Aku dan Komik

Aug 4, ’12 2:41 PM
for everyone

Dengan segala kerendahan hati, mau cerita soal aku dan komik. Ini karena utang ceritaku pada Kakak Ungi-Ungi soal komik di blog reviewnya waktu itu. Agak gak nyambung mungkin jawabannya…tapi semoga bermanfaat yah…

-oOo-

Dulu aku kira komik di dunia ini hanya berasal dari Jepang.  Dengan manganya, dengan Kungfu Boy, Candy-Candy, Yayoi, Kapten Tsubatsa, Detektif Conan dll. Doraemon adalah salah satu manga sepanjang masa sampai saat ini, karena bentukannya juga tetep awet muda begitu di layar televisi :p,  tetapi pada jaman-jaman kecil, lagi suka-sukanya meniru sesuatu, aku paling sering meniru tokoh Sailor Moon dan Saint Seiya, ahehehehe. Sepertinya keren kalau menjadi mereka…”dengan kekuatan bulan akan menghukummu” itu, atau “debu-debu intan” dan sebagainya :))  Dan semua ilustrasi, doodling, coret-coretan yang kubuat, kebanyakan mirip-mirip mereka semua hasilnya.

Dulu bahkan saat kecil, anak-anak suka meniru massal gambar manusia dengan kepala=lingkaran, rambut=strip tiga/empat, badan=garis,  dan gambar pemandangan dengan dua gunung, matahari di tengah, jalan di antaranya sementara di kanan dan kiri penuh air/sawah ahehehehehehehe

Back to topic, sampai tahun 2008 aku juga masih bermanga ria … dan itu tidak salah, sebenarnya… Namanya juga proses belajar. Hanya mungkin hasilnya jatohnya jadi mirip-mirip juga sama manga … jadi tidak ada ciri khas khusus di dalamnya. Setelah mengenal social network dan memiliki teman-teman yang memiliki pengetahuan luas soal ilustrasi,  aku jadi sering menyambangi ‘monyetbuluk’ dan ‘winwinsyalala’ lewat link yang diberikan Timmy Malachi waktu itu. Dan lewat ‘monyetbuluk’ dan ‘winwinsyalala’ itu tadi, aku jadi membuka-buka kontak-kontak mereka yang lainyang rata-rata gambarnya outstanding! Dari sini aku berpindah meniru gmbr yg menurutku rapi, lucu, imut, & ‘menggemaskan’ (lama2 horor ya aku? – -“) Dan rasa peka untuk mengetahui bahwa ‘peniruan’ ini ‘tidak bagus’ untukku itu pun, mulai terasah saat itu… meski belum banyak.  Serapi-rapinya aku berusaha rapi, tipe ‘winwinsyalala’ bukanlah gue banget…  Atau semencoba rajinnya aku berusaha semegah, sedetail dan sekeren http://lorenaalvarez.deviantart.com/ , tetap bukan tipe gue banget…

Lewat Multiply aku kemudian menemukan blog eMTe. Dia adalah ilustrator dari buku dongeng ceritanya Mbak Clara Ng, dan aku terkagum-kagum lihat cara eMTe menggambar secara manual sampai kemudian diberi sentuhan sedikit dengan grafis… Baik karya manual maupun digitalnya, semuanya keren-keren, dan karena eMTe-lah aku termotivasi untuk lebih rajin mengilustrasi gambar dan lalu mengirimkan ke penerbit, berharap diterima menjadi salah satu ilustrator kover buku penerbit meski sebagian besar tak ada respon dari mereka.

Sebagian yang lain bilang karakterku kurang kelihatan dan disuruh banyak-banyak latihan lagi…

Sebagian lain langsung tanya honor meski habis itu bablas angine, numpang nanya doang :))

Dulu Yagizaaa adalah salah satu teman MP yang support agar aku sering publish karya dan atau buat blog sendiri yang khusus buat gambar. Dia sering kasih referensi blog-blog ilustrasi yang bagus agar nanti jejak mereka bisa kuikuti juga di kemudian hari

Lewat Yagizaaa pula aku akhirnya berjodoh ‘bertemu’ dengan Kakak Ungi-Ungi. Dari Kakak Ungi-Ungi, aku bertemu dengan Yasdong dan dari mereka berdua kemudian aku kenalan sama Mas Edwin yang ganteng ini.  Dan mereka semua berkontribusi memperkenalkan komik-komik lokal dan internasional yang outstanding, amazing, berbeda kepadaku (dan buat aku ngerasa aku enggak sendirian di dunia ini #uopo :)) )

Ngomong-ngomong soal awal mula ‘pertemuan’ ku dengan Mas Edwin adalah karena Neil Gaiman. Waktu dulu berkesempatan untuk bertanya langsung dengan Neil Gaiman (mewakili pertanyaannya Kakak Ungi-Ungi) via twitter, Neil bilang bahwa ilustrator favoritnya adalah Dave McKean. And I agree with him.

