Millions ( 2 0 0 4 )

Sebelum film Slumdog Millionaire (2008) terkenal dan menjadi pusat perhatian, kiprah Danny Boyle sang sutradara di dunia perfilman sudah dimulai sejak tahun 1995. Tengok saja film pertamanya berjudul Shallow Grave, lalu disusul Trainspotting (1996), A life Less Ordinary ( 1997), the Beach, dengan tokoh utama Leonardo Dicaprio (2000), 28 Days Later (2002), dan cerita tentang nasib dunia pada 50 tahun di masa depan, Sunshine (2007).

Danny Boyle memang memiliki reputasi untuk tidak membuat film (dengan tema yang sama) sebanyak dua kali. Diapun juga tipe orang yang tidak terlalu ingin menarik perhatian para ‘petinggi’ dunia perfilman Hollywood. Namun dengan kekhasan ceritanya yang selalu ‘nyeni’ dan cara pengambilan gambarnya yang lain dari yang lain, saya pribadi berpendapat bahwa penghargaan dunia setinggi Oscar dan Academy Awards sudah seharusnya patut dia dapatkan.

Millions (2004)
Dalam deretan panjang film buatannya, tersebutlah Millions. Sebuah film komedi yang bercerita tentang rencana perubahan mata uang negara Inggris yang semula memakai ‘Pound’, berganti dengan ‘Euro’. Dikarenakan rencana perubahan tersebut, sekawanan perampok kemudian menjarah bank dan ‘menyebarkan’ hasil curian ke beberapa titik lewat alat transportasi kereta barang yang luput dari pengawasan polisi.

Hingga pada suatu hari, satu isi tas besar berisi uang curian itu jatuh dan menimpa rumah-rumahan kardus yang sengaja didirikan di dekat jalur kereta milik seorang anak bernama Damian (Alex Etel). Karena masih kecil dan berusia 7 tahun, dia mengira semua uang yang berjumlah total 230,000 pounds itu adalah pemberian dari Tuhan yang khusus didatangkan dari langit untuknya.

Kepolosan dan kejujuran bocah ini dalam niatnya untuk menolong orang lain membuat geram kakaknya sendiri, Anthony (Lewis McGibbon),yang usianya mungkin hanya terpaut satu atau dua tahun dengannya tapi sikapnya dalam ‘mengelola’ keuangan seperti layaknya orang dewasa. Konflik demi konflik soal ‘manajemen’ keuangan ini semakin seru saja terlebih saat Damian dengan polosnya memasukkan segelondong uang pounds ke dalam kotak amal demi untuk ‘menolong orang lain’ sementara teman-teman sebayanya yang lain hanya memberikan beberapa koin, dan Anthony melihat kelakuannya itu yang membuatnya harus berhadapan dengan ‘sang pemilik’uang sebenarnya.

Menurut para penggemar film-film karya Danny Boyle, Millions adalah salah satu film terbaik dari yang pernah dibuat selama hidupnya. Jadi tidak salah rasanya kalau film ini memang benar layak untuk ditonton, apalagi bersama dengan keluarga..two thumbs up!

“I learned that what I’m better at is making stuff lower down the radar. Actually, ideally not on the radar at all.”
( Danny Boyle – Director )

9 thoughts on “Millions ( 2 0 0 4 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s