Where in the World Is Osama Bin Laden ?( 2 0 0 8 )

Setelah sukses dengan Super Size Me ( 2004), sebuah film dokumenter yang mengkritik dan sekaligus membuktikan tentang akibat yang ditimbulkan karena sering memakan makanan cepat saji terkenal di seluruh dunia, Mcdonald, Morgan
Spurlock hadir kembali dengan gaya baru yang membuat kita sering dibuat terkekeh waktu menontonnya, Where in the World is Osama Bin Laden.

Inti dari film dokumenter ini sangat sederhana. Tentang kekawatiran seorang ayah akan masa depan anaknya kelak di kemudian hari saat si calon bayi tersebut lahir ke dunia, terutama tentang masalah keamanan. Kekawatiran ini didasari oleh banyaknya kejahatan yang terjadi di sekitar, dan terutama setelah peristiwa 11 September 2001 yang menelan banyak korban jiwa. Disini Morgan berkesimpulan bahwa Al Qaeda yang dipimpin oleh Osama telah benar-benar mengancam dan meresahkan hatinya sebagai seorang suami dan calon ayah. Dan karena itu dia ingin mencari Osama untuk menanyakan tentang alasan mengebom negara Amerika dan tujuan dari aksi pengeboman itu sendiri. Sesederhana itu. Dan terasa sedikit konyol.

Namun dari kekonyolannya ini memberikan kita sebuah sudut pandang baru tentang bagaimana dunia dan masyarakat Islam menilai Amerika dan bagaimana masyarakat dunia khususnya warga Amerika yang trauma dan kebanyakan mengutuk umat muslim akibat tragedi yang ditimbulkan kelompok Al Qaeda, untuk melihat dunia Islam yang sebenarnya.

Meskipun temanya berat, namun Morgan mampu menuturkan cerita ini dengan ringan lewat gaya bicara dan 3D Animasinya yang akan membuat kita tergelak dan tertawa tak henti. Perhatikan saja pada pembukaan ceritanya yang diset seperti sebuah Game Battle di Play Station berjudul Where In The World is Osama bin Laden. Lalu setelah lokasi pertarungannya dipilih, kita akan melihat Morgan dan Osama bertarung sengit.

Dan, mungkin tidak akan ada yang seberani Morgan untuk membuat Osama bergaya ala seorang rap dan berjoget lalu berjingkrak-jingkrak diirngi 5 penari latar yang adalah tentara Taliban dengan iringan musik MC. Hammer berjudul U cant Touch This.

Kalian akan tertawa, dan sekaligus terharu dalam menikmati setiap menit yang disuguhkan Morgan Spurlock ke Afghanibaluchapakiwaziristan, nama-nama negara yang yang dia kunjungi dan sengaja disingkat karena panajng, untuk menemukan seorang Osama bin Laden, the most wanted people, yang dihargai USD 25.000.000.000, hidup ataupun mati.

-rana wijaya soemadi-
Kotatua kedinginan

5 thoughts on “Where in the World Is Osama Bin Laden ?( 2 0 0 8 )

  1. ninelights

    ninelights said: -rana wijaya soemadi-Kotatua kedinginan

    @mas alex: disini ga ada Air Conditioner..adanya Alami Cendela..hwehe..Ah,Mas Alex,referensi filmnya pasti lbh byk Mas Alex..film yg sdh2 jg byk yg blm kutonton..dah ah,jgn nangis gtu ak jd ga enak..hehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s