Syriana ( 2 0 0 6 )

Dalam politik memang tidak ada kesetiaan abadi, yang ada hanyalah kepentingan abadi. Kata ini saya dapat dari seorang Nuim Khaiyath, dalam Dunia Di Mata Nuim Khaiyath, pada halaman 11. Tampaknya mungkin perkataant tersebut amat sesuai dengan review film saya kali ini.

Politik, kekuasaan, dan industri minyak.

Ini adalah menu utama yang hendak disampaikan oleh sutradara peraih Academy Awards, Stephen Gaghan dalam film Syriana. Diawali dengan suara adzan khas Saudi, film berdurasi 128 menit ini menceritakan soal penggabungan dua perusahaan minyak Amerika serikat, Connex dan Killen Corporation yang akan menjadi perusahaan minyak dan gas terbesar ke-5 di dunia. Tersebutlah Bob Barnes ( George Clooney) agen lapangan Central Intelijen Agency senior yang kemudian diberi tugas rahasia untuk melakukan pembunuhan terhadap anak pertama dari raja Uni Emirat Arab berkaitan dengan penyerahan jabatan dan masalah perminyakan yang akan mempengaruhi dunia terutama Amerika Serikat.

Disisi lain, seorang pengacara yang memiliki masalah dengan ayahnya sendiri, Bennett Holiday ( Jeffrey Wright) ditunjuk oleh Dean Withing ( Christopher Plumer), seniornya yang secara international memiliki pengaruh kuat di Timur Tengah, untuk membongkar korupsi bisnis perminyakan meski pada akhirnya para pengacara ini hanyalah satu dari sekian orang yang menjadi kaki tangan korupsi dan yang mengendalikan serta menyetir seorang calon raja baru Saudi di masa datang, adik Nassir, Pangeran Meshal ( Akbar Kurta).

Kitapun tidak lupa untuk diajak melihat sudut pandang kehidupan seorang Bryan Woodman ( Matt Damon) dengan profesinya sebagai analis energi yang baru saja kehilangan putra tercintanya karena kecelakaan di kolam renang yang secara cepat dan tepat diangkat menjadi penasihat ekonomi pribadi seorang pangeran Nassir yang diperankan cukup apik oleh Alexander Siddig.

Sebuah film yang memiliki alur dan cara bertutur yang hampir mirip dengan Lions For Lambs. Di film ini juga menghadirkan seorang buruh imigran Iran yang diperankan oleh Mazhar Munir yang telah diperdaya hingga kemudian melakukan ‘jihad’ membawa serta rudal beserta dirinya ke kapal yang memuat minyak.

Dalam sebuah koran harian negeri sendiri, Tempo Interaktif, edisi rabu, 19 April 2006, film Syriana yang berhasil mengantar aktor George Clooney untuk meraih Oscar ini terkena sensor selama kurang lebih dua menit atas permintaan Uni Emirat Arab berkaitan dengan perlakuan buruk terhadap pekerja Asia di Arab dan foto mendiang raja Fahd.

Tapi terlepas dari itu semua, sama halnya Lions For Lambs, film yang sudah pernah saya review sebelumnya di blog ini, Syriana termasuk dalam kategori film yang memang berat. Alis saya naik kira-kira dua centi ketika pertama kali menonton film ini di bulan juli 2007. Setelah kemudian saya mencoba untuk menonton lagi kemarin, ternyata hasilnya sama saja. Alis saya tetap naik. Ditambah, sesekali menepuk dahi yang panas karena saking beratnya.

Tapi terlepas dari sedikit curhatan saya barusan, film ini masih sangat saya rekomendasikan bagi teman-teman yang menyukai dunia politik atau, minimal, penyuka film yang berkaitan dengan dunia politik.

Jadi, selamat menonton dan terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca review saya.

-rana wijayasoe-
Kota tua kedinginan

PS : Kalau ada diantara kalian yang alisnya juga naik kira-kira dua centi atau lebih waktu nonton film ini, lapor ya, jadi saya tidak sendirian. Hehe

2 thoughts on “Syriana ( 2 0 0 6 )

  1. harblue

    ninelights said: PS : Kalau ada diantara kalian yang alisnya juga naik kira-kira dua centi atau lebih waktu nonton film ini, lapor ya, jadi saya tidak sendirian. Hehe

    *ngacungsaya malah lebih ngerti lion for lambs daripada yang ini. film ini lebih banyak ceritanya…jenis film yang ga bisa ditonton sekali duaedan

    Like

  2. ninelights

    ninelights said: PS : Kalau ada diantara kalian yang alisnya juga naik kira-kira dua centi atau lebih waktu nonton film ini, lapor ya, jadi saya tidak sendirian. Hehe

    *celingak celinguk penasaran*sapa yang edan,Mas?hwehe.mas harri kembali!*loncat2 kegirangan*Fuuh..sy bnr2 g sndri trnyata..Thanks God..hm..mungkin krn dlm proses pmbuatan film ini mlibatkan dua negara yg pny pengaruh di sluruh dunia…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s