Dua Manusia Keras Kepala yang Berperang Melawan Arus Dunia

Aku tidak mengerti kenapa kau dan aku selalu berdebat. Tentang prinsip … tentang cara belajarmu … tentang cara belajarku … Apakah saat kau melihat aku bersin pun, kau gatal ingin menunjukkan cara bersin yang benar? Selalu ada yang salah dengan apa yang kulakukan, meski kupikir itulah caraku belajar sesuatu … …tapi kau tak pernah suka.

Jika hidup sedemikian keras menerpamu selama ini, haruskah kutandingi dengan kisah yang kulalui sedemikian tahun yang lalu kepadamu?

Jika hidup sedemikian melatihmu ‘diam’, lalu haruskah aku ikut menutup kedua tanganku dan berhenti berbagi kepada orang lain?

Jika kau sedemikian tidak ingin dipaksa, lalu kenapa kau meminta orang lain harus mengiyakan prinsipmu?

Lalu apa gunanya ilmu yang kuserap selama ini? Cuma kubawa sampai mati dan dimakan belatung kelaparan?

Kau dan aku, dua manusia keras kepala yang berperang melawan arus dunia. Namun meski perahu yang kau dan aku tumpangi sama, … lihatlah kamarmu dan kamarku, perbekalan kita jauh berbeda.

Jika memahami karakter dan jalan hidup orang lain telah sungguh membuang-buang waktu dan urusanmu, maka perahu, berhentilah sekarang.

“Kenapa? Apa kau menyerah?” tanya perahu mempertanyakan permintaanku.

“Kurasa ilmuku tak pernah memenuhi syarat yang layak untuk bisa berjalan sejajar dengannya …”, aku berkata. “Lagipula, tanpaku dia tetap bisa bertahan,” kujawab pertanyaan perahu.

“Tapi dia cuma manusia biasa yang cuma bisa mengira dia tahu segalanya, namun sebenarnya dia tidak tahu apa-apa…” sanggah perahu.

“Maka aku juga begitu, perahu. Aku pun tak mengerti apa-apa tentang dunia, juga tentangnya … Tak sedikit pun.”

Dan cerita itu kemudian berakhir sampai di sini.

Have a good life, you.

One thought on “Dua Manusia Keras Kepala yang Berperang Melawan Arus Dunia

Leave a Reply

