The Terminal

Apa yang tidak bisa dilakukan oleh seorang Tom Hanks ? Meski aktor ini sudah berusia lebih dari separuh abad, dia tetap mampu menguasai peran-peran dari film yang pernah di bintanginya dengan baik.

Sebut saja Philadelphia ( 1993), Forrest Gump ( 1994), Apollo 13 ( 1995 ), Saving Private Ryan ( 1998), dan Cast Away di tahun 2000. Dan setelah Road To Perdition (2002) dan Catch Me If You Can (2002), Tom Hanks hadir kembali dengan film garapan Steven Spilberg berjudul The Terminal (2004).

Bercerita tentang seorang Viktor Navorski ( Tom Hanks), pria asal negara Krakozhia, yang tiba di John F. Kennedy International Airport di New York City namun tidak diijinkan keluar dari airport, juga tidak mampu kembali ke negaranya, karena sedang terjadi revolusi dan perang besar-besaran disana. Akhirnya, selama kurang lebih sembilan bulan lamanya, Viktor tinggal dan hidup di terminal. Dengan pengawasan ketat seorang Frank Dizon(Stanley Tucci) yang ingin segera menyingkirkan Viktor dari tempatnya bekerja, dengan sengaja menggiringnya untuk membuat kesalahan, Viktor kemudian belajar untuk bertahan hidup, mencari uang untuk makan dari mendorong troli, belajar bahasa inggris dari buku dua bahasa, mendesain tempat tinggalnya sendiri di sebuah terminal yang tidak terpakai, menemukan sahabat-sahabat baru, dan jatuh cinta pada seorang pramugari bernama Amelia Warren ( Catherine Zeta Jones)

Salah satu yang membuat saya tertarik untuk melihatnya adalah bahwa setting bandara itu dibuat seperti di JFK International Airport sungguhan, dengan memakai sebuah hangar kosong yang tidak terpakai dan di set sedetail mungkin. Ada beberapa yang merasa bahwa The Terminal ini mirip kisah Cast Away, dengan tema sama-sama terjebak, meski dalam tempat dan keadaan yang berbeda. I dont mind about that..

Tidak ada yang salah juga kok dengan ceritanya juga.. but still, ada sedikit rasa kurang greget saat di ending. Seperti saat di film Cast Away dulu..But, Im not gonna tell u why, until youre watch it by yourself..:-)Selamat menonton..

24 thoughts on “The Terminal

  1. bigayah

    Film KEREN! Akting Tom Hanks yahud BANGET di film ini, sebelum akhirnya kuhujat habis-habisan karena perannya sebagai Dr. Robert Langdon di The Da Vinci Code. Itu akting terburuk Tom Hanks yang pernah kusaksikan. ‘Ketololan’ wajah Tom Hanks itu membuat dia jadi garing bermain sebagai tokoh jenius seperti Robert Langdon. Tapi di The Terminal, kerut-kerut kebingungan, carut-marut gaya berkomunikasinya, itu pantes banget! Oia, setting bandaranya belum detail kok, Na. Masih banyak kekurangan. Jelas pasti tidak akan sanggup meniru semaksimal mungkin. Namun, yang aneh, JFK Int’l Airport itu penjagaannya ketat BANGET! Dan tidak ada satu pun ruangan yang bisa dimasuki selain yang memiliki otoritas. Aku pikir, setting bandaranya mirip bandara internasional Thailand yang baru tuntas dibangun tahun 2006 silam, Survanabhumi. Apa mungkin Survanabhumi meniru JFK Int’l Airport? Hehe.. Entahlah..

    Like

  2. edo99

    Yup tema cerita yang unik, dan yang mencengangkan nie film diambil dari kisah nyata seorang pengungsi Iran yang terdampar di Charles de Gaulle Airport pd tahun 1988 dan baru keluar dari Bandara tersebut pd tahun 2006.Gosh gk kebayang gmana Bosan-nya hidup selama hampir 20 tahun gitu. Ckckckck

    Like

  3. bigayah

    Oh gitu ya, bro? Aku kayak pernah baca kisah itu, tapi baru tahu kalo kisah itu justru yang menginspirasi film ini. Jangankan 20 tahun di dalam sebuah airport, seminggu di kantor aja udah buat mumet, bro. Hahahaha~

    Like

  4. edo99

    Hahaha…. yup, gk kebayang 20 tahun di Bandara, tp kl seminggu di Kantor, khn gk masalah kl Cust.yg cantik2 byk yg ngelirik Pak Kikit…Wakakakak, jd nya +BetahFilm Tombs du ciel tahun 1993 jg terinspirasi dari kisah ini, dan kabarnya Steven Spielberg mendonasikan sebagian dari pendapatan dlm film ini U/ si pengungsi tsb. Nice….

    Like

  5. bigayah

    Ah.. Edo bisa saja. Kalo melirikku pada saat lagi necis sih tidak apa2. Tapi kalau melihatku masih awut-awutan, wah itu kacau. Hehehe! Tombies du Ciel.. Film tentang apa tuh, Do? Aku baru denger judulnya.

    Like

  6. bigayah

    Ah.. Edo bisa saja. Kalo melirikku pada saat lagi necis sih tidak apa2. Tapi kalau melihatku masih awut-awutan, wah itu kacau. Hehehe! Tombies du Ciel.. Film tentang apa tuh, Do? Aku baru denger judulnya.

    Like

  7. edo99

    bigayah said: Tombies du Ciel.. Film tentang apa tuh, Do? Aku baru denger judulnya.

