Coraline

Saya merasa ajaib saat memasuki bab pertama novel ini. Bukan hanya karena pengarangnya sudah langsung menceritakan tentang gadis kecil bernama Coraline, tentang dua tetangganya yang ajaib, tentang satu tetangga sinting yang memelihara tikus-tikus yang bisa bernyanyi, tentang kebosanan si gadis kecil itu yang menghuni sebuah flat yang memiliki 21 jendela, 14 pintu dan 153 bentuk apa pun yang berwarna biru dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami,
tetapi juga tentang gaya berceritanya dan sudut pandangnya menceritakan sebuah dongeng untuk anak-anak yang berbeda dengan kebanyakan dongeng cerita anak-anak yang biasanya mendeskripsikan hal lumrah tentang anak dan keluarganya,dan wataknya.
Saat membaca dengan cepat nama si tokoh, saya pun menyebutkan namanya dengan Caroline bukan Coraline. Tetapi dengan pandai si pengarang pun memanfaatkan kesalahan pelafalan nama itu sebagai pengingat pembaca sekaligus penegasan di Bab pertama, bahwa nama si tokoh itu Coraline bukan Caroline😄.
Di Goodreads, novel Coraline ini masuk ke horor fantasy anak. Dan setelah membaca beberapa review mengenai novel Neil Gaiman yang lain, tampaknya beliau memang memiliki keahlian untuk memberi keajaiban dongeng cerita anak lewat kengerian yang khas anak-anak tetapi tidak pernah terpikirkan oleh kita kebanyakan. But well, untuk yang tidak biasa dengan jenis cerita ngeri ini,mungkin akan memberi rate dua dari lima. Tetapi berhubung saya sudah besar😄, novel ini saya beri rate empat! (review macam apa ini :)) )Plus, saya suka kalo ada novel dongeng yang didalamnya juga ada gambarnya. :-p
Oh,ya..dan ternyata Coraline ini juga sudah difilmkan, dibuat animasi, dengan pengisi suara pemeran utamanya oleh Dakota Fanning. Whohooo!Harus lihat nih! Seems fun!😉
Etapi bukannya film luar gak boleh masuk ke Indonesia ya sekarang? Apa masih boleh?

Judul Buku : Coraline
Pengarang : Neil Gaiman
Novel Terjemahan diterbitkan oleh: Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 232 hlm; 20 cm

5 thoughts on “Coraline

  1. darnia

    filmnya udah lama kok masuk sini, Na…dari tahun 2009 kalo gak salah. Cari DVD-nya aja :Dbaidewei, hal-hal yang Rana sebutkan itulah yang membuat aku ngefans banget sama karya-karya Oom satu ini :>

    Like

  2. ninelights

    darnia said: filmnya udah lama kok masuk sini, Na…dari tahun 2009 kalo gak salah. Cari DVD-nya aja :Dbaidewei, hal-hal yang Rana sebutkan itulah yang membuat aku ngefans banget sama karya-karya Oom satu ini :>

    Eh..udah dijawab Dani.. XDIya,tar kucari aja deh..he-eh yah?waaah samaan deh kitah..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s