Bagian Dua: Patah Hati

Beberapa hari setelah pembukaan pameran, kisah-kisah tentang dunia itu dituturkan. Saat itu terjadi, karena teramat sedih, saya tak punya kata-kata untuk dituliskan. Saya patah hati. Patah hati pada kota ini. Rasanya seperti sedang jatuh cinta, dan lalu cinta itu diperas, tidak ada darah, tapi kamu kesakitan.

Hingga hari ini, patah hati itu masih menghinggapi. Ini semacam melawan kedigdayaan, ‘kebiasaan’, kepesimisan, dan lain-lain. Ini semacam mencoba melawan arus namun arus itu bahkan mungkin tak menerimamu ada di sekeliling. Namun seiring berjalannya waktu, saya sadar, untuk mengobati rasa sakit itu, mengubah semua itu, tak lain tak bukan harus dimulai dari diri sendiri. Saya tahu itu sulit, tapi saya yakin saya bisa. Just keep moving forward, kata hati saya bilang. Dan temukan jalan setapak yang tepat.

Pasti ada jalan. Pasti.

[bersambung]

One thought on “Bagian Dua: Patah Hati

Leave a Reply

