the Kite Runner ( 2 0 0 7 )

Masa kanak-kanak begitu berkesan di mata seorang Amir kecil ( Zekerja Ebrahimi). Lahir dan besar di kota Kabul, Amir menghabiskan waktu bersama sahabatnya sekaligus anak dari pembantu ayahnya, Hassan ( Ahmad Khan Mahmoodzada). Amir banyak belajar dari seorang Hasan, salah satu ilmu yang didapatnya adalah memenangkan pertarungan layang-layang dan merebutnya tanpa harus mengejar layang-layang itu sampai jatuh. Amir terkesan dengan cara Hasan melakukan semua itu.

Sampai suatu ketika Amir, dibantu oleh Hasan, memenangkan sebuah kompetisi layang-layang di kampungnya. Hassanpun kemudian bergegas untuk mendapatkan layang-layang itu demi Amir sambil berteriak senang, For you, a thousand times over !

Hingga kemudian Hassan harus berhadapan dengan gerombolan Assef seorang diri. Hassan tetap mempertahankan apa yang menjadi hak milik Amir meski kemudian dia harus mengorbankan harga dirinya. Amir melihat semua kejadian memilukan itu namun dia terlalu takut untuk menghadapinya, hingga di kemudian hari, sikap Amir merubah cara pandangnya terhadap kehidupan dan orang-orang di sekitarnya, sampai kemudian Amir dewasa dan sukses menjadi seorang penulis novel.

Rasa bersalahnya pada masa lalu kembali lagi menghinggapi saat Rahim Khan, sahabat ayahnya, mengabarkan sesuatu yang membuat Amir ( Khalid Abdalla) harus kembali lagi ke Pakistan, ke Kabul, menjemput warisan dari masa lalunya yang tak sengaja telah dia lukai.

Film ini mengundang rasa haru dan kagum saya tentang arti sebuah persahabatan dan kesetiaan. Meski saya agak sedikit bosan pada cerita yang sedikit lambat dibagian Amir melakukan pendekatan ke seorang wanita yang akan dinikahinya, selebihnya, film ini, sangat pantas untuk di tonton.

Jadi, selamat hunting ya..^^

-rana wijaya soemadi-

8 thoughts on “the Kite Runner ( 2 0 0 7 )

  1. harblue

    baca novelnya, mbak. dijamin lebih mengharukan d banding filmnya. apalagi pas bagian yang si amir baca surat yang ditulis hassan, beuh…kalo suasana lagi sendu, ngucur tuh air mata, wkwkwkwk….tapi, enyway, filmnya lumayanlah, heuheu..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s