McKean’s such a great artist. Makin seneng lagi ketika tahu ada anak negeri bernama Asyerabella yang kuliah di Boston (dan akan menikah dan pindah ke South Carolina bulan ini) yang memiliki ciri khas ilustrasi yang kemudian memperkenalkanku pada dunia ilustrasi yang lain. Dari dia aku juga jadi tahu bahwa Indonesia itu punya ilustrator luar biasa baik yang memutuskan untuk menjadi komikus, bekerja sebagai salah satu animator, ilustrator, atau lainnya yang berkaitan dengan seni animasi di Pixar, Walt Disney, dll.

Mbak Asyerabella ini adalah salah satu ilustrator yang kukagumi karya-karyanya. Dan…aku beli buku Dream Catcher-selain bukunya memang bagus, tentu saja-adalah karena ilustratornya Mbak Asyerabella :))

-oOo-

Awalnya aku lebih cenderung untuk menjadi ilustrator buku cerita atau kover designer sementara tetap menulis novel. Dari dulu aku ingin jadi penulis, meski aku juga tak ingin meninggalkan dunia ilustrasi. Dan begitu pula sebaliknya … Aku sempat didera kebingungan sampai kemudian diberikan jodoh untuk ngobrol lebih mendalam dengan Pak Tubagus >> http://svarajati.blogspot.com/

Dianjurkan untuk sering-sering nyeketch terlebih dahulu…Itu petuah Pak Tubagus. (More detail story about it go click here )

Dan sebulan itu-karena kebetulan persiapan kakak menikah dll- aku hanya berhasil mengumpulkan sekitar tiga ratusan dari 500 sketsa.  Aku kira akan dimarahi Pak Tubagus. Tapi ternyata jawabannya diluar perkiraan. XD  (More detail story about it go click here )

 Beliau mengapresiasi karyaku dan membimbingku ke jalan yang lebih benar, sesuai dengan minat. Walhasil, salah satu buah hasil dari nasehat beliau adalah lahirnya Manula ini …

Semoga bisa mewarnai dunia perilustrasian dan perkomikan Indonesia yah. Masih panjang perjalanan, kawan…

Kukira sudah dulu cerita proses nge-komik nya kali yah. Takut gak bisa berhenti, ahehehehe

Terima kasih sudah menyimak…dan selamat menjalankan ibadah puasa yah…:)

#repost dari twitter dan diedit seperlunya di blog ini

44 CommentsChronological   Reverse   Threaded

m4s0k3
m4s0k3 wrote on Aug 4
Beb.. Gambar kamu unyu deh.. Pasti abis dari Klinik Tong Fang :))

roelworks
roelworks wrote on Aug 4
wah, emte memang dari dulu keren … belum pernah baca komik indienya sih ya…judulnya rampoq – gore banget

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Aug 4
Klinik Tong Seng mulu neh hahahaa

ninelights
ninelights wrote on Aug 4
m4s0k3 said

Beb.. Gambar kamu unyu deh.. Pasti abis dari Klinik Tong Fang :))

huahahahahahahaasem tenan
*gilessss*
tadi googling dan isinya parah semua lucunya :))

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

wah, emte memang dari dulu keren … belum pernah baca komik indienya sih ya…judulnya rampoq – gore banget

baru tau tentang “rampoq” ini
googlingggg ah…~~

roelworks
roelworks wrote on Aug 4

baru tau tentang “rampoq” ini
googlingggg ah…~~

GOod luck…ntu komik terbitnya jaman belum ada internet kali …hahaha..

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

Klinik Tong Seng mulu neh hahahaa

ada yang mlesetin jadi tong seng sih di timeline memang…tapi emang lucu
ahahahaha
eh aku dereng foloow panjenengan, id twitteripun nopo?

