Resurrecting the Champ (2 0 0 7)

Saat saya hendak mereview film ini saya sempat membaca artikel Anindityo Wicaksono tentang gambaran seorang wartawan masa kini dan alasan cukup mendasar kenapa film Ressurecting the Champ ini kemudian ditransformasikan ke dalam sebuah film. Diangkat berdasarkan artikel nyata terbitan L.A Times Magazine yang ditulis oleh J.R. Moehringer, film drama ini berkisah tentang Erik Kernan ( Josh Harnett) yang berprofesi sebagai seorang wartawan tinju dengan karya liputannya yang masih dinilai tidak layak sebagai jurnalis oleh editornya sendiri, Metz (Alan Alda).
Disamping itu, Erikpun masih harus berjuang untuk melepaskan diri dari bayang-bayang nama ayahnya, Erik Kernan Senior, sosok reporter legendaris Kota Denver. Sampai kemudian selepas meliput pertandingan tinju local, tanpa sengaja dia memergoki tiga berandalan kecil sedang mengeroyok seorang laki-laki tua tak berdaya yang kemudian mengenalkan dirinya sebagai Battling Bob Satterfield (Samuel L. Jackson), seorang mantan petinju yang dulu sempat menjadi juara dunia
Bagi Erik, apalagi dengan profesinya tersebut, nama ini jelas tidak asing. Sosok Bob memang pernah mengharumkan dunia tinju internasional beberapa puluh tahun silam sebelum kemudian Bob terpuruk karena kondisi dan situasi. Kehadiran sang juara yang sering dipanggil Champinilah yang kemudian memberikan harapan baru bagi masa depan Erik. Dan yang pasti, dia ingin membuat anak dan istrinya yang sepertinya diambang perceraian, Joyce (Kathryn Morris), yang juga masih tercatat sebagai karyawan dari Denver Times, bangga.
Tapi setelah cita-citanya tercapai, dan bahkan sempat membuat dia hampir dinominasikan untuk mendapatkan penghargaan Pullitzer, sebuah penghargaan tertinggi dalam bidang jurnalisme cetak di Amerika Serikat, dia kemudian mendapati sebuah ironi tentang arti sebuah kejujuran yang berlaku diatas segala-galanya.
* * *
Konflik yang menarik menurut saya. Tapi ada yang tetap kurang berkenan di hati saat sosok Erik Kernan tengah dihadapkan pada kenyataan dan situasi tersulit dalam hidupnya di sepanjang karirnya sebagai seorang wartawan. Ekspresinya kurang mengena dan terlalu datar.

But over all, I still like it..

what about you..?

Sutradara : Rod Lurie; Pemain : Samuel L. Jackson, Josh Harnett, Kathryn Morris, Alan Alda, Rachel Nichols, David Paymer, Teri Hatcher; Produksi : Yari Film Group

-rana wijaya soemadi-
Kotatua kedinginan

6 thoughts on “Resurrecting the Champ (2 0 0 7)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s