Rain Man ( 1 9 8 8 )

Saya senang sekali ketika pada akhirnya saya bisa menemukan film lama ini sekitar tiga minggu yang lalu. Dulu saya mengira kalau film ini dibuat pada tahun 1998. Itupun berdasarkan rekomendasi dari Majalah Movie Monthly yang saya beli, dulu, tahun 2005. Namun ketika saya googling di internet, film Rain Man sudah meraih 4 penghargaan dalam kategori Best Picture, Best Director, Best Actor in a Leading Role ( Dustin Hoffman) dan Best Writing , Original Screenplay di tahun 1988. Dan kemudian dibuat dalam format DVD dan VHS di tahun 2001.

Bercerita tentang Charlie Babbitt ( Tom Cruise ), seorang pria ambisius yang sangat berhasrat untuk menguasai harta warisan ayahnya yang baru saja meninggal dunia. Saat Charlie mengetahui bahwa apa yang dia dapat hanya sebuah mobil tua, sedangkan ada ‘orang lain’ bernama Raymond ( Dustin Hoffman ) yang mendapatkan warisan sebesar 3 juta US Dollar, Charlie memutuskan untuk mencari tahu tempat tinggal Raymond di Wallbook, sebuah rumah sakit keterbelakangan mental, dan kemudian ‘menculik’ Raymond agar tujuannya menguasai harta warisan itu tercapai.

Charlie memang baru mengetahui bahwa Raymond adalah kakak kandungnya yang sengaja disembunyikan orang-orang disekelilingnya selama belasan tahun. Namun saat perjalanan ‘penculikan’ bersama kakak kandungnya itu dilewati, Charlie menemukan sebuah pelajaran berharga yang tidak akan pernah dapat digantikan oleh apapun, termasuk harta warisan itu sendiri,

Tokoh Raymond yang autis jenius itu sendiri memang diangkat dari kisah nyata seorang warga Amerika yang autis superjenius, bernama Kim Peek. Kim memiliki kemampuan menghafal 9000 buku, memprediksi cuaca dan memiliki kemampuan bermusik layaknya Mozart. Saat Kim berumur 4,5 tahun, dia bahkan sudah mampu membaca 2 halaman buku secara bersamaan dan menyerap isinya hanya dalam waktu 10 detik. Dan lebih hebat lagi, meskipun kejadian tersebut sudah lama berlalu, dia tidak akan pernah melupakannya.

Meski pada awalnya masa kehidupan yang harus dilalui seorang Kim memang sangat berat, namun dalam sepenggal kisah yang dibagi di film Rain Man, mata hati kita akan dibuka, bahwa seorang yang diciptakan berbeda dengan kita pada umumnya, tetaplah manusia yang memiliki hati dan rasa kemanusiaan..

Terima kasih, Kim..You’re really inspired me..

~sumber Kim Peek : 102fm-itb~

8 thoughts on “Rain Man ( 1 9 8 8 )

  1. ninelights

    @Mala :Maksudnya dulu waktu SD kelas 3,Mala udah nonton film ‘Rain Man’ ini …??@Alex : Iyah,Alex..udah tau skrg..^^Seneng bgt wktu Raymond blg ‘O,ouw’ dan niruin suara kmr sebelah..hehe..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s