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

GOod luck…ntu komik terbitnya jaman belum ada internet kali …hahaha..

tadi ketemu…tapi reviewnya doang :))))

bambangpriantono
bambangpriantono wrote on Aug 4

ada yang mlesetin jadi tong seng sih di timeline memang…tapi emang lucu
ahahahaha
eh aku dereng foloow panjenengan, id twitteripun nopo?

@gilanyadiri

roelworks
roelworks wrote on Aug 4

tadi ketemu…tapi reviewnya doang :))))

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

@gilanyadiri

followed.

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

Gak ada juga di MPnya http://anakharam.multiply.com/photos

ohiyo..

*brb masukin linknya beliau*
Dari dulu aku sering intip-intip blog beliau dan kuadd tapi sepertinya karena dulu beliau udah gak aktif … sekarang kuintip lagi dan eh, udah tambah aja itu postingan di photonya :)))))

roelworks
roelworks wrote on Aug 4
bukannya si beliau itu juga ada di FB?

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

bukannya si beliau itu juga ada di FB?

i didn’t know about that until you mentioned it. alamatnya dong kakak? T_T

roelworks
roelworks wrote on Aug 4

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

FBnya Emte

langsung kuadd!! uhyeaaahhh!
thanks a bunch!!

tintin1868
tintin1868 wrote on Aug 4
jadi mengsketsa itu ada prosesnya.. panjang ternyata.. eh olip terlibat juga secara emosional dengan dukungan..

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

GOod luck…ntu komik terbitnya jaman belum ada internet kali …hahaha..

i finally found it, kakaaak :)))
Dan meski masih awal-awal gitu, karyanya tetep aja keren!
gilakkkk!

roelworks
roelworks wrote on Aug 4
wah, ketemu dimana?

onit
onit wrote on Aug 4
Waaah banyak referensi.. Catet ah.. Kapan2 mampir2 ke situ..(lagi pake hp)
kalo gini aku berasa tuwek :p soalnya aku mengenal komik lewat majalah bobo, jauh sblm ada komik jepang masuk.. (ada ilustrator bobo yg kusuka bgt, skrg dah gak ada.. Kmana tuh org ya.. ) nah banyak lihat komik di pak janggut & serial nina yg suka jadi bonus bobo..

edwinlives4ever
edwinlives4ever wrote on Aug 4
Soon you will have to start looking for a publisher abroad. A POD one will do for a start.

martoart
martoart wrote on Aug 4

menemukan blog eMTe.

kirain ini… http://mataharitimoer.multiply.com/, panggilannya juga MT

yagizaaa
yagizaaa wrote on Aug 4
terimakasih kembali rana. krn aku suka banget liat gbr2mu. kalo aku ketemu referensi yg bagus pasti aku segera beritahu🙂 tetap semangat say, gak semua org bisa punya bakat sepertimu🙂

kaklist
kaklist wrote on Aug 4
repost dari twitter ? waduh :p

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

wah, ketemu dimana?

Here😄

ninelights
ninelights wrote on Aug 4
onit said

soalnya aku mengenal komik lewat majalah bobo, jauh sblm ada komik jepang masuk.. (ada ilustrator bobo yg kusuka bgt, skrg dah gak ada.. Kmana tuh org ya.. ) nah banyak lihat komik di pak janggut & serial nina yg suka jadi bonus bobo..

Aku gak kepikiran soal bobo meski juga melewati jaman itu juga yah :))
Duh…

gak ngerti, kakak. Gak ngikuti perkembangannya. Atau ada teman lain yang tahu kabar beritanya?

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

kirain ini… http://mataharitimoer.multiply.com/, panggilannya juga MT

mboten, kakak😀

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

terimakasih kembali rana. krn aku suka banget liat gbr2mu. kalo aku ketemu referensi yg bagus pasti aku segera beritahu🙂 tetap semangat say, gak semua org bisa punya bakat sepertimu🙂

I will do my best …🙂

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

Soon you will have to start looking for a publisher abroad. A POD one will do for a start.

aamiin.🙂

ninelights
ninelights wrote on Aug 4
kaklist said

repost dari twitter ? waduh :p

Dulu, ketika twitter marak dan kebanyakan teman-temanku beralih asik ke sana, aku juga termasuk orang yang ikutan risih waktu mereka ‘cuma’ repost dari hasil tulisan mereka dari dunia lain ke mp tercinta ini …

