Seven Pounds ( 2 0 0 8 )

Apa yang membuat Anda tergerak untuk berbuat kebaikan kepada orang lain ?

Seperti halnya untuk masalah lain di dalam kehidupan ini, setiap orang memiliki alasannya sendiri. Begitu juga dengan Tim Thomas. Film berdurasi 123 menit ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang telah mengalami kecelakaan lalu lintas yang tragis hingga menewaskan tujuh orang sekaligus di tempat kejadian, dua tahun yang lalu. Enam adalah orang asing, dan satu orang adalah tunangannya sendiri.

Satu tahun kemudian, dia ‘bangkit’ dari duka, trauma, dan rasa kesepian yang sangat dengan berhenti dari pekerjaan sebagai insinyur penerbangan, pindah rumah, dan mulai membayar rasa bersalahnya dengan mencari tujuh orang yang akan menerima hadiah terindah yang akan merubah kehidupan mereka di masa depan. Dan orang pertama yang menerima sumbangan organ tubuhnya adalah kakak kandungnya sendiri, Ben Thomas, pria yang bekerja sebagai IRS ( internal Revenue Service) yang kemudian Kartu identitas Ben dicuri oleh Tim hingga memudahkan misinya mencari keenam kandidat lainnya.

Bukan karena jelek sehingga saya harus memberikan bintang tiga pada film ini. Secara pribadi, saya malah mengagumi sosok Will Smith yang bisa menghayati karakter pria kesepian dan sangat putus asa namun harus tetap bertahan hidup demi mencapai tujuan utamanya, mendonorkan bagian tubuhnya. Sayapun sedikit kagum saat Tim memelihara ubur-ubur berwarna merah muda yang dia taruh di dalam akuarium di apartmentnya.

Namun saya menilai alur film ini berjalan lambat hingga jawaban dari rasa penasaran saya satu jam sebelumnya baru dijelaskan pada hampir di akhir cerita ini berjalan. Dan poster filmnya terlihat terlalu sederhana untuk ukuran film yang mengharukan dan ‘megah’ ini.

Bila ada yang masih penasaran, tetap cari dan tontonlah film ini, karena selebihnya, film ini sangatlah mengharukan. Dan meskipun saya menyayangkan keputusan Tim, namun film ini sarat makna dan menginspirasi kita semua untuk menghargai hidup dan berbuat baik kepada orang lain.

So..selamat menonton semuanya…:-)

Produser : Todd Black, Will Smith, Jason Blumenthal
Produksi : Columbia Pictures
Pemain : Will Smith, Rosario Dawson, Woody Harrelson, Michael Ealy, Barry Pepper
Sutradara : Gabriele Muccino
Penulis : Grant Nieporte
Penghargaan : 2 piala penghargaan dari image Awards untuk Will Smith ‘Outstanding Actor in a Motion Picture’ dan Rosario Dawson ( berperan sebagai Emily Posa) ‘Outstanding Actress in a Motion Picture’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s