    Aku jg blm ntn bro, aku isenk2 liat di Internet… ;p HeheeheheKyknya fil perancis deh… mari kita cari filmnya. xD

    Like

  8. bigayah

    bigayah said: Tombies du Ciel.. Film tentang apa tuh, Do? Aku baru denger judulnya.

    Dari judul, kayaknya itu film Vietnam deh.. *jitak Edo* ya iya lah film Prancis. Masa ya iya dong.. ;p Bakal berat berburu film Prancis yang jadul, tapi dicoba deh kalo ada waktu..

    Like

  9. edo99

    bigayah said: Dari judul, kayaknya itu film Vietnam deh.. *jitak Edo* ya iya lah film Prancis. Masa ya iya dong.. ;p Bakal berat berburu film Prancis yang jadul, tapi dicoba deh kalo ada waktu..

    Pertama aku kira malah film “Tegal” ternyata setelah nanya org “Tegal” mereka berkata(stlh di translate) “Bukan Mas, ini kyknya film Madura deh…”Wakakakak Meracau lagi di blog org….

    Like

  10. ninelights

    bigayah said: Oia, setting bandaranya belum detail kok, Na. Masih banyak kekurangan. Jelas pasti tidak akan sanggup meniru semaksimal mungkin. Namun, yang aneh, JFK Int’l Airport itu penjagaannya ketat BANGET! Dan tidak ada satu pun ruangan yang bisa dimasuki selain yang memiliki otoritas. Aku pikir, setting bandaranya mirip bandara internasional Thailand yang baru tuntas dibangun tahun 2006 silam, Survanabhumi. Apa mungkin Survanabhumi meniru JFK Int’l Airport? Hehe.. Entahlah..

    Dimana letak kekurangdetailan-nya, Mas..?Apakah tidak ada porternya..?security dalam sama security luar..?ato yang lain..?

    Like

  11. ninelights

    edo99 said: nie film diambil dari kisah nyata seorang pengungsi Iran yang terdampar di Charles de Gaulle Airport pd tahun 1988 dan baru keluar dari Bandara tersebut pd tahun 2006.

    Yups..dah baca dari wikipedia..tapi, soal cinta sama pramugarinya bener juga gak ya..?mas Edo tau..?aku gak keburu kok..minta tolong tanyain bisa gak..?hwehwe

    Like

  12. ninelights

    edo99 said: Pertama aku kira malah film “Tegal” ternyata setelah nanya org “Tegal” mereka berkata(stlh di translate) “Bukan Mas, ini kyknya film Madura deh…”

    Bukannya ini film blasteran Sabang sampe Merauke..Sutradaranya dari orang Jawa, penulis skenarionya anak Sunda, tukang gulung kabel anak Jakarta, lighting dari Borneo, produser anak Padang?*hwehwehwe(lengkap sudah kekacauannya)

    Like

  13. edo99

    ninelights said: Yups..dah baca dari wikipedia..tapi, soal cinta sama pramugarinya bener juga gak ya..?mas Edo tau..?

    Waduh….gak ngasih kabar tuh pengungsi Irannya, dia suka Pramugari ato yg jual es Cendol?….HeheheheTp kl iya, bakal unik jg yaa…Apalagi kl nikah, trus punya anak, Tp tetep tinggal di Bandara.Wakakakak kyk tikus aja.

    Like

  14. ninelights

    edo99 said: Tp kl iya, bakal unik jg yaa…Apalagi kl nikah, trus punya anak, Tp tetep tinggal di Bandara.Wakakakak kyk tikus aja.

    ..Terus punya cucu, terus punya cicit, terus punya canggah..hehehehe..jadi the tikusnal dong judul filmnya..hehehehe

    Like

  15. bigayah

    edo99 said: Tp kl iya, bakal unik jg yaa…Apalagi kl nikah, trus punya anak, Tp tetep tinggal di Bandara.Wakakakak kyk tikus aja.

    Hwahahaha! Ini kenapa jadi amburadul komennya. Memang, Edo adalah biang keributan. Hwehehe! ;p Tapi kalo memang tinggal di bandara selama 20 tahun, kenapa gak sekalian melamar kerja di sana ya? Gaji utuh karena gak perlu bayar sewa kamar. Hihi..

    Like

  16. edo99

    bigayah said: Gaji utuh karena gak perlu bayar sewa kamar. Hihi..

    Ja elah….justru lebih mahal.Yang disewa segede Hangar, jd lebih mahal khn?Hmmm….oke juga dapet julukan “Biang keributan”,ya seh, sejak kecil memang suka cari keributan….cth nya: ngejar Orkes Tanjidor, ntn Konser Dangdut, bahkan pernah ilang gara2 ngikut, org Demo….Wakakakak lebih meracau lagi…..

    Like

  17. ninelights

    edo99 said: Ja elah….justru lebih mahal.Yang disewa segede Hangar, jd lebih mahal khn?Hmmm….oke juga dapet julukan “Biang keributan”,ya seh, sejak kecil memang suka cari keributan….cth nya: ngejar Orkes Tanjidor, ntn Konser Dangdut, bahkan pernah ilang gara2 ngikut, org Demo….

    Aku kira ngejar Mas Tanaman Jeruk Kikit..hwehwehwe..nonton Konsernya Mas Tanaman Jeruk Kikit..ngilangin demo kasetnya MAs Tanaman Jeruk Kikit juga..hwehwe*kabur sebelum dicekik Bapak*

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s