Yakin

Kamu kehilangan harapan selama beberapa detik saat teman yang mirip seorang dokter ahli memvonismu dengan kata ‘hal itu sulit terwujud’.

Semakin temanmu menceritakan kenyataan yang ada dan itu memang fakta yang sedang terjadi membuat kamu semakin memikirkannya, dan kemudian merenungkannya, dan kemudian membandingkannya, dan kemudian mencoba mengukurnya dan kemudian akhirnya kamu menyadari bahwa itu memang sulit.

Lalu saat tiba di rumah, kamu memikirkannya lagi dan penasaran, dan berusaha untuk mencari cara bagaimana mematahkan pendapat itu. Usaha itu sesungguhnya tidak akan merugikan siapa-siapa. tidak merugikan kamu karena waktu yang dipergunakan untuk mencari jawaban itu ‘cuma sebentar’, juga tidak akan membuat teman yang kamu ceritakan tentang mimpimu itu murka.

Kamu amati benda yang merupakan salah satu hal yang dianggap ‘sulit terwujud’ itu lagi, kamu raba, dan kamu pelajari. Setelah itu, satu-satunya cara untuk membuat benda gagal itu menjadi berhasil adalah mencoba mempraktekkannya. Dengan alat yang sama tapi cara yang berbeda, kamu melakukannya,

dan ‘ajaibnya’ kamu berhasil dengan sukses.

Meski salah satu benda yang tadinya dianggap gagal itu akhirnya berhasil membuat temanmu amaze, namun sampai detik ini kamu masih merasa bahwa hal besar yang satu ‘itu’ memang masih sulit terwujud.. It’s not good enough. Perlu pondasi kuat agar bisa menembusnya. Perlu kekuatan dari hampir segala hal untuk bisa membuatnya berhasil. Dan pada detik-detik selanjutnya, kamu merasa jalan yang akan ditempuh nanti demikian berat.
Namun Ann Voskamp bilang,“sometimes you don’t know when you’re taking the first step through a door until you’re already inside.” Begitu pula dengan kesuksesan itu.

Namun yang lebih penting lagi adalah kamu percaya kalau kamu bisa, dan kamu berkeinginan teguh untuk melakukannya sekali lagi, dan saat gagal kamu lakukan itu sekali lagi, dan gagal dan sekali lagi, persis kata Deddy Cobuzier.

Dan kamu mencoba meyakininya sampai detik ini.

Yakin.

‘Cause even the stars they burn

Some even fall to the earth

We’ve got a lot to learn

God knows we’re worth it

No: I won’t give up

-I won’t give up ~ Jason Mraz

3 thoughts on “Yakin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s