Pursuit of Happyness ( 2 0 0 6 )

Sutradara : Gabrielle Muchino
Penulis Skenario : Steve Conrad
Pemain : Will Smith, Jaden Smith, Thandie Newton
Rumah Produksi : Columbia Pictures

“ Cita-cita itu ibarat tembok China. Akan ada jalan curam dan jalan terjal. Namun pada akhirnya, kita akan sampai ke puncak.”

Sebuah kisah nyata awal perjalanan hidup seorang Chis Gardner, pemilik dan CEO dari Christopher Gardner International Holdings yang mengalami masa-masa keterpurukan dan kondisi ekonomi yang sulit, yang dilalui bersama anak kandungnya, dan berhasil diperankan dengan apik oleh Will Smith dan putranya sendiri, Jaden Smith.

Diceritakan, Chis Gardner dan istri pada awal pernikahan mereka merasa bahagia karena punya harapan besar pada mesin-mesin sebagai alat bantu kedokteran yang dia ( Cris Gardner) promosikan dari satu dokter ke dokter lainnya demi memenuhi kebutuhan rumah tangga dan kebahagiaan buah hatinya, Christopher (Jaden Smith), yang masih berumur lima tahun. Namun karena kondisi ekonomi Amerika yang sedang mengalami masa krisis dan alat yang tak kunjung laku, membuat istrinya yang diperankan Thandie Newton, sangat frustasi dan tertekan dan pada akhirnya memilih meninggalkan suami dan anaknya, demi kehidupannya yang lebih baik.

Kondisi semakin sulit sewaktu Gardner diusir dari apartemen karena tidak mampu membayar biasa sewa dan akhirnya harus hidup di San Francisco bersama anaknya tanpa tujuan. Bahkan dikisahkan, dia dan anaknya sampai terpaksa harus tidur di toilet umum sebuah kereta api bawah tanah karena Gardner bingung, tidak memiliki cukup uang untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi mereka sendiri.

Sampai kemudian, Gardner ditawari untuk magang di sebuah perusahaan broker bergengsi tanpa digaji dan menjadi tuna wisma bersama anaknya, pada malam harinya. Akan sangat menyentuh ketika kita melihat bagaimana kisah yang dilalui bersama anaknya,melewati petang dengan mengantri di sebuah rumah tuna wisma dan lalu bekerja keras tanpa berkeluh kesa Namun karena karena kegigihan, kedisiplinan, niat, dan kekonsistenannya dalam bekerja dan berusaha, membuka jalannya menjadi milyader beberapa tahun ke depan.

* * *

Persuit of Happyness adalah karya yang sangat menyentuh tentang seorang ayah yang tidak ingin kehilangan moment penting dalam kehidupannya bersama anaknya, cuma karena terhalang masalah ekonomi, pekerjaan dan hal-hal yang tidak pantas dirasakan oleh anak berusia lima tahun yang harus kehilangan kasih sayang ayahnya.

Chris Gardner sendiri adalah seorang pria kulit hitam yang terlahir tanpa kasih sayang seorang ayah. Beliau adalah pekerja keras dan konsisten dengan apa yang diyakininya. Saat – saat terpuruk dalam kehidupannya berubah ketka pada suatu pagi yang cerah, dia melihat ada seorang pria yang keluar dari mobil ferrari yang parkir tepat di depan tempat dia berdiri, yang membuat dia menjadi seorang milyader dan motivatorial speaker terkenal di Amerika.

One thought on “Pursuit of Happyness ( 2 0 0 6 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s