But, now… saya sadar hal itu bukanlah sebuah masalah besar, apalagi dosa …🙂
Yang paling penting pesannya bisa sampai dan dibaca teman-teman yang lain yang kebetulan tidak memiliki akun di lapak sebelah.🙂

ninelights
ninelights wrote on Aug 4

terimakasih kembali rana. krn aku suka banget liat gbr2mu. kalo aku ketemu referensi yg bagus pasti aku segera beritahu🙂 tetap semangat say, gak semua org bisa punya bakat sepertimu🙂

thanks, Boo! Love youuu!
‘ 3

onit
onit wrote on Aug 5

atau buat blog sendiri yang khusus buat gambar.

ditungguuu😉

akhirnya kulihat semua… monyetbuluk, wiwinsyalala, emte, asyerabella.. asiik paling suka asyerabella, trus yg lutju2 wiwinsyalala, trus monyetbuluk sebagian, trus emte juga suka, asal bukan yg serem2 (doyannya yg lutju2 sih hehe)

roelworks
roelworks wrote on Aug 5, edited on Aug 5
Illustrator Bobo yang mana? Pak Man?
https://www.facebook.com/man.ilustrator

damuhbening
damuhbening wrote on Aug 6
Pagi…bagus…
Salam kenal

darnia
darnia wrote on Aug 6
aiiih…pokoknya ai adore you!!! \(^O^)/
salut sama semangat pantang nyerah, terus belajar, enggak takut dan eksplore kemana-mana…..

Rana, you could be a GREAT illustrator like you want. GUARANTEED!!!

ninelights
ninelights wrote on Aug 6
onit said

ditungguuu😉

sudah sebenarnya. Flickr dan tumblr. Sayang, karena kepala kayak jalan bebas hambatan, jadi riweuh buka sana sini situ sunu :))
sementara di multiply,fb, sama twitter aja deh ya…

ninelights
ninelights wrote on Aug 6
onit said


akhirnya kulihat semua… monyetbuluk, wiwinsyalala, emte, asyerabella.. asiik paling suka asyerabella, trus yg lutju2 wiwinsyalala, trus monyetbuluk sebagian, trus emte juga suka,

mereka semua keren dan punya ciri khas masing-masing dan satu sama lain pasti gak akan bisa niru, Nit. (apalagi aku yang coba niru gambar mereka :)) jadinya super bleh banget :)) )

ninelights
ninelights wrote on Aug 6
onit said

asal bukan yg serem2 (doyannya yg lutju2 sih hehe)

wah, kalo yang ini aku gak janji…
:))

ninelights
ninelights wrote on Aug 6

Illustrator Bobo yang mana? Pak Man?
https://www.facebook.com/man.ilustrator

aku gak tau nama ilustratornya, mas…
nunggu Onit dulu yes?

cc: @onit

ninelights
ninelights wrote on Aug 6

Pagi…bagus…
Salam kenal

sore…terima kasih…

Salam kenal kembali🙂

ninelights
ninelights wrote on Aug 6
darnia said

aiiih…pokoknya ai adore you!!! \(^O^)/
salut sama semangat pantang nyerah, terus belajar, enggak takut dan eksplore kemana-mana…..

Rana, you could be a GREAT illustrator like you want. GUARANTEED!!!

Aamiin aamiin ya robal alamin.
Terima kasih doa dan semangatmu, Dani…

Honestly, aku kadang bingung harus reply apa untuk ‘pujian’ yang kau dan mungkin teman-teman lain berikan untukku, Dani …

Bukan karena pujianmu dan mereka begitu mengerikan…tapi aku tak mengira apresiasinya begitu luar biasa dan somehow, dadaku sesek karena saking terharunya njuk bingung harus merespon bagaimana. Apalagi kalau ada yang berkata-kata seperti itu di depanku.🙂

Once again, thanks for your great support on and behind the scene.
You also great on comic thing, aren’t you?🙂

Let’s make it great together!

*peyuk dani sampe mlenet, tapi endinge aku sing keplenet margo Kakak Desi teko – -“* *iki uopo :))*

darnia
darnia wrote on Aug 6

*peyuk dani sampe mlenet, tapi endinge aku sing keplenet margo Kakak Desi teko – -“* *iki uopo :))*

ahahahhahahahhahaha

kangen kaliaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan *seret dek Pera sisan*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s