A Scanner Darkly ( 2 0 0 6 )

Substance D adalah sebuah jenis obat terlarang berbahaya yang tengah beredar luas dan meresahkan warga Orange, sebuah kota kecil di daerah California. Jenis obat ini bisa memisahkan kinerja otak kiri dan kanan dan mengakibatkan pengguna bisa berhalusinasi pada hal yang kelihatan nyata di depannya namun sebenarnya tidak pernah ada di hadapan.Dan akhirnya terjadi kerusakan fungsi pada otak, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Untuk itu polisi mengirim agen rahasia narkoba yang biasa dipanggil Opsir Fred ( Keanu Reeves) untuk bergabung bersama salah satu kawanan pengguna narkoba dan menyelidiki siapa gembong pengedar narkoba yang sebenarnya. Atasannya, Hank, kemudian menugasi dia untuk lebih mengawasi Bob Arctor, salah satu dari sekawanan pemakai narkoba itu, orang yang paling dicurigai karena memiliki hasil jerih payah lebih dari usahanya yang sebagai pekerja pas-pasan, meski pada kenyataannya Bob Arctor adalah Fred sendiri.

Dalam melakukan dan mengemban tugasnya di lingkungan kepolisian, orang-orang yang memiliki peranan sebagai seorang agen rahasia, termasuk Fred, wajib untuk mengenakan pakaian penyamar, sebuah pakaian yang mampu menyembunyikan pemilik identitas asli pemakainya dengan membentuk gambaran sejuta wajah yang tiap detik berganti dan tidak bisa dideteksi dengan teknologi tercanggih sekalipun dalam soal mengenali suara dan wajah. Namun sebelum Fred menyadari bahwa permasalahannya sebenarnya kian dalam, Substance D telah merengut banyak kepentingan, banyak nyawa, termasuk nyawanya sendiri.

A Scanner Darkly adalah film sci-fi graphic animation yang dibuat berdasarkan novel graphic karya dari Philip K. Dick. Kisah yang ditujukan untuk para agen rahasia yang telah lama kehilangan identitas dan berakhir dengan cukup tragis, telah masuk dalam 6 nominasi penghargaan sebagai Best Adapted Screenplay, Best Animated Film(2006&2007) ,Best Supporting Actor( Robert Downey Jr.), Best Dramatic Presentation – Long Form, Feature Film – Limited Release dan berhasil mendapatkan dua penghargaan dari Ausin Film Critics Association dan Online Film Critics Society Awards pada tahun 2007.

Produksi : Warner Independent Pictures, Thousand Words, A Section Eight, Detour FilmProduction, 3 Arts Entertainment
Sutradara dan penulis skenario film : Richard Linklater
Pemain :
Keanu Reeves, Robert Downey, Jr.
Winona Ryder, Woody Harrelson, Rory Cochrane

-rana wijaya soemadi-
kotatua kedinginan

6 thoughts on “A Scanner Darkly ( 2 0 0 6 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s