Day 1 Drop Day

Kepada kawan yang tak kukenal,

Day 1, 24 Januari 2015.

#sketchanddestroy #penahitam #3YearsAnniversary

Berita ‘yang satu ini’ cepat sekali menyebar. Tanda-tandanya adalah setelah berkenalan dengan panitia dan kawan-kawan baru–baik di studio cygnus maupun di lapangan-, mereka hampir selalu mengimbuhi dengan “oh, yang berangkat sendirian itu yah?” Mereka takjub gak usai-usai, katanya. Perempuan semacam aku, dengan membawa dua tas besar, sendirian, sampai di atas bukit dengan medan tidak biasa. Tapi itu terdengar lebih seperti diriku ini adalah si jomblo kesepian yang berangkat luntang lantung gak tahu arah dibandingkan dengan si ‘mbak pemberani sekali yah’? hahahaha

IMG_0417

Malam sebelumnya, sekitar pukul setengah sebelas, kawan-kawan dari Makasar dan Bandung terdengar masih asik ngobrol, berdiskusi dan sepertinya ada workshop kecil-kecilan di ruang tamu Cygnus Lab, sementara aku, demi stamina esok hari, pamit tidur duluan dengan berbalut sleeping bag di pojok sebuah kamar. Keesokan pagi, aku bangun sekitar pukul 4.30. Saat melangkah ke kamar mandi, kulihat kawan-kawan masih bergelut dengan selimut. Sebagian tidur di ruang tamu, ada yang di sofa, dan sebagian lain di garasi. Aku melihat ada kawan yang tidur dengan menahan dingin. Aku masuk sebentar ke kamar, mengambil selimut tak terpakai dan beranjak lagi ke garasi, menyelimuti si kawan, entah siapa itu, berharap dia bisa merasakan hangat.

IMG_0415

Sekitar pukul 8 pagi di cygnus lab studio. Kami disambut suguhan mpek-mpek yang dimasak penuh cinta oleh Kang Asep. #aseg Para panitia sempatkan untuk mengobrol dan sekaligus rapat singkat sejenak di ruang tamu sebelum kemudian sebagian besar dari kami bersiap-siap naik membawa barang-barang dengan pick up.

Di tengah perjalanan, kami berhenti sebentar untuk membeli air minuman untuk para kru, jas hujan, dan pulsa. Setibanya di lokasi, aku memutuskan untuk turun di pos satu karena kukira saat itu pos dua dan tiga sudah terlalu banyak orang sementara yang di bawah masih butuh bantuan. Permasalahanku di sana salah satunya adalah kelanjutan cerita dari letak jaket+sweeter dan tasku yang ada di pos mana, akunya di pos mana, dengan membawa tas yang sudah menyakiti pundak, dan ketidakmungkinan bolak balik naik turun bukit karena selain medannya yang Allahuakbar (hahahaha ), kedua kakiku sakit karena memakai sandal jepit yang ajaib nyiksanya. Tapi tetap, di manapun aku berada, aku dikelilingi teman-teman baik yang memedulikan dan melindungi. Sembari duduk di pos satu dengan kawan-kawan lain, ketawa-ketiwi dan sesekali iseng luar biasa sampai terpingkal-pingkal, aku dipinjami selimut super tebal. Tak lupa disuruh makan.

Beberapa kejadian di pos satu dan camp di sekitarnya yang kuingat dan perlu dicatat adalah ketika: aku yang bego banget berulang-ulang kali harus menghitung dana dari tiket yang masuk karena total sebelumnya belum kelar dihitung sementara yang baru beli banyak sekali (caci’e bingung tenan hahahaha), ada yang mau ngambil kayu gelondhongan milik perhutani untuk dibuat api unggun (hahaha), Mbak berjilbab yang turun dari lokasi parkir dan melewati pos satu membawa motor, dan ditanya santun sama Vicky, “mau kemana, mbak?” dan dibentak, “sholat!” dan menyebabkan kami semua yang jaga di pos satu hening sekian detik lalu ngakak gak selesai, hampir selalu ada yang ngaku sudah beli tiket ‘penahitam art fest’ lalu menunjukkan karcis masuk ke ‘Paralayang’ dan atau karcis ‘parkir’ motor😀, sangat mudeng ketika tidak ditawari minuman bening atau berwarna dengan botol plastik bermerk yang memiliki aroma tajam, atau brownies kukus ajaib😀, ada yang mabuk kecubung sampai bikin panik kawan-kawan sekitar dan panitia di post 1, survey iseng-iseng dengan kawan-kawan cowok kalau ceweknya dandan cakep banget dan cowok pakaiannya rapi jali itu pasti ke arah paralayang. Eh bener. =)).

IMG_0432 - Copy

Di sela-sela kejadian seru diatas, kawan-kawan Full of Doodle Art datang. Aku diantar Vicky naik sebentar ke post 2 untuk menitipkan karyaku ke stand FODA di lapak black market. Di sana cukup lama, sembari menunggu Tian dan Simo yang masih ada di studio cygnus. Iya, aku tahu. Tapi sungguh, jika dibandingkan dengan kawan lain yang sudah bekerja keras pagi siang sore malam, sakit di kakiku tidak ada apa-apanya. Hanya saja kondisiku saat itu ternyata sudah drop. Mungkin rapel capek dari hari sebelumnya yang belum tuntas. Maka saat malam mulai larut dan cuaca mulai ekstrim, aku mengigil kedinginan, tubuh panas dan sela-sela jari kaki yang sakitnya merupakan kombinasi yang mumpuni untuk pingsan cantik. Mungkin hanya satu dua kawan yang tahu. Dan kukira aku pun tak ingin memecah konsentrasi kakak-kakak tercinta cuma demi mengurusi diriku. Terlebih daripada itu aku masih bersyukur, dikelilingi teman-teman yang baik dan perhatian dan tidak membiarkan aku jatuh saat medan sungguh mengajakku untuk roboh mencium lumpur. Terima kasih banyak. Sungguh.

Kawan-kawan panitia mengabarkan padaku bahwa malam itu aku dicari banyak orang untuk meminta tanda tangan di katalog Sketch and Destroy. Dari lubuk hati paling dalam, aku meminta maaf  tidak bisa stand by di sana yah, kawan. Semoga lain waktu dan kesempatan lebih baik kita bisa bersalaman, berkenalan, berfoto bersama, dan sharing sesuatu.🙂

IMG_0428

Malam itu, di Bukit Banyak paralayang aku kehilangan sesuatu. Mulanya tentu sedih. Dan kukira ini adalah perasaan wajar setelah kerja keras. Beberapa kawan yang tahu, turut prihatin. Namun aku percaya jika benda atau seseorang itu adalah memang milikmu/jodohmu, bagaimanapun caranya, dia akan kembali kepadamu. Setelah memikirkan kata-kataku sendiri itu, aku tak lagi mengkhawatirkan apa pun. Terima kasih untuk teman-teman baik yang sudi membimbingku untuk selalu berpikir positif dan menjadikan malam itu tetap menyenangkan untuk dikenang.🙂

-bersambung-

Read also:

 Story H-1

Bukit, Pick up dan Basecamp

crowded Day 1 pictures kindly check on:

irockumentary Day 1

3 thoughts on “Day 1 Drop Day

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s