bersedia mengenali bungkus produk tersebut dengan lebih mendalam. Mengutip perkataan yang diposting di blog Sotoji, “Kemasan produkSotoji ramah dengan kesehatan tubuh dan lingkungan, karena adanya simbol daur ulang dengan angka 5 di tengahnya dan huruf PP di bawahnya. Karakteristik lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. Kemudian tertera pula gambar gelas dan garpu yang merupakan simbol food grade yang berarti wadah tersebut aman untuk digunakan untuk makanan dan minuman.” Kemungkinan apabila informasi ini ingin ditekankan, simbol-simbol yang terpasang diharapkan lebih eye-catching dan langsung bisa dipahami.

 

Selain itu selama proses memasak saya masih beranggapan bahwa Sotoji adalah sohun rebus biasa. Saya masih beranggapan bahwa sohun tersebut sengaja meniru merk bihun yang ada di pasaran. Meski ada tagline di bawah tulisan Sotoji yaitu Soto Jamur Tiram, saya hanya menganggap tagline itu sebagai pemberitahuan bahwa sohun itu rasanya seperti soto bertabur Jamur Tiram dan bukanlah sebuah brand image bahwa ‘ini adalah Sotoji, Soto Jamur Tiram’, sebagai lauk pelengkap nasi. Ada dominasi pada sohun yang keliatannya bentuk awalnya tipis namun saat dimasak sohun tersebut akan mengembang menjadi banyak dan memenuhi mangkuk. 

 

 

Sepengtahuan saya, di Indonesia, sohun sendiri berbahan dasar pati. Berdasarkan informasi dari Pola Pembiayaan Industri Sohun (Syariah), berbagai macam pati sebagai bahan baku sohun dapat berasal dari umbi-umbian, kacang hijau, jagung, ubi jalar (sweet potato), sagu, aren, midro/ganyong (canna eduliker) dan tapioka. Dan menurut saya, semua bahan tersebut cenderung mengenyangkan perut. Maka apabila Sotoji ini dikatakan sebagai lauk pelengkap nasi, saya rasa kurang pas karena sohunnya mendominasi, bukan melengkapi.

 

Cukup menarik melihat ada Jamur Tiram sebagai pengganti daging untuk menu soto pada soto instan Sotoji tersebut. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) yang dari jauh kelihatan seperti taburan bawang goreng kering tersebut membuat saya penasaran untuk segera mencicipi. Jamur tiram sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein. Dari segi kesehatan, Jamur Tiram memiliki manfaat yang sangat banyak diantaranya berguna untuk mengurangi kelebihan kolesterol, diabetes, anemia, penurunan berat badan, serta dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. Sayang, saat dimasak, tekstur jamur tiram pada Sotoji sedikit agak alot. Meski sudah dua kali mencoba, tetap saja tekstur jamur tersebut tak berubah, tetap agak alot. Mungkin saya yang kurang ahli dalam mengolah masakan tersebut agar tidak terlalu alot untuk disantap. Tetapi ajaibnya, saya tetap mau menghabiskannya. Asiknya lagi adalah, bumbunya pas. Tidak terlalu banyak msg yang berbaur, dan tidak membuat saya berhenti untuk menyantap makanan tersebut sampai tandas!

 

 

 

Buat kamu yang penasaran, silakan klik www.sotoji.com dan memesannya secara online. 

 

-Salam-

Rana Wijaya Soemadi

 

Diikutkan dalam lomba Review Sotoji

 

Foto adalah koleksi pribadi

Leave a